Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
28.563 views

Nasrani dan Islam: Agama Misi yang Terus Bertanding

Oleh: Ilham Kadir, (Peneliti MIUMI dan Mahasiswa Doktor Pendidikan Islam UIKA Bogor)

Sahabat VOA-Islam yang Dirahmati Allah SWT...

Nasrani atau Kristen adalah agama yang asalnya berpandu pada Kitab Injil yang dibawa oleh Nabi Isa 'alaihissalam. Agama ini pada dasarnya memiliki ajaran inti mentauhidkan Allah, karena dengan itulah para nabi dan rasul diutus, mengesakan Allah dan menjauhi taguht. Taghut adalah segala bentuk sesembahan selain Allah. Kullu ma 'ubida bighairillah', maka, makna hakiki 'La ilaha illallah' adalah 'Tidak ada sesembahan berhak disembah kecuali Allah'.

Namun, seiring berlalunya waktu, penganut agama Nasrani yang telah bercerai menjadi dua bagian, Kristen Katolik dan Kristen Protestan meyakini bahwa, Isa yang hanya diutus untuk mejalankan misi kerasulan didaulat menjadi tuhan yang melebur dalam tiga komponen utama, roh kudus, tuhan bapak, dan tuhan anak.

Keyakinan irasional ini langsung dikoreksi dengan nada keras oleh Al-Qur'an, misalnya, Sungguh, Al-Masih Isa putra Maryam adalah benar-benar utusan Allah yang diciptakan dengan kalimat-Nya dan disampaikan-Nya kepada Maryam dengan tiupan roh dari-Nya. Maka, berimanlah kepada Allah dan rasul-rasul-Nya, dan janganlah kamu mengatakan, Tuhan itu tiga, (QS. An-Nisa: 171).

Itu hanyalah salah satu teguran keras Al-Qur'an kepada agama Nasrani agar mereka sadar atas kesesatan dan kekufurannya. Sayang, koreksi Al-Qur'an malah dijadikan alasan utama untuk meletakkan Islam sebagai musuh bebuyutan, sebab ikut campur dalam mengurus rumah tangga orang.

Dan, sebagaimana kita ketahui, kedua agama ini terus melakukan 'perang' baik fisik seperti 'perang salib' maupun non fisik seperti bertanding untuk memperluas pengaruhnya. Kristen melancarkan kristenisasi di negara-negara berpenduduk muslim termasuk jazirah Arabia dan Indonesia, pada waktu yang sama Islam menggencarkan dakwahnya di negara-negara berpenduduk Kristen, termasuk Eropa dan Amerika. Kristen menganggap bahwa Islam tak ubahnya laksana domba-domba sesat sedang Islam melihat bahwa Kristen adalah para pelaku maksiat dan munkar yang harus diajak ke jalan yang benar.

Barangsiapa mengajak pada kebenaran [kebaikan] maka seluruh pahala yang didapatkan orang yang melakukan kebaikan itu, sama dengan orang yang menyuruhnya, begitu prinsip dasar setiap muslim.

Sejarah perseteruan kedua agama misi ini menarik untuk terus diungkap agar menjadi pelajaran bagi generasi pelanjut. Islam memang tidak akan lenyap di dunia, tetapi tidak mustahil lenyap dari bumi pertiwi Indonesia, begitu kata, M. Nasir, mantan Perdana Menteri Indonesia.

***

Ibnu Katsir, sebagaimana ditulis oleh Dr. Muhammad bin Abdurrhaman Al-Urafi dalam "Awwalu Lailatin fil-Qabri" menarasikan sebuah kisah heroik yang mencengankan pada peristiwa perang, Islam di bawah kekhalifahan Umar bin Al-Khattab versus Nasrani di bawah kekuasaan Romawi. Dalam barisan kaum muslimin, seorang prajurit muda belia bernama Abdullah bin Khudzafah. Perang pun berkecamuk, dahsyatnya perang itu menyisakan decak kagum panglima Romawi atas keteguhan kaum muslimin dan keberanian mereka menghadapi maut.

Raja Romawi lantas memerintahkan agar pasukan muslimin yang mereka tawan dihadapkan padanya. Mereka pun datang termasuk Abdullah bin Khudzafah yang diseret dengan tangan terantai dan kaki terbelenggu. Setelah diintrogasi, raja sangat kagum atas kecerdasannya. Ia lalu berkata kepada Abdullah, Masuklah ke agama Nasrani, kau akan kubebaskan. Abdullah menolak. Raja tetap menawarinya, Masuklan ke agama Nasrani, kau akan kuberi separo kekuasaanku.

Abdullah tetap menolak, sang raja meningkatkan penawaran, Masuklah ke agama Nasrani, kau akan kuberi separo kekuasaanku dan kuikutsertakan kau dalam pemerintahanku. Abdullah menjawab, Wallahi, andai saja kau berikan seluruh kekuasaanmu dan kekuasaan nenek moyangmu kepadaku, bahkan seluruh kekuasaan Arab dan selainnya, aku tetap tak sudi untuk keluar dari Islam. Raja muntab, Kalau begitu kau akan kubunuh! "Bunuhlah," tantang Abdullah.

Raja memerintahkan pasukannya agar menyalib Abdullah bin Khudzafah, lalu menyuruh pasukan pemanah untuk melepaskan anak panah ke arah Abdullah. Tetapi raja berpesan, jangan sampai anak panah itu mengenai tubuh Abdullah--hanya untuk menakuti--saat anak panah itu meluncur sekitar tubuhnya, raja tetap menawarinya masuk Islam. Dan, seperti sebelumnya, Abdullah secara tegas menolak dan lebih memilih kematian.

Melihat ketegaran Abdullah, raja memerintahkan agar dia dikembalikan ke penjara. Kali ini, ia tidak diberi makan dan minum, sampai ketika Abdullah hampir mati karena haus dan lapar, mereka menyuguhinya arak dan daging babi. Melihat hidangan haram itu, Abdullah berkata, Wallahi, aku tahu arak dan daging babi ini sebenarnya halal bagiku, tetapi aku tidak ingin orang-orang kafir itu bersorak gembira karenanya. Hidangan itu tidak disentuhnya, dan peristiwa itu dilaporkan pada raja.

Dihadirkanlah seorang wanita penggoda di hadapan Abdullah atas ide sang raja. Masuklah wanita itu ke ruang selnya. Ia beraksi di muka sang jawara, meliuk-liukkan tubuhnya untuk menggoda. Namun sedikit pun Abdullah tidak menoleh kepadanya. Mengetahui sikap Abdullah seperti itu, wanita tersebut keluar sel sambil menggerutu kepada raja dan pasukannya, Kalian telah menyuruhku menggoda seorang lelaki, yang aku tak tahu apakah ia seorang manusia atau seonggok batu. Demi Allah, dia tidak tahu apakah aku seorang perempuan atau lelaki.

Akhirnya raja putus asa membujuk Abdullah. Maka ia pun menyuruh pasukannya membuat tungku api dan memanaskan minyak hingga mendidih. Lalu, Abdullah diberdirikan menghadap minyak yang menggelegak. Setelah itu, didatangkanlan seorang muslim yang juga menjadi tawaran. Dalam kondisi badan terikat, ia diceburkan ke minyak mendidih hingga jasadnya lenyap ditelah gelegak minyak panas, tulang belulangnya berserakan menyembul ke atas permukaan. Abdullah menyaksikan pemandangan terburuk itu. Di saat demikian, sang raja Romawi kembali mengulang penawarannya, agar Abdullah murtad. Namun, ia tetap tegar dan menolak ajakan raja.

Raja kembali naik pitam, segera memerintahkan supaya Abdullah diceburkan ke tungku agar merasakan panasnya api, air matanya meleleh. Abdullah menangis, raja yang mengetahui hal itu bergembira, karena mengira bahwa lawannya sudah takut dan segera mengalah.

Masuklah ke agama Nasrani, kau akan kubebaskan, tawar Raja. Tidak, jawab Abdullah. Lalu mengapa kamu menangis, tanya raja. Aku menangis karena hanya memiliki satu nyawa, sehingga aku langsung mati ketika diceburkan ke tungku ini. Wallahi, aku ingin memiliki seratus nyawa, yang semuanya kugunakan untuk mati di jalan Allah, seperti kematian yang akan aku hadapi ini.

Raja berkata, "Ciumlah kepalaku, kau akan kubebaskan!" Abdullah menimpali, "Dan kau harus bebaskan pula seluruh kaum muslimin yang kau tawan." Ya, jawab  raja. Abdullah mencium kepala Raja Romawi, dan seluruh tawanan kaum muslimin pun dibebaskan.

Begitulah perjuangan para pendahulu umat ini, keimanannya tidak bisa ditukar dengan apa pun. Kehidupan mereka hanya untuk meninggilan kalimat tauhid (Li i'la'i kalimatillah) dan demi kemuliaan Islam dan kaum muslimin (Li izzatil islam wal muslimin). Maka amat disayangkan jika agama tergadai hanya karena godaan dunia yang terdiri dari harta, tahta, dan wanita. Wallahu A'lam! [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Ulama Bicara lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Daerah Rawan Pemurtadan Garut ini Kesulitan Air. Ayo Wakaf Mata Air.!!

Daerah Rawan Pemurtadan Garut ini Kesulitan Air. Ayo Wakaf Mata Air.!!

Selain jadi target pemurtadan misionaris, warga kesulitan air bersih untuk wudhu, mandi, minum, memasak, dll. Diperlukan dana 11 juta rupiah untuk pipanisasi penghubung sumber mata air ke masjid,...

Pembangunan Terhenti, Mushalla di Pelosok Sambong ini Terbengkalai. Ayo Bantu.!!

Pembangunan Terhenti, Mushalla di Pelosok Sambong ini Terbengkalai. Ayo Bantu.!!

Kondisi Mushalla Khoirussalam Sambong ini semrawut karena pembangunan berhenti terkendala dana. Dibutuhkan dana 15 juta rupiah untuk menuntaskan mushalla hingga layak dan nyaman. ...

Ingin Jadi Guru dan Penghafal Al-Qur’an, Yatim Nurlia  Butuh Biaya Sekolah, Ayo Bantu!!

Ingin Jadi Guru dan Penghafal Al-Qur’an, Yatim Nurlia Butuh Biaya Sekolah, Ayo Bantu!!

Yatim berprestasi ini putus sekolah. Impian pendidikan pesantren untuk mewujudkan cita-cita menjadi penghafal Al-Qur’an dan guru agama Islam terkubur oleh kendala biaya....

Kisah Pilu Mbah Siti, Sang Ahli Ibadah Hidup di Bilik Reyot Bantaran Sungai. Ayo Bantu.!!

Kisah Pilu Mbah Siti, Sang Ahli Ibadah Hidup di Bilik Reyot Bantaran Sungai. Ayo Bantu.!!

Nenek renta ahli ibadah ini hidup seorang diri di bilik reyot Bengawan Solo. Bila hujan seisi rumah kebocoran air. Di malam hari, ia menggigil kedinginan diserang angin malam karena dindingnya...

Hidup Sebatang Kara, Muallaf  Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hidup Sebatang Kara, Muallaf Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hijrah menjadi Muslimah, mantan Kristen Pantekosta ini ditimpa banyak ujian mulai dari keluarga hingga kerasnya pekerjaan. Hidup sebatang kara, ia bekerja keras sebagai buruh pembuat batu bata. ...

Latest News
Memilih Pemimpin

Memilih Pemimpin

Jum'at, 15 Jan 2021 21:15

Pemerintah Yaman Sebut Serangan Mematikan Di Bandara Aden Dilakukan Kelompok Teroris Syi'ah Houtsi

Pemerintah Yaman Sebut Serangan Mematikan Di Bandara Aden Dilakukan Kelompok Teroris Syi'ah Houtsi

Jum'at, 15 Jan 2021 19:45

Cina Kemungkinan Lakukan Genosida Terhadap Umat Muslim di Xinjiang

Cina Kemungkinan Lakukan Genosida Terhadap Umat Muslim di Xinjiang

Jum'at, 15 Jan 2021 16:56

Doa Kapten Persib Bandung untuk Syekh Ali Jaber

Doa Kapten Persib Bandung untuk Syekh Ali Jaber

Jum'at, 15 Jan 2021 12:59

Meksiko Berencana Buka 200 Bioskop di Saudi

Meksiko Berencana Buka 200 Bioskop di Saudi

Jum'at, 15 Jan 2021 11:35

Legislator MInta Pemerintah Cabut Ancaman Denda bagi yang Tidak Mau Divaksin

Legislator MInta Pemerintah Cabut Ancaman Denda bagi yang Tidak Mau Divaksin

Jum'at, 15 Jan 2021 11:10

Cegah Penyelewengan, DPR dan BPK Perlu Koordinasi Awasi APBN untuk Penanganan Covid-19

Cegah Penyelewengan, DPR dan BPK Perlu Koordinasi Awasi APBN untuk Penanganan Covid-19

Jum'at, 15 Jan 2021 10:59

MUI Imbau Umat Islam Shalat Gaib untuk Syekh Ali Jaber

MUI Imbau Umat Islam Shalat Gaib untuk Syekh Ali Jaber

Jum'at, 15 Jan 2021 10:47

WhatsApp: Percakapan Tetap Dilindungi Enkripsi

WhatsApp: Percakapan Tetap Dilindungi Enkripsi

Jum'at, 15 Jan 2021 00:16

Ketua KPU Arief Budiman Dipecat

Ketua KPU Arief Budiman Dipecat

Jum'at, 15 Jan 2021 00:10

Unduhan WhatsApp Menyusut Buntut Pengumuman Kebijakan Privasi Baru

Unduhan WhatsApp Menyusut Buntut Pengumuman Kebijakan Privasi Baru

Kamis, 14 Jan 2021 21:05

Pemberonak Syi'ah Houtsi Bantai 20 Petani di Taiz Yaman

Pemberonak Syi'ah Houtsi Bantai 20 Petani di Taiz Yaman

Kamis, 14 Jan 2021 20:45

Ngenes, Kematian Nakes Tertinggi se-Asia?

Ngenes, Kematian Nakes Tertinggi se-Asia?

Kamis, 14 Jan 2021 18:54

Ketua STAI PTDII: Syekh Ali Jaber Inspirasi Program Tahfiz

Ketua STAI PTDII: Syekh Ali Jaber Inspirasi Program Tahfiz

Kamis, 14 Jan 2021 16:21

Orang Meninggal dengan Izin Allah, Apa Maksudnya?

Orang Meninggal dengan Izin Allah, Apa Maksudnya?

Kamis, 14 Jan 2021 14:45

Meski Sempat Jadi WN Arab Saudi, MUI Sebut Syekh Ali Jaber Cinta Indonesia Sepenuh Hati

Meski Sempat Jadi WN Arab Saudi, MUI Sebut Syekh Ali Jaber Cinta Indonesia Sepenuh Hati

Kamis, 14 Jan 2021 14:36

Donald Trump Jadi Presiden AS Pertama yang Dimakzulkan untuk Kedua Kalinya

Donald Trump Jadi Presiden AS Pertama yang Dimakzulkan untuk Kedua Kalinya

Kamis, 14 Jan 2021 14:15

Waspada terhadap Covid-19 adalah Bentuk Ketaqwaan

Waspada terhadap Covid-19 adalah Bentuk Ketaqwaan

Kamis, 14 Jan 2021 13:01

Bagong Mbangun Deso Versus Gelandangan Instant

Bagong Mbangun Deso Versus Gelandangan Instant

Kamis, 14 Jan 2021 11:55

KH Cholil Nafis: Syekh Ali Jaber Dai yang Istiqamah dan Rendah Hati

KH Cholil Nafis: Syekh Ali Jaber Dai yang Istiqamah dan Rendah Hati

Kamis, 14 Jan 2021 10:41


MUI

Must Read!
X