Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.847 views

Turki Deportasi Sekitar 1000 Pengungsi Suriah ke Wilayah Dilanda Perang Idlib

ISTANBUL, TURKI (voa-islam.com) - Pihak berwenang Turki telah mendeportasi sekitar 1.000 warga Suriah ke provinsi Idlib Suriah sejak pekan lalu, dalam upaya baru untuk menangkap orang-orang yang secara ilegal menyeberang ke Turki atau diduga melakukan kejahatan, Middle East Eye mempelajari dari sumber-sumber oposisi Suriah.

Polisi juga menahan lebih dari 5.000 pengungsi Suriah di Istanbul yang izin tinggalnya terdaftar di bagian lain negara itu. Mereka diperkirakan akan dipindahkan ke wilayah Turki di mana mereka terdaftar.

Polisi pekan lalu meningkatkan patroli dan penggerebekan di lingkungan tempat warga Suriah umumnya tinggal dan mulai menahan bahkan para pengungsi yang terdaftar pada pihak berwenang tetapi tidak membawa surat-surat mereka pada saat itu.

Rekaman telah diedarkan di media sosial menunjukkan para pengungsi dimasukkan dengan tangan diborgol plastik dan diangkut ke pusat-pusat relokasi.

Khaled Khoja, seorang politisi oposisi Suriah, mengatakan kepada MEE bahwa seorang pengungsi Suriah yang terdaftar dideportasi ke Idlib karena dia tidak memiliki surat-suratnya tentang dirinya.

“Pemerintah Turki memiliki poin tentang para pengungsi yang tidak terdaftar, tetapi ini bisa dilakukan dengan cara yang lebih baik yang tidak akan membahayakan jiwa orang. Mereka ditempatkan di zona perang, ”katanya.

Provinsi Idlib adalah wilayah terakhir yang tersisa yang dipegang oleh oposisi Suriah, dan di bawah pemboman harian dari pasukan Presiden Bashar al-Assad, yang didukung oleh sekutunya Rusia.

Daerah kantong oposisi tersebut sebagian besar berada di bawah kendali Hay'at Tahrir Al-SHam (HTS) dan saat ini menampung sekitar tiga juta warga Suriah, yang sebagian besar adalah warga sipil.

Aktivis di media sosial mengatakan bahwa pemerintah Turki telah memaksa para pengungsi untuk menandatangani "surat-surat deportasi sukarela", takut akan reasi hukum internasional karena mengirim pengungsi ke Idlib yang dilanda perang.

"Kami secara tidak teratur melanjutkan untuk mendeportasi para pengungsi  yang tiba secara ilegal di Turki," kantor gubernur Istanbul mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Senin (22/7/2019) setelah kritik yang diajukan oleh para aktivis di media sosial.

“Para pengungsi yang memiliki status perlindungan sementara memiliki waktu hingga 20 Agustus 2019 untuk kembali ke provinsi tempat mereka semula terdaftar. Kalau tidak, mereka akan dipindahkan oleh pasukan keamanan kami. "

Lebih dari setengah juta pengungsi Suriah dengan status perlindungan sementara terdaftar di Istanbul, pernyataan itu menambahkan.

Langkah itu dilakukan setelah Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu mengadakan pertemuan dengan anggota komunitas pengungsi Suriah minggu lalu.

Soylu mengatakan kepada wartawan media Arab dalam pertemuan yang sama bahwa pemerintah Turki, mulai sekarang, tidak akan bisa mentolerir warga Suriah yang secara ilegal memasuki negara itu.

“Kami sudah memberikan izin tinggal dan izin kerja untuk bisnis Suriah. Tidak benar bahwa ada individu yang masih ingin beroperasi secara ilegal, "katanya.

Seorang pejabat dari Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang berkuasa, yang berbicara secara anonim, mengatakan kepada MEE bahwa keputusan itu sangat terkait dengan kekalahan AKP dalam pemilihan lokal Istanbul.

“Kelompok akar rumput partai telah mengeluhkan para pengungsi Suriah sebagai sesuatu yang membuat marah para pemilih. Banyak pihak percaya bahwa kesulitan ekonomi bersama dengan krisis pengungsi di Istanbul menyebabkan kekalahan tersebut, ”kata pejabat itu.

Pejabat tinggi AKP telah menyampaikan pesan serupa kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, sumber itu menambahkan.

"Ini memiliki dua tujuan: satu adalah untuk mengecilkan amarah di dalam kader partai, dan kedua untuk menunjukkan kepada Suriah batas-batas mereka," kata sumber itu.

Erdogan secara pribadi telah dipuji karena mengizinkan lebih dari tiga juta warga Suriah melarikan diri dari konflik negara mereka, yang sekarang berada di tahun kesembilan, untuk menetap di Turki.

Satu jajak pendapat baru-baru ini yang dilakukan oleh perusahaan riset Piar menunjukkan bahwa publik Turki memandang pengungsi Suriah sebagai masalah terpenting kedua yang saat ini dihadapi negara itu, melampaui masalah pengangguran.

Delapan puluh tujuh persen responden juga mengatakan mereka tidak mendukung kebijakan pemerintah Turki saat ini yang menampung para pengungsi Suriah. (st/MEE)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X