Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.176 views

Analisis: Strategi Hamas Dan Perang Asimetris Melawan Israel

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Perang Israel-Hamas yang baru saja selesai di Timur Tengah adalah contoh sempurna dari perang asimetris dalam konsep strategis. Perang asimetris mengacu pada perang tidak teratur yang dilakukan oleh kekuatan tidak teratur untuk mencapai tujuan politik, dan melibatkan distribusi kekuasaan yang tidak proporsional antara aktor negara dan kekuatan tidak teratur. Tujuan utama dari sebagian besar perang asimetris adalah psikologis, diikuti oleh keberhasilan militer.

Israel berada di peringkat ke-20 dalam daftar 140 negara berdasarkan tinjauan tahunan GFP (Global Fire Power) pada tahun 2019. Ini memegang skor Indeks Kekuatan (PwrIndx) suatu negara sebesar 0,3464 (skor pada 0,0000 dianggap sempurna).

Hamas adalah kelompok Ikhwanul Muslimin Palestina yang didirikan di Gaza pada tahun 1987. Pada tahun 2006, Hamas memenangkan pemilihan Dewan Legislatif Palestina dan memperkuat posisinya melalui Intifadah pertama dan kedua.

Sebagai strategi, Hamas telah menggunakan perang terowongan untuk mendapatkan keuntungan operasional dan taktis atas musuhnya. Pada tahun 2014, The Washington Post melaporkan bahwa pasukan Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menemukan terowongan sepanjang panjang 2,4 kilometer, terowongan sedalam 66 kaki yang dilengkapi dengan listrik dan perbekalan yang dapat bertahan selama beberapa bulan. Diperkirakan telah dibangun dengan biaya $ 10 juta menggunakan 800 ton beton.

Sepanjang waktu, Hamas telah meningkatkan keahliannya dalam menggali berbagai jenis terowongan. Seorang analis pertahanan Israel telah berbicara tentang terowongan penyelundupan antara Gaza dan Mesir, terowongan pertahanan di dalam Gaza, dan terowongan ofensif. Terowongan ofensif digunakan untuk melancarkan serangan lintas perbatasan ke Israel. Terowongan ini telah digali dengan tangan karena khawatir penggunaan mesin dapat mendeteksi keberadaan mereka.

Dalam perang baru-baru ini pada Mei 2021, Israel menargetkan jaringan terowongan yang luas. IDF mengklaim 160 pesawat Israel menyerang lebih dari 150 target bawah tanah di Gaza utara sekitar Beit Lahiya. Sulit untuk menentukan serangan yang menargetkan sistem terowongan ofensif yang menyimpan roket dan senjata. Israel telah mendirikan bagian perang bawah tanah di unit teknologi militer untuk mendeteksi terowongan menggunakan teknik canggih. Detailnya masih dirahasiakan.

Aspek kedua dari strategi Hamas adalah divisi roket. Para ahli mengatakan bahwa sebagian besar roket Hamas dibangun oleh bengkel-bengkel di Gaza, dengan bantuan teknis dan jutaan dolar yang berasal dari Iran. Para ahli juga percaya bahwa Hamas memiliki beberapa roket Grad dan WS-1E buatan Soviet dan Cina dengan jangkauan 40 km dan roket seri Fajr besar yang dirancang Iran dengan jangkauan 45-75 km. Iran diduga telah menyelundupkan roket besar M-302 302 milimeter buatan Suriah ke Gaza.

Roket tabung logam Qassam

Komponen utama roket seri Qassam Hamas yang terbuat dari tabung lalu lintas logam seharga $300-$800 masing-masing, mengancam Israel di kota-kota selatan Ashkelon dan Sderot. Hamas juga dapat membangun banyak jenis roket yang lebih besar dengan biaya masing-masing beberapa ribu dolar seperti seri R-160 dan Sejil yang dapat menyerang Yerusalem dan Tel Aviv, 48 km dari Gaza. Dalam perang baru-baru ini, Hamas menyerang pelabuhan Israel di Eilat, yang berjarak 193 km dari Gaza dengan roket baru Ayyash-250 dengan jangkauan 249 km.

Namun, Hamas memiliki banyak kekurangan dalam perang baru-baru ini. Roketnya masih kekurangan sistem pemandu dan hanya berguna untuk membombardir suatu daerah. Banyak tembakan berakhir sebagai salah tembak dan gagal mencapai target mereka dengan kematian. IDF mengklaim hanya sepertiga dari roket Hamas yang mencapai target sebenarnya. Sekitar 500 roket jatuh di Gaza.

Dalam perang tersebut, Hamas dan kelompok Jihad Islam Palestina (PIJ) juga menunjukkan perubahan strategi. Mereka tidak menargetkan warga sipil Israel. Hamas menargetkan enam pangkalan udara dan bandara Israel serta anjungan minyak lepas pantai.

Serangan roket menyebabkan kebakaran di depot minyak di Ashkelon dan pipa Ashdod-Eilat. Israel terpaksa menutup perjalanan udara dari beberapa bandara. Serangan roket diarahkan ke ladang minyak lepas pantai Tamar Israel, bagaimanapun, meledak tanpa menyebabkan kerusakan apa pun.

Asimetri kekuasaan antara Israel dan Hamas terlihat jelas dalam perang Mei 2021. Israel menggunakan teknologi militer canggih untuk mencegah roket diluncurkan dari Gaza. Setelah tahun 2006, Israel mengembangkan Iron Dome Defense System (IDDS) yang dibantu oleh dana AS sebesar $1,6 miliar. Setelah perang, Israel telah meminta AS untuk $ 1 miliar lagi untuk meningkatkan IDDS.

IDDS dilengkapi dengan radar resolusi tinggi, pusat kendali, dan tiga atau empat peluncur roket. Setiap peluncur dimuat dengan 20 rudal pencegat Tamir, masing-masing berharga sekitar $ 40.000. Radar tersebut dapat mendeteksi roket hingga 43 mil jauhnya dan meluncurkan rudal Tamir bila dihitung akan mendarat di daerah berpenduduk. Hamas juga tidak bisa bersaing dengan IDDS Israel di angkatan laut. Angkatan Laut Israel telah mengerahkan satu hingga dua peluncur Iron Dome di geladak korvet kelas lima Saar.

Hamas bertekad untuk mencapai keuntungan taktis atas IDDS. Mereka meluncurkan 50 roket secara bersamaan untuk membanjiri IDDS. Menurut Jerusalem Post (15 Mei 2021), Hamas telah menembakkan sekitar 135 roket dalam lima menit dalam perang baru-baru ini. Itu juga menerapkan "peluncuran lintasan rendah" untuk meloloskan diri dari pencegat. IDF mengklaim bahwa mereka menembak jatuh sekitar 1.500 dari 4.360 roket yang ditembakkan oleh Hamas.

Mortir Hamas

Aspek ketiga dari strategi Hamas terkait dengan mortir. Hamas menggunakan mortir HM-16 Soviet 82 mm dan lebih kuat 120 mm yang dibuat oleh Iran. Mortar lebih akurat untuk mencapai target daripada roket. Tapi mortir Hamas hanya memiliki jangkauan 4-8 km.

Aspek strategi keempat dalam perang ini adalah bahwa Hamas telah melengkapi sayap militer pasukan Al-Qassam dengan drone. Mereka mengerahkan sistem tempur tak berawak. Dilabeli sebagai drone kamikaze Shihab, mereka dibuat di Gaza dengan pola drone Adabil HESA Iran. Pada 13 Mei Hamas meluncurkan drone Shihab yang menargetkan platform minyak lepas pantai. Tapi mereka ditembak jatuh oleh jet F-16 Israel menggunakan rudal pencari panas Python-5 dan IDDS. Antara 10-18 Mei, IDF melaporkan telah menembak jatuh lebih dari empat drone Hamas.

Aspek kelima dalam strategi Hamas adalah pengerahan kendaraan bawah air tanpa awak (UUV) atau kapal selam tanpa awak kendali jarak jauh, yang menargetkan kapal atau platform minyak Israel. Serangan udara Israel menghancurkan sistem dan membunuh pasukan operasi.

Dalam hal ini, Hamas tidak memiliki sistem pengawasan yang canggih dibandingkan dengan pasukan IDF. Selain itu, sistem senjata Hamas juga kalah dengan tank Merkava terbaru Israel dan APC Namer. APC Israel membawa sistem perlindungan aktif Trophy yang dapat mendeteksi rudal yang masuk, mengidentifikasi posisi, dan menghancurkan rudal.

Tujuan Hamas tercapai

Meskipun kerugian besar, Hamas mencapai tujuan terbatas dalam perang ini. Ia berhasil membangun opini publik, menggalang dukungan massa, berlomba-lomba memproyeksikan dirinya sebagai pemimpin Palestina yang sah, dan menunjukkan dirinya sebagai pelindung Yerusalem dan Palestina. Ia juga menekankan posisi Hamas sebagai pemangku kepentingan penting dalam proses perdamaian Palestina.

Tidak dapat disangkal bahwa perang asimetris Hamas meningkatkan dilema keamanan dan faktor ancaman Israel. Sebagai tanggapan, Israel sekarang akan memaksimalkan langkah-langkah keamanan nasionalnya dengan meningkatkan kemampuan defensif dan ofensifnya di Timur Tengah. Dalam perang asimetris, Hamas tidak dapat ditemukan enggan untuk menguasai strateginya lebih jauh melawan musuh yang kuat.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X