Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
26.906 views

Pengemis Online, Mengapa Terjadi?

 

Oleh: Desi Rahmawati

 

Dunia maya kembali dihebohkan dengan fenomena konten pengemis online yang viral di media sosial TikTok. Seiring perkembangan teknologi, berkembang pula cara dan strategi dalam meraup cuan. Aksi mereka mulai dari mengemis online, mengguyur diri sendiri dengan air hingga mandi lumpur yang sering kali diperankan lansia mulai meresahkan warganet.

Konten-konten ini dibuat untuk mendapatkan saweran dari netizen pengguna TikTok. Semakin banyak orang menyawer, semakin tebal pundi-pundi cuan yang diperoleh. Aksi mengemis online ini seakan telah menjadi mata pencaharian yang sedang tren di media sosial, meski martabat manusia terhinakan. Sebenarnya apa yang sedang terjadi dengan masyarakat kita hari ini?

Menanggapi fenomena ini, Menteri Sosial Tri Rismaharini, akan menyurati pemerintah daerah untuk menindak hal tersebut. Risma menegaskan bahwa tidak hanya secara online, pengemis konvensional di jalan-jalan juga dilarang oleh peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) dan peraturan daerah (Perda). (cnnindonesia.com, 15/01/23)

Konten pengemis online yang sedang tren sejatinya tidak muncul secara tiba-tiba. Ada banyak faktor penyebab fenomena ini terjadi, di antaranya:

Ketimpangan ekonomi dan kemiskinan yang masih melekat dalam masyarakat kita, melalui teknologi dieksploitasi oleh sistem kapitalistik saat ini demi meraup cuan. Meski merendahkan harkat dan martabat diri sendiri ataupun orang lain. Kehidupan manusia dalam sistem kapitalisme telah membuat masyarakat menghalalkan segala cara untuk mendapatkan materi entah untuk bertahan hidup atau sekedar memenuhi gaya hidup.

Fenomena ini menggambarkan masyarakat yang sakit, yang hidup di tengah sistem rusak tanpa mampu menyejahterakan rakyatnya. Inilah bukti kegagalan pengaturan hidup yang memisahkan agama dari kehidupan (sekularisme). Secara tidak langsung telah mengonfirmasi lemahnya fungsi negara dalam menyelesaikan kemiskinan yang sudah menjadi problem menahun.

Negara seharusnya menyelesaikan masalah kemiskinan dari akar masalahnya, yakni kemiskinan yang terjadi bukan hanya karena individu malas bekerja. Melainkan ada andil negara yang mengabaikan pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat secara luas. Apabila negara sudah menjamin pemenuhan kebutuhan rakyatnya, maka tidak akan terjadi hal yang merendahkan manusia atau mafia yang memanfaatkan kemiskinan masyarakat demi meraih keuntungan pribadi.

Fenomena mengemis online ini juga tidak akan pernah ada, jika negara menerapkan sistem hidup yang sahih, yakni syariat Islam aturan hidup berasal dari Allah SWT yang menciptakan manusia. Syariat Islam memosisikan negara benar-benar menjalankan fungsi dan pengurusannya kepada rakyat dengan baik dan amanah. Memberikan solusi tepat terkait fenomena mengemis online, di antaranya:

Pertama, negara mengedukasi dan mendidik masyarakat agar tertanam kesadaran untuk menjaga martabat dan kemuliaannya sebagai manusia dengan senantiasa terikat aturan Allah Taala, yakni tidak melakukan yang dibenci-Nya dan menjalankan perintah-Nya.

Kedua, masyarakat diberikan pemahaman bahwa berdakwah amar makruf nahi mungkar adalah kewajiban bagi setiap hamba-Nya. Dengan pembiasaan semacam ini, akan terbentuk kepekaan dan kepedulian yang tinggi antar individu masyarakat dalam mencegah kemaksiatan, perilaku negatif, dan kriminalitas.

Ketiga, negara memenuhi kebutuhan pokok masyarakat, seperti sandang, pangan, papan, kesehatan, pendidikan, dan keamanan. Dengan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mencari nafkah, semisal membuka lapangan kerja, memberi modal usaha, dan pelayanan publik yang gratis atau murah.

Solusi tuntas ini akan berjalan optimal jika individu, masyarakat, dan negara menjalankan fungsinya dengan baik. Bersama-sama menerapkan syariat Islam secara menyeluruh (kafah) dalam aspek kehidupan. Sehingga kemiskinan bisa terminimalisasi dan tidak akan ada fenomena pengemis jalanan atau online. Visi misi hidup manusia pun akan kembali pada jalan yang sebenarnya, yaitu untuk taat dan beribadah kepada Allah Swt. Wallahua’lam bishshawaab. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X