Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.103 views

Pasukan Zionis Israel Bunuh Komandan Senior Kelompok Jihad Islam Palestina di Gaza

TEL AVIV, ISRAEL (voa-islam.com) - Pasukan Pertahanan Israel (IDF) membunuh seorang komandan senior kelompok perlawanan Palestina Jihad Islam yang mereka anggap bertanggung jawab atas penembakan puluhan roket dari Jalur Gaza, kata pihak berwenang Selasa (12/11/2019) pagi, dalam sebuah serangan yang dapat membuat kedua pihak meluncur kembali ke arah perang.

Tak lama setelah serangan itu, sirene roket terdengar di seluruh Israel selatan, ketika wilayah itu bersiap untuk putaran kekerasan baru. Tidak ada kata langsung tentang cedera atau kerusakan.

IDF mengatakan pihaknya melakukan serangan terhadap sebuah gedung tempat Baha Abu al-Ata hadir di daerah Shejaiya di Kota Gaza. Dikatakan dia merencanakan serangan "segera" atas perintah Iran.

Jihad Islam mengatakan al-Ata, 42, sedang menjalani "tindakan heroik" ketika dia dibunuh. Kelompok itu tidak menjelaskan lebih lanjut, tetapi bersumpah untuk membalas dendam.

Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan seorang pria dan seorang wanita tewas dalam serangan udara di sebuah rumah dan dua orang lainnya terluka

Al-Ata dianggap sebagai pemimpin kuat sayap militer Jihad Islam di Gaza utara, dan dianggap bertanggung jawab atas sejumlah serangan roket ke Israel.

Dalam sebuah pernyataan, IDF menyebut al-Ata sebagai "bom waktu", dan mengatakan ia bersiap untuk serangan baru terhadap Israel, termasuk mendorong rencana ke depan untuk melakukan serangan penembak jitu dan mengirim sel-sel pejuang Palestina melintasi perbatasan. Dikatakan juga ia telah merencanakan serangan pesawat tak berawak dan meluncurkan roket dengan jangkauan berbeda.

Pembunuhan itu terjadi ketika pemimpin garis keras Israel Naftali Bennett ditetapkan untuk mengambil alih sebagai menteri pertahanan Selasa malam. Militer mengatakan pembunuhan itu disetujui oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, yang telah menjadi menteri pertahanan selama hampir setahun.

Tidak lama setelah serangan itu, IDF mengatakan pihaknya memperkuat pasukan dan "siap untuk berbagai skenario," ketika pihak berwenang bersiap untuk serangan balasan yang diperkirakan.

Sekolah-sekolah di kota-kota dan komunitas Israel di dekat Jalur Gaza ditutup untuk hari Selasa dan tentara mengatakan menutup akses ke jalan-jalan di dekat Jalur Gaza, serta daerah-daerah terbuka yang terkena serangan dari kantong itu.

Gambar-gambar dari Gaza yang dibagikan di media Palestina menunjukkan kerusakan parah pada lantai atas sebuah bangunan setelah serangan.

Para pejabat militer Israel telah mengisyaratkan memiliki al-Ata dalam daftar pembunuhan mereka, yang sebelumnya membocorkan nama dan fotonya ke media dalam apa yang secara luas dilihat sebagai peringatan.

Komandan yang kuat secara luas dilihat sebagai maverick yang menerima pesanan langsung dari Iran, jika sama sekali. Militer mengatakan dia bertanggung jawab atas berbagai serangan roket ke Israel, termasuk tembakan roket ke kota Sderot pada 1 November, dan serangan lain terhadap sebuah festival Sderot di udara terbuka pada Agustus yang membuat ribuan orang bergegas meninggalkan acara berlindung saat roket meledak di atas kepala.

Seorang pejabat militer Israel untuk radio Kan mengatakan tentara telah berhati-hati untuk menghindari kerusakan pada orang-orang yang melihatnya dengan hanya menargetkan ruangan tempat mereka tahu al-Ata dan istrinya sedang tidur. Pejabat itu menggambarkan operasi itu hanya sekali dan bukan kembali ke kebijakan Israel tentang pembunuhan yang ditargetkan.

Pembunuhan yang ditargetkan dari seorang pemimpin Palestina di Gaza adalah peristiwa langka.

Pada Mei, selama serangan paling serius dalam beberapa tahun terakhir, ketika pejuang Palestina menembakkan lebih dari 700 roket ke Israel, IAF membunuh Hamed Hamdan al-Khodari, yang katanya adalah seorang komandan lapangan Hamas yang bertanggung jawab untuk menyalurkan uang dari Iran ke kelompok-kelompok perlawanan Gaza.

Hal ini tampaknya menandai kembalinya Israel ke praktik yang biasa dilakukan atas apa yang disebut pembunuhan terarah - membunuh para pemimpin perlawanan Palestina dengan serangan tepat - sesuatu yang sebagian besar telah dilupakannya dalam beberapa tahun terakhir. Pada 2012, pembunuhan pemimpin militer Hamas Ahmed Jabari memicu pertempuran sengit selama seminggu.

Israel dan Gaza telah terlibat dalam beberapa putaran kekerasan sporadis selama dua tahun terakhir ketika kedua pihak berusaha mencapai gencatan senjata jangka panjang. Pada hari Sabtu, seorang pejabat Israel mengatakan pembicaraan untuk kembalinya warga Israel yang ditawan di Gaza dan mayat tentara mereka, yang telah dikaitkan dengan negosiasi gencatan senjata, terhenti.

Jihad Islam terkait erat dengan Iran. Tak lama setelah serangan itu, Suriah melaporkan serangan udara di daerah Mezzeh Damaskus, yang bisa menjadi serangan terkait.

Tidak ada konfirmasi langsung dari Israel mengenai aktivitas militer di Suriah. (TOI)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X