Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.964 views

Analisis: Generasi Baru Palestina Muncul Untuk Melawan Israel

Oleh: Sally Ibrahim

TEPI BARAT, PALESTINA - Pada tahun 2022, Tepi Barat yang diduduki telah menjadi medan pertempuran mematikan antara warga Palestina dan tentara Zionis Israel.

Sejak Maret, serangan Palestina terhadap Israel telah meningkat, baik di Tepi Barat dan Israel, menewaskan sedikitnya 18 orang Israel.

Pejabat Israel mengatakan bahwa sejauh ini telah terjadi 130 penembakan di Tepi Barat pada tahun 2022, meningkat dari 98 pada tahun 2021, sementara 312 operasi telah digagalkan.

Israel telah menanggapi dengan meluncurkan 'Operasi Pemecah Gelombang', melakukan lebih dari 2.200 serangan dan operasi penangkapan yang sebagian besar menargetkan kota-kota Nablus dan Jenin.

Setidaknya 90 warga Palestina, termasuk wanita dan anak-anak, telah tewas dalam serangan ini, menurut statistik resmi Palestina, dengan 2022 akan menjadi tahun paling mematikan bagi Tepi Barat sejak 2015.

Selama periode yang sama, hampir 7.000 warga Palestina terluka, menurut statistik PBB.

Ketidakhadiran Otoritas Palestina

Peningkatan signifikan dalam serangan yang dilakukan oleh warga Palestina yang tidak berafiliasi dengan faksi politik lokal menunjukkan meningkatnya kekosongan keamanan di Tepi Barat yang diduduki.

Analis politik mengatakan bahwa eskalasi saat ini dapat ditelusuri kembali ke pelanggaran Israel terhadap perjanjiannya dengan Otoritas Palestina (PA) selama pemerintahan mendiang presiden Yasser Arafat, yang telah membuat PA melemah.

Setelah Kesepakatan Oslo pada tahun 1993, Tepi Barat yang diduduki dibagi menjadi tiga wilayah: Area A, di bawah kendali penuh PA, Area B, di bawah kendali administratif PA dan keamanan Israel, dan Area C, di bawah kendali penuh keamanan dan administratif Israel. Area C menyumbang sekitar 60% dari Tepi Barat.

Palestina, secara teori, akan mendirikan pemerintahan sendiri dan membangun lembaga-lembaga negara, dan penarikan militer Israel secara bertahap akan terjadi.

Bagaimanapun ini tidak pernah terjadi, dengan pemerintahan militer Israel selama 55 tahun atas Tepi Barat, Gaza, dan Yerusalem Timur salah satu penjajahan terpanjang dalam sejarah modern.

Bagian dari Kesepakatan Oslo juga mewajibkan PA untuk memerangi 'terorisme' dengan mengadopsi kerja sama keamanan dengan Zionis Israel.

Meskipun bermanfaat bagi Tel Aviv, yang telah memuji PA dalam berbagai kesempatan karena menggagalkan serangan, hal itu telah menciptakan permusuhan yang meluas antara rakyat Palestina dan para pemimpin mereka, yang telah dituduh sebagai subkontraktor untuk keamanan Israel.

“Selama era Arafat, kami [PA] kuat dan mampu mengambil tuntutan kami dari Israel dengan paksa. Jika Israel tidak mematuhi perjanjian […] Arafat melepaskan orang-orang perlawanan untuk melakukan operasi militer melawan Israel,” seorang pejabat senior PA, yang lebih memilih untuk tetap anonim, mengatakan kepada The New Arab.

“Inilah sebabnya PA sebelum 2005 menikmati kekuatan politik, keamanan, dan sosial. Kami berjuang untuk meningkatkan kehidupan politik kami, baik di tingkat lokal atau internasional terlebih dahulu,” tambah pejabat itu.

Sejak kematian Arafat pada tahun 2004, dinamika telah berubah, jelasnya, seraya menambahkan bahwa strategi Mahmoud Abbas didasarkan pada negosiasi politik tanpa menggunakan perlawanan militer.

Di tengah kebuntuan diplomatik, PA telah berubah menjadi alat penindasan Israel terhadap warga Palestina, pejabat itu menambahkan.

Perpecahan internal Palestina

Pada tahun 2007, warga Palestina di Jalur Gaza menyaksikan pertikaian mematikan saat militan Hamas dan Fatah saling berperang selama berminggu-minggu, menewaskan lebih dari 600 orang.

Hamas, yang memenangkan pemilihan parlemen pada tahun 2006, telah diboikot oleh masyarakat internasional menyusul kemenangan mereka karena menolak untuk mengakui Israel, dan mematuhi perjanjian sebelumnya.

Akibatnya, bantuan internasional kepada PA dipotong dan AS menolak untuk mengakui kemenangan Hamas atau mengizinkannya untuk berpartisipasi dalam pemerintahan Palestina mana pun.

Pertempuran faksi setelahnya di Gaza secara efektif memecah gerakan nasional Palestina, dengan semua mediasi Arab dan internasional berikutnya gagal memperbaiki keretakan.

Akibatnya, para analis mengatakan bahwa Israel telah secara efektif memeras kepemimpinan PA ke dalam koordinasi keamanan yang lebih dalam dengan menyatakan bahwa menghadapi gerakan perlawanan Palestina sangat penting untuk memastikan kelangsungan hidup Fatah dan mencegah Hamas meningkatkan tantangan kepemimpinan di Tepi Barat.

Menurut seorang pejabat senior Palestina yang tidak ingin disebutkan namanya, ini hanya menyebabkan Palestina kehilangan semua kepercayaan pada lembaga-lembaga yang berafiliasi dengan PA.

“Kami telah kehilangan kredibilitas kami di mata rakyat kami dan telah menjadi agen Israel. Orang-orang melihat kami dengan ketidaksetujuan dan sering menuduh kami makar," kata pejabat itu.

Mohammed, seorang pejuang yang berbasis di Jenin, mengatakan kepada The New Arab bahwa dinas keamanan Palestina telah membuat beberapa tawaran kepadanya untuk menyerahkan senjatanya dengan imbalan jaminan bahwa dia tidak akan disentuh. Dia mengatakan dia telah menolak semua tawaran tersebut.

"PA tidak melakukan apa pun di lapangan untuk kami, peran utamanya adalah melindungi para pemukim dan melaksanakan perintah Israel," katanya kepada TNA.

"Karena kegagalan PA, Israel meningkatkan kejahatannya terhadap rakyat kami dan perlawanan kami. Mereka - Israel dan PA - ingin mengakhiri perlawanan dalam segala bentuknya," pemuda yang telah terlibat dalam konfrontasi dengan tentara Israel.

“Saya akan melawan kedua belah pihak,” tegasnya.

Jenin dan Nablus

Tentara Israel saat ini mengintensifkan aktivitas militernya di kota Jenin dan Nablus, yang berada di bawah kendali penuh PA.

Ashraf al-Ajrami, seorang analis politik yang berbasis di Ramallah, mengatakan bahwa operasi penyisiran, penangkapan, pembunuhan, penghancuran rumah, pembangunan pemukiman yang sedang berlangsung, dan serangan pemukim berulang kali terhadap warga Palestina dan properti mereka belum mencapai tingkat keamanan apa pun bagi Israel.

“Kelanjutan kejahatan Israel yang melanggar hak asasi manusia di Tepi Barat hanya akan membawa reaksi Palestina yang dapat menyebabkan ledakan komprehensif jika Israel terus mengubur kepalanya di pasir,” katanya.

Sejauh ini, jelasnya, Israel hanya berhasil menciptakan PA yang melemah, menekankan bahwa pejabat Israel tidak dapat mengharapkan Palestina untuk menerima kenyataan ini. “Baik penduduk atau pejabat setempat, terutama mereka yang kehilangan kerabat, tidak akan berdiam diri lebih lama lagi.”

Menteri Urusan Sipil PA dan Sekretaris Jenderal komite eksekutif PLO, Hussein Al-Sheikh, juga menuduh Israel melemahkan Otoritas Palestina melalui operasi militer terus-menerus sepanjang tahun ini.

“Tidak benar bahwa dinas keamanan Palestina lemah. Orang Israel berpikir bahwa tentara Israel bekerja [di Tepi Barat] pada malam hari dan dinas keamanan kami bekerja pada siang hari. Kami tidak dapat bekerja ketika tentara Israel menyerbu kota-kota kami, menangkap dan membunuh orang,” katanya.

Apa yang terjadi selanjutnya?

Pada bulan Agustus, warga Palestina melakukan 172 serangan di Tepi Barat, termasuk 23 insiden penembakan dan 135 kasus pelemparan bom molotov atau perangkat buatan sendiri, menurut data yang diterbitkan oleh badan mata-mata Israel Shin Bet.

Beberapa pengamat Palestina percaya bahwa kondisi saat ini di Tepi Barat yang diduduki mirip dengan yang terjadi sebelum Intifada Pertama pada tahun 1987 dan Intifada Kedua pada tahun 2000.

“Kami memiliki generasi baru yang tidak percaya pada ideologi faksi-faksi Palestina atau PA,” Hani al-Masri, seorang analis yang berbasis di Ramallah, mengatakan kepada TNA.

Dia mengatakan bahwa Tepi Barat sedang menyaksikan awal dari sebuah gerakan baru yang dicirikan oleh aksi-aksi spontan dan individual.

“Wajar jika kita menyaksikan perlawanan sengit Palestina untuk mengisi kekosongan yang diciptakan oleh tidak adanya faksi-faksi perlawanan Palestina, dan sebagai reaksi alami terhadap eskalasi agresif Israel untuk menetapkan fakta yang bertujuan memperkuat kehadiran Israel,” jelasnya.

Ismat Mansour, seorang analis yang berbasis di Ramallah, setuju. Dia mengatakan kelemahan PA akan berkontribusi pada munculnya generasi baru yang siap melawan Israel dengan sendirinya.

“Israel memegang tanggung jawab penuh atas kondisi saat ini […] Palestina tidak akan melupakan tujuan mereka atau hak mereka untuk hidup di negara merdeka,” kata Mansour. (TNA)

Sally Ibrahim adalah seorang reporter Palestina dengan The New Arab yang berbasis di Jalur Gaza

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X