Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
9.856 views

Membela Saudara Seiman, Butuh Pengetahuan

 

Oleh: Henyk Widaryanti

Sahabat, bagaimana pendapat kalian jika kita tidak boleh mengenakan pakaian yang dianjurkan agama? Pasti rasanya sedih. Kita ingin taat sesuai seruan Pencipta, tapi nyatanya tak bisa. Tentu hal ini sangat menyedihkan bukan?

Kalau di negeri kita, melarang anak perempuan di bawah 18 tahun berhijab pasti langsung diprotes. Banyak  kaum muslim yang akan membela. Bahkan bisa jadi mereka yang tak berhijab juga akan membela. Alhasil kita pun bebas berhijab.

Beda ceritanya dengan anak perempuan muslim yang hidup di tengah Islamofobia. Prancis sebagai salah satu negara sekular yang memiliki islamofobia tinggi, telah berhasil mengaduk-aduk perasaan kaum muslimin di sana.

Beberapa waktu terakhir, tagar handsoffmyhijab bermunculan di jagad media. Ada yang tahu alasannya? Sebenarnya, tagar handsoffmyhijab muncul karena muslimah dari berbagai dunia sedang memberikan dukungan kepada saudara kita di Prancis. Di sana, Senat Prancis mengusulkan pelarangan mengenakan hijab pada anak di bawah 18 tahun.

Mereka menilai bahwa hijab yang dikenakan oleh anak di bawah 18 tahun merupakan bentuk pemaksaan. Pandangan ini sesuai dengan asas kebebasan yang mereka anut. Apalagi saat ini di Prancis demam islamofobia masih tinggi.

Meskipun pelarangan ini masih terbatas pada senat, penolakan datang bertubi-tubi dari seluruh penjuru negeri. Mulai dari model muslim, atlet Olimpiade Ibtihaj Muhammad, aktivis perempuan Najwa Zebian, hingga netizen menyuarakan pembelaan mereka.

Memaknai Hijab dengan Benar

Dalam bahasa Arab, hijab artinya penghalang. Berhijab berarti mengenakan sesuatu yang dapat menghalangi pandangan untuk melihat aurat. Nah, kebanyakan orang beranggapan bahwa memakai penutup kepala dengan model apapun sudah dikatakan berhijab.

Pemahaman ini terlihat manakala mayoritas kaum muslimin melakukan protes terhadap larangan berhijab. Mereka mengenakan kerudung dengan berbagai model, bahkan memasukkan kerudung di dalam bajunya sehingga lekuk dadanya kelihatan. Ada juga yang hanya meletakkan kain kerudung di atas kepala.

Melihat semua ini muncul rasa haru. Karena masih ada orang lain yang peduli dengan penderitaan saudara seiman. Tapi, rasa trenyuh juga hadir. Karena masih banyak muslimah yang belum memahami bagaimana menutup aurat sesuai syariat. Kebahagiaan itu muncul saat syu'ur (perasaan) Islam mampu membangunkan kepedulian. Akan tetapi kesedihan juga datang, saat mengetahui banyak muslimah yang belum memahami menutup aurat sempurna.

Mungkin mereka belum tahu atau bahkan sudah tahu, tapi belum ada kemauan. Apapun alasannya, setidaknya ikatan persaudaraan masih ada. Isu islamofobia tak menghantui pikiran mereka dan masih ada keimanan dalam diri.

Namun, kurang sempurnanya cara berhijab tak bisa begitu saja dibiarkan. Sebagai saudara sesama muslim, bukankah tugas kita untuk mengingatkan?

"Barang siapa mengajak kepada kebaikan, maka ia akan mendapat pahala sebanyak pahala yang diperoleh orang-orang yang mengikutinya tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun. Sebaliknya, barang siapa mengajak kepada kesesatan, maka ia akan mendapat dosa sebanyak yang diperoleh orang-orang yang mengikutinya tanpa mengurangi dosa mereka sedikit pun." (HR. Muslim no. 4831)

Berhijab Sesuai Syariat, Bagaimanakah?

Sahabat, bukankah Allah Swt memberikan syariat dalam berpakaian? Sebagaimana Allah Swt telah memberikan aturan syarat sah salat dan rukunnya. Saat melakukan ibadah mahdah ini, seorang muslimah diwajibkan menutup aurat sempurna yaitu seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan. Bagaimana kalau saat salat auratnya kelihatan? Tentu salatnya tidak sah.

Jika saat salat muslimah harus taat menutup aurat sesuai syariat, bagaimana bila mereka selesai salat? Allah Swt memberikan taklif (beban hukum) mengenai menutup aurat tidak hanya ketika salat. Di luar ibadah itu, ketika muslimah ke luar rumah atau berjumpa dengan bukan mahram diwajibkan menutup aurat.

Lantas, bagaimana kriteria menutup aurat yang benar? Cukupkah dengan memakai bandana, selembar kain, kerpus atau kerudung gaul ala sekarang? Sahabat, menutup aurat di tempat umum dan di hadapan bukan mahram itu ada aturannya. Dalam Qur'an Surat An Nur ayat 31, Allah Swt menjelaskan tatacara memakai kerudung.

"Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung."

Menurut penjelasan ayat di atas, memakai kerudung itu sampai menutupi dada. Jadi, lehernya tidak boleh kelihatan, begitu pun rambut, telinga dan dadanya. Apakah dengan memakai kerudung saja cukup? Tentu belum, masih ada syariat lainnya. Apa itu? Tentang perintah mengenakan jilbab, sebuah baju yang bentuknya longgar, tidak potongan, tidak tembus pandang, tidak memperlihatkan lekuk tubuh dan panjangnya sampai menutupi kaki.

"Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS. Al Ahzab : 59)

Jika kedua penutup aurat itu dipakai bersamaan, barulah muslimah dikatakan berhijab secara sempurna. Jadi, sebagai muslimah kita memang harus memberikan pembelaan terhadap saudara yang terzalimi. Tapi, tak cukup hanya kemauan saja, diperlukan pengetahuan yang benar untuk mendukung dan membela mereka. Wallahu'alam. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News
Berikan Pelatihan Pengurusan Jenazah, Ibu-ibu: 'Ternyata, Selama Ini Kita Salah'

Berikan Pelatihan Pengurusan Jenazah, Ibu-ibu: 'Ternyata, Selama Ini Kita Salah'

Jum'at, 29 Mar 2024 13:12

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 22:02

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Kamis, 28 Mar 2024 21:17

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 20:28

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Kamis, 28 Mar 2024 15:37

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

Kamis, 28 Mar 2024 08:36

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Rabu, 27 Mar 2024 21:01

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Rabu, 27 Mar 2024 18:00

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

Rabu, 27 Mar 2024 17:15

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

Rabu, 27 Mar 2024 16:29

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Rabu, 27 Mar 2024 07:22

Puasa Jangan Lemas!

Puasa Jangan Lemas!

Rabu, 27 Mar 2024 07:09

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Selasa, 26 Mar 2024 22:15

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Selasa, 26 Mar 2024 21:20

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Selasa, 26 Mar 2024 17:12


MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X