Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.581 views

Saudi Akan Hapuskan Hukum yang Melarang Wanita untuk Bepergian Tanpa Mahram

RIYADH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Sebuah hukum Saudi yang melarang perempuan untuk berpartisipasi dalam ibadah umrah tanpa saudara laki-laki akan segera dihapuskan, pihak berwenang mengkonfirmasi pekan ini, di tengah upaya untuk membuka kerajaan ultrakonservatif bagi wisatawan.

Wanita di atas usia 18 tahun tidak lagi membutuhkan mahram [orang yang haram dinikahi karena sebab tertentu] untuk melakukan ibadah umrah di kota suci Mekah dan Madinah, menurut wakil ketua Komite Nasional untuk Haji dan Umrah, Abdullah al-Qathi.

Keputusan itu telah disahkan oleh pihak berwenang, al-Qadhi mengkonfirmasi, dan dapat diterapkan sebelum musim Ramadhan berikutnya.

Hukum Saudi saat ini menentukan bahwa semua wanita di bawah usia 45 tahun harus ditemani oleh seorang anggota keluarga laki-laki, termasuk suami, ayah, saudara lelaki dari paman dari pihak ibu dan ayah. Wanita di atas 45 tahun harus ditemani oleh seorang pendamping wanita.

Langkah ini dilakukan di tengah upaya Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman untuk mengubah kerajaan ultrakonservatif melalui upaya liberalisasi yang telah membawa bioskop, konser gender campuran dan olahraga ekstravaganza baru ke Arab Saudi dalam upaya untuk mendiversifikasi ekonomi menjauh dari minyak.

Bulan lalu, Arab Saudi meluncurkan program visa yang memungkinkan wisatawan dari 49 negara untuk mengunjungi salah satu negara paling tertutup di dunia itu. Selama bertahun-tahun, satu-satunya orang asing yang diizinkan masuk ke negara itu kebanyakan adalah peziarah Muslim dan pebisnis.

"Membuka Arab Saudi bagi wisatawan internasional adalah momen bersejarah bagi negara kami," kata kepala pariwisata Ahmed al-Khateeb dalam sebuah pernyataan.

"Pengunjung akan terkejut ... oleh harta yang harus kita bagikan - lima Situs Warisan Dunia UNESCO, budaya lokal yang semarak, dan keindahan alam yang menakjubkan."

Khateeb mengatakan kerajaan itu juga akan melonggarkan aturan berpakaian yang ketat untuk wanita asing, yang memungkinkan mereka untuk pergi tanpa mengenakan jubah abaya yang menutupi tubuh yang masih wajib dipakai di area publik untuk wanita Saudi.

Perempuan asing, bagaimanapun, akan diminta untuk mengenakan "pakaian sederhana", tambahnya, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Terlepas dari upaya kerajaan, kritik internasional terhadap catatan hak asasi manusia Arab Saudi, termasuk pembunuhan yang mengerikan tahun lalu terhadap kritikus Jamal Khashoggi dan tindakan keras terhadap aktivis perempuan, dapat menunda pengunjung asing, kata pengamat. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Hidup Sebatang Kara, Nenek Mailah Tinggal di Kandang Domba. Ayo Bantu.!!

Hidup Sebatang Kara, Nenek Mailah Tinggal di Kandang Domba. Ayo Bantu.!!

Di usia 63 tahun saat tubuhnya renta sakit-sakitan, ia hidup sebatang kara. Memasuki musim hujan, rumahnya porak-poranda diterjang puting beliung. Ia terpaksa tinggal di kandang Domba tetangganya....

Terbentur Dana, Santri Hafiz Qur'an Terancam Batal Kuliah ke Luar Negeri. Ayo Bantu.!!

Terbentur Dana, Santri Hafiz Qur'an Terancam Batal Kuliah ke Luar Negeri. Ayo Bantu.!!

Hilmi Priyatama, santri juara penghafal Qur'an 30 juz ini lulus beasiswa di Universitas Internasional Afrika Sudan. Namun ia terancam batal berangkat karena terkendala biaya transport, pemberkasan...

Mushalla Annur Garut Sudah Rampung 60 Persen, Masih Dibutuhkan Dana 20 Juta Lagi, Ayo Bantu.!!

Mushalla Annur Garut Sudah Rampung 60 Persen, Masih Dibutuhkan Dana 20 Juta Lagi, Ayo Bantu.!!

Pembangunan mushalla sudah rampung 60 persen dari pondasi hingga kubah. Masih kekurangan dana 20 juta rupiah untuk finishing agar berfungsi sebagai pusat ibadah, pembinaan aqidah, markas dakwah...

Korsleting Listrik, Pesantren Nurul Hidayah Banten Ludes Terbakar, Ayo Bantu.!!!

Korsleting Listrik, Pesantren Nurul Hidayah Banten Ludes Terbakar, Ayo Bantu.!!!

Musibah kebakaran menghanguskan kamar santri, mushaf Al-Qur'an, kitab kuning, pakaian, alat tulis dsb. Diperlukan dana 25 juta rupiah untuk membangun asrama santri berupa rumah panggung dari...

Mushalla Al-Fatihah Tasikmalaya Selesai Dibangun, Total Biaya 66 Juta Rupiah

Mushalla Al-Fatihah Tasikmalaya Selesai Dibangun, Total Biaya 66 Juta Rupiah

Alhamdulillah mushalla yang hampir roboh dan tidak layak, selesai dibangun permanen. Total dana yang disalurkan sebesar Rp 66.813.500 semoga jadi amal jariyah, pahala terus mengalir tiada akhir...

Latest News

Gamis Syari Cantik Murah Terbaru

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X

Selasa, 19/11/2019 15:53

Menakar Substansi Sertifikat Nikah