Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.019 views

Peringatan Megathrust, Peringatan Pula bagi Dosa-dosa Kita

Berita soal Megathrust menjadi topik hangat di berbagai kalangan baru-baru ini. Berita tersebut dikemukakan agar masyarakat mengantisipasi diri mereka masing-masing jika sewaktu-waktu hal tersebut terjadi. Dan masyarakat pun meresponnya dengan baik dengan berbagi informasi soal apa-apa saja yang perlu disiapkan seperti tas siaga bencana, dan semacamnya. Namun, tak sedikit pula yang panik dan menuntut pemerintah agar melakukan regulasi yang lebih luas dan tegas agar sebisa mungkin tidak ada korban.

Soal gempa bumi, sebenarnya, di Indonesia sudah seringkali terjadi karena memang, ada banyak sekali gunung di Indonesia. Namun, di samping alasan ilmiah, kita sebagai seorang muslim, yang mana mayoritas dari kita juga muslim, kita tidak hanya melihat dari sisi ilmiah, namun juga dari sisi wahyu yang Allah dan RasulNya sampaikan. Simak dalil-dalil di bawah ini:

“Rasulullah Shallallahua’laihi wa sallam meletakkan kedua tangannya di atas kepalaku, lalu beliau berkata, ‘Wahai Ibnu Hawalah! Jika engkau melihat kekhilafahan telah turun di atas bumi-bumi yang disucikan, maka telah dekatlah gempa, bencana, dan masalah-masalah besar, dan hari Kiamat saat itu lebih dekat kepada manusia daripada dekatnya kedua tanganku ini dari kepalamu.’” (HR. Tirmidzi)

 “Ketika hari kiamat sudah dekat akan ada kematian yang sangat banyak dan setelahnya akan datang tahun-tahun di mana terjadi banyak gempa.” (HR. Ahmad)

“Tidak akan terjadi hari kiamat kecuali setelah hilangnya ilmu, banyak terjadi gempa, waktu seakan berjalan dengan cepat, timbul berbagai macam fitnah, al-haraj-yaitu pembunuhan- dan harta melimpah ruah kepada kalian.” (HR. Bukhari)

Dari semua dalil di atas, bisa kita pahami bahwa gempa adalah salah satu bentuk teguran dari Allah kepada kita, makhluk di bumi, yang seringkali berbuat dosa dan serakah. Dan jika kita melihat keadaan di negara kita sekarang, sangat bisa dipahami jika teguran tersebut tiba.

Penguasa yang zalim, penuh di negeri kita sekarang. Perzinahan, mulai dinormalisasi. Kemaksiatan ada di mana-mana, bagaimana kita bisa menyangkal bahwa hal tersebut terjadi hanya karena faktor alam, dan tidak ada ulah manusia di dalamnya?

Ketika terjadi gempa pada masa kekhalifahannya, Umar bin Khattab r.a. pun berkata kepada penduduk Madinah,

“Wahai Manusia, apa ini? Alangkah cepatnya apa yang kalian kerjakan (dari maksiat kepada Allah)? Andai kata gempa ini kembali terjadi, aku tak akan bersama kalian lagi!”

Takut

Wajar bagi kita jika kita memiliki rasa takut terhadap ini. Cemas, sehingga berpikir yang tidak-tidak. Namun ingatlah bahwa kita punya Allah. Jadi ubahlah segala energi cemas, takut dan khawatir tersebut menjadi doa dan penyerahan diri penuh kepada Allah.

“Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.” (QS. Ar-Ra’d: 11)

Allah Maha Pengampun, Allah Maha Penyayang. Tidak usah takut, tidak usah cemas. Kita serahkan semuanya kepada Allah. Minta ampunan dan perlindungan dariNya. Karena hanya Allahlah satu-satunya yang bisa menolong kita. Selagi kita punya Allah, semua akan baik-baik saja.

Semoga peringatan ini tidak hanya mengundang kekhawatiran, namun juga muhasabah dan bisa membuat kita merenung dan ingat bahwa di atas kita, ada kekuasaan yang jauh lebih tinggi dan dahsyat, sehingga tidak ada yang perlu disombongkan. Semoga Allah melindungi kita semua, dan memberikan ampunan kepada kita atas segala dosa-dosa kita. Aamiin. Wallahua’lam. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X