Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
12.838 views

Ramadan, Warung Ngeblak Imanmu Jangan!

 

Oleh: Jeng Nana

Founder Bakoel Bervisi Surga

 

Ada yang bilang ramadhan membawa rejeki para bakul. Sebut saja bakul kuker, sembako, takjil, kurma, baju, apalagi bakul lauk matang. Semua tumbuh subur kayak emak yang lagi gagal diet. Semangat melebar di tepi jalan. Bahkan ada yang nekat menghadang para calon konsumen di tengah perempatan lampu merah demi sejumlah cuan. Nah kalau trik yang terakhir ini, angkat topi deh buat pedagang asongan yang full nyali mengejar calon pembeli.

Tak ketinggalan, bakul online pun menuai berkah ramadhan. Dengan etalase cukup bermodal layar ponsel, bakul yang satu ini bebas wara-wiri di setiap kedip mata semua pemilik android. Tanpa harus mandi keringat dan menghirup gas karbon kendaraan calon konsumen. Cukup duduk manis geser layar gawai, tawar-tawar tipis dengan sedikit bumbu manis, jadilah closing dan laris!

Btw, tak semua bakul happy ending mengeruk rupiah di bulan ramadhan. Untuk bakul yang bergelut dengan warung atau depot nasi harus lebih banyak ikhlas dan sabar. Pasalnya jatah makan 3 kali sehari berkurang menjadi 2 kali di bulan ramadhan, membuat konsumen warung makan berkurang. Belum lagi jam makan sahur yang di luar kebiasaan jam buka warung, turut membuat omset pemilik warung turun. Terlebih momen spesial ramadhan yang hanya setahun sekali dengan dorongan pahala bagi yang melakukan kebaikan, menjadikan para emak sadar diri memilih menjadi emak sholihah yang memasak dengan cinta hidangan sahur dan buka untuk keluarga.

Ngomongin tentang turunnya omset para bakul warung nasi, makin kesini makin banyak kalangan yang berupaya menyelamatkan para bakul dari keterpurukan. Apalagi setelah dihantam badai pandemi yang membuat mereka tak menggeliat sama sekali. Demi membuat mereka bisa bangkit, bermunculanlah kebijakan ataupun revisi aturan yang membolehkan warung buka selama bulan ramadhan. Diperkuatlah argumen untuk menyediakan mereka yang tak puasa misal wanita yang lagi haid, orang yang dalam perjalanan dan non muslim yang tentunya butuh makanan di siang hari.

Seolah satu suara dalam satu frekuensi dalih menghormati orang yang tidak puasa dan menolong penghidupan para bakul, jadilah “warung boleh buka asal jangan ngeblak” menjadi satu sikap toleran dan harmoni yang wajib dijaga oleh semua. Warung boleh tetap buka, asal jangan pamer saat makan. Siapa pun yang kemudian berkicau tak elok dan tak searah dengan nafas itu, dianggap intoleran dan mencemari harmoni bermasyarakat.

Oke, sesama bakul, saya pun turut bahagia saat rekan bakul yang lain bahagia karena rejeki berlimpah yang Allah swt kirim melalui larisnya dagangannya. Tentang kebijakan yang membolehkan warung buka pun, selama yang dijual halal syariat juga tidak melarangnya. Namun yang perlu dicermati adalah dalih menghormati orang yang tidak puasa wajib dikritisi.

Jangan-jangan kebijakan yang terang-terangan mengubah larangan warung buka selama bulan ramadhan tahun lalu, menjadi kebolehan warung buka di ramadhan tahun ini merupakan muara tuntutan kaum liberal. Dimana blunder politik yang digulirkan akan mengecam dan mencela siapa saja yang melarang warung buka di siang hari bulan ramadhan. Ujungnya fiqih kebolehan jual beli dibenturkan dengan jargon toleransi dan harmoni  bagi yang tidak puasa.

Coba kita bandingkan. Pernahkah ada himbauan atau kebijakan supaya orang yang menjalankan ibadah Nyepi untuk menghormati yang tidak menjalankan Nyepi? Karen ayng lain juga butuh masak, butuh bepergian dan butuh tetap bekerja. Faktanya muslim dan semua agama di luar Hindu harus juga menjalankan ritual Nyepi di Bali dengan mematikan semua aktifitasnya. Melakukan amati geni (tidak menggunakan/menghidupkan api), amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), dan amati lelanguan (tidak mendengarkan hiburan).

Semua sama sekali tidak melakukan aktivitas, lingkungan tampak sepi seperti kota mati, tidak ada lampu yang menyala dan semua orang diam di rumah. Karena apa? Karena menghormati mereka yang beribadah Nyepi! Coba kalau ada harmoni, harusnya boleh dong nyetel lagu dangdutan saat hari Nyepi di Bali? hehehe bakal ditawur deh kalau ada yang nekat.

Nah, di sini perlunya para bakul juga harus melek politik. Jangan asal pokok menguntungkan, iya-iya aja terhadap setiap kebijakan yang dijalankan. Bakul yang cerdas akan mampu menganalisa bahwa seharusnya penguasa itu menjadi tameng, yang menjaga puasa semua rakyatnya yang sudah ter-taklif hukum puasa untuk bisa menjalankannya dengan sempurna. Memastikan semua yang wajib puasa tidak meninggalkan kewajibannya dibanding mempertimbangkan opini menyesatkan kaum liberal dengan kedok menghormati orang yang tidak puasa.

Sebagai sesama bakul yang mukmin, tentunya kewajiban untuk saling mengingatkan itu harus selalu melekat. Bakul mukmin bedalah dengan yang lain, dia harus lebih aware terhadap syariat agamanya. Karena syariat lah yang akan membuat perniagaannya selamat dunia akhirat. Jangan hanya jadi bakul yang berfikir untung rugi, tapi harus jauh ke depan bervisi akhirat yaitu berfikir halal dan haram.

Apalah artinya laba yang banyak tapi dengan ngeblak-nya warung kita membuat iman saudara kita ikutan ngeblak. Gampang aja batalin puasa gegara ada warung buka pas di depan maal saat dia kepayahan belanja kebutuhan lebaran. Jangan-jangan kita menjadi sarana orang lain untuk berdosa. Naudzubillahi, jangan sampai deh. Seharusnya momen ramadhan menjadi start bagi kita para bakul  untuk memperbaiki setiap transaksi perniagaan kita supaya makin benar sesuai tuntutan syariat Islam.

Terlebih lagi penguasa yang kemudian memberi jalan dan ruang bagi rakyat untuk lepas dari ketaatan akibat kebijakan yang berdalih kebebasan, toleransi dan harmoni. Sungguh, semua akan diminta pertanggungjawaban di hadapan Allah swt kelak. Atas dasar dan niat apa dia mengeluarkan sebuah kebijakan. Apakah atas dasar syariat Islam atau nafsu kebebasan dan keduniaan semata. Mereka tak akan bisa lari dan berdalih nantinya, seperti saat di dunia. Wallahu alam. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News
Pemprov DKI Cabut Izin 12 Outlet Holywings

Pemprov DKI Cabut Izin 12 Outlet Holywings

Senin, 27 Jun 2022 21:57

Beli Minyak Goreng Wajib Pakai Aplikasi PeduliLindungi, FPKS: Menyulitkan Rakyat

Beli Minyak Goreng Wajib Pakai Aplikasi PeduliLindungi, FPKS: Menyulitkan Rakyat

Senin, 27 Jun 2022 21:44

Kolaborasi Bangun Kampung Wakaf Ciracas, Upaya Bangun Kemandirian Warga

Kolaborasi Bangun Kampung Wakaf Ciracas, Upaya Bangun Kemandirian Warga

Senin, 27 Jun 2022 21:37

Jumlah Anak-anak Yang Tewas Akibat Gempa Di Afghanistan Meningkat Menjadi 155 Orang

Jumlah Anak-anak Yang Tewas Akibat Gempa Di Afghanistan Meningkat Menjadi 155 Orang

Senin, 27 Jun 2022 18:45

Serangan Cyber Paksa Perusahaan Baja Terbesar Iran Berhenti Beroperasi

Serangan Cyber Paksa Perusahaan Baja Terbesar Iran Berhenti Beroperasi

Senin, 27 Jun 2022 18:00

PBB: Perang Ukraina Dapat Meningkatkan Produksi Narkoba Ilegal

PBB: Perang Ukraina Dapat Meningkatkan Produksi Narkoba Ilegal

Senin, 27 Jun 2022 17:17

Tingkah Polah Jagat Milenial dan Memburuknya Peradaban Manusia

Tingkah Polah Jagat Milenial dan Memburuknya Peradaban Manusia

Senin, 27 Jun 2022 08:05

Taliban Serukan Pemerintah Internasional Cabut Pembekuan Aset Bank Sentral Setelah Gempa Mematikan

Taliban Serukan Pemerintah Internasional Cabut Pembekuan Aset Bank Sentral Setelah Gempa Mematikan

Ahad, 26 Jun 2022 21:06

Pemimpin Hindu Kanada Dukung Pembunuhan Umat Muslim Dan Sikh Di India

Pemimpin Hindu Kanada Dukung Pembunuhan Umat Muslim Dan Sikh Di India

Ahad, 26 Jun 2022 20:35

Turki Batalkan Dakwaan Terhadap 26 Warga Saudi Yang Terlibat Pembunuhan Jamal Khashoggi

Turki Batalkan Dakwaan Terhadap 26 Warga Saudi Yang Terlibat Pembunuhan Jamal Khashoggi

Ahad, 26 Jun 2022 19:10

Film Lightyear dan Kampanye LGBT, Tolak!

Film Lightyear dan Kampanye LGBT, Tolak!

Ahad, 26 Jun 2022 16:36

Demokrasi Menyuburkan Oligarki

Demokrasi Menyuburkan Oligarki

Ahad, 26 Jun 2022 16:25

Kafe Eks Holywings Jualan Miras, Dewan Dakwah Bogor Minta Izin Dicabut

Kafe Eks Holywings Jualan Miras, Dewan Dakwah Bogor Minta Izin Dicabut

Sabtu, 25 Jun 2022 21:00

Kementerian Saudi: Hanya Jamaah Haji Yang Diizinkan Melakukan Umrah Antara 24 Juni Hingga 19 Juli

Kementerian Saudi: Hanya Jamaah Haji Yang Diizinkan Melakukan Umrah Antara 24 Juni Hingga 19 Juli

Sabtu, 25 Jun 2022 20:30

SITE: Afiliasi Al-Qaidah Katibat Macina Bantah Bunuh 132 Warga Sipil Di Tiga Desa Mali

SITE: Afiliasi Al-Qaidah Katibat Macina Bantah Bunuh 132 Warga Sipil Di Tiga Desa Mali

Sabtu, 25 Jun 2022 19:41

PN Surabaya Kabulkan Nikah Beda Agama, MUI: Merusak Martabat Manusia

PN Surabaya Kabulkan Nikah Beda Agama, MUI: Merusak Martabat Manusia

Sabtu, 25 Jun 2022 17:47

Luar Biasa! Suporter Sepak Bola Bangun Masjid di Ciomas

Luar Biasa! Suporter Sepak Bola Bangun Masjid di Ciomas

Sabtu, 25 Jun 2022 09:19


MUI

Must Read!
X