Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.428 views

Laporan: Kematian Akibat Perang di Yaman Telah Mencapai Setidaknya 70.000 Jiwa

ADEN, YAMAN (voa-islam.com) - Setidaknya 70.000 orang telah tewas dalam konflik di Yaman sejak Januari 2016, menurut sebuah laporan baru.

Lebih dari 10.000 orang telah dilaporkan terbunuh di Yaman selama lima bulan terakhir, menurut laporan yang dirilis pada hari Kamis (18/4/2019) oleh Proyek Data Lokasi & Peristiwa Konflik Bersenjata (ACLED).

Sekitar 2.350 kematian terjadi pada Januari sementara Februari dan Maret masing-masing menyaksikan 1.930 dan 2.330 kematian, menurut laporan itu.

Koalisi yang dipimpin Saudi meluncurkan kampanye udara besar-besaran pada Maret 2015 untuk mendukung Presiden Yaman yang diasingkan Abdu Rabbo Mansour Hadi yang dipaksa keluar oleh pemberontak Syi'ah Houtsi.

Laporan ini juga menunjukkan peningkatan dramatis dalam kematian tahun ini di daerah-daerah tertentu termasuk Al Jawf, Hajjah, Taiz dan Sadah.

Di sisi lain, angkanya turun paling signifikan di Hodeidah, Marib, ibu kota Sana'a, dan Al Bayda.

Korban tewas terbaru datang sebagai kejutan setelah laporan bulan lalu tren penurunan secara keseluruhan kematian di Yaman tahun ini.

Meskipun proses perdamaian yang didukung PBB pertempuran mematikan terus berlanjut di seluruh negeri, dan bahkan intensif di beberapa kegubernuran utama seperti Taiz dan Hajjah.

100 setiap minggu

Angka terakhir datang setelah PBB mengatakan bulan lalu bahwa 100 warga sipil tewas atau terluka setiap pekan di Yaman pada 2018, dengan anak-anak terhitung seperlima dari semua korban.

Menurut angka yang dikeluarkan oleh badan pengungsi badan dunia, lebih dari 4.800 kematian dan cedera warga sipil dilaporkan selama tahun 2018. Anak-anak menanggung sekitar 410 kematian dan 542 cedera, kata UNHCR.

Mengandalkan data sumber terbuka untuk temuannya, badan itu mencatat bahwa hampir setengah dari semua korban - 48 persen - dilaporkan di kota barat Hodeidah, yang pelabuhan strategisnya telah menjadi tempat pertempuran sengit antara pemberontak Syi'ah Houtsi dan pejuang yang mendukung pemerintah Yaman yang didukung Saudi-UEA.

Angka-angka PBB juga menunjukkan bahwa 30 persen warga sipil tewas dan terluka di dalam rumah mereka, dengan non-kombatan juga menjadi sasaran saat bepergian di jalan, bekerja di pertanian dan di situs sipil lainnya.

Perang di Yaman telah mengalami kebuntuan selama bertahun-tahun, dengan koalisi dan pasukan Yaman tidak dapat mengusir pemberontak Syi'ah Houtsi yang didukung Iran dari ibukota, Sana'a, dan pusat kota lainnya.

Pertempuran dan keruntuhan ekonomi yang terjadi kemudian juga telah melepaskan krisis kemanusiaan yang paling mendesak di dunia, dengan 14 juta dari 29 juta penduduk negara miskin itu berada di ambang kelaparan.

Biaya makanan telah melonjak rata-rata 68 persen sejak 2015, menurut PBB, sementara harga komoditas seperti bensin, solar, dan gas memasak telah meningkat setidaknya 25 persen pada tahun lalu. (st/Aje)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X