Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.461 views

Membela Saudara Seiman, Butuh Pengetahuan

 

Oleh: Henyk Widaryanti

Sahabat, bagaimana pendapat kalian jika kita tidak boleh mengenakan pakaian yang dianjurkan agama? Pasti rasanya sedih. Kita ingin taat sesuai seruan Pencipta, tapi nyatanya tak bisa. Tentu hal ini sangat menyedihkan bukan?

Kalau di negeri kita, melarang anak perempuan di bawah 18 tahun berhijab pasti langsung diprotes. Banyak  kaum muslim yang akan membela. Bahkan bisa jadi mereka yang tak berhijab juga akan membela. Alhasil kita pun bebas berhijab.

Beda ceritanya dengan anak perempuan muslim yang hidup di tengah Islamofobia. Prancis sebagai salah satu negara sekular yang memiliki islamofobia tinggi, telah berhasil mengaduk-aduk perasaan kaum muslimin di sana.

Beberapa waktu terakhir, tagar handsoffmyhijab bermunculan di jagad media. Ada yang tahu alasannya? Sebenarnya, tagar handsoffmyhijab muncul karena muslimah dari berbagai dunia sedang memberikan dukungan kepada saudara kita di Prancis. Di sana, Senat Prancis mengusulkan pelarangan mengenakan hijab pada anak di bawah 18 tahun.

Mereka menilai bahwa hijab yang dikenakan oleh anak di bawah 18 tahun merupakan bentuk pemaksaan. Pandangan ini sesuai dengan asas kebebasan yang mereka anut. Apalagi saat ini di Prancis demam islamofobia masih tinggi.

Meskipun pelarangan ini masih terbatas pada senat, penolakan datang bertubi-tubi dari seluruh penjuru negeri. Mulai dari model muslim, atlet Olimpiade Ibtihaj Muhammad, aktivis perempuan Najwa Zebian, hingga netizen menyuarakan pembelaan mereka.

Memaknai Hijab dengan Benar

Dalam bahasa Arab, hijab artinya penghalang. Berhijab berarti mengenakan sesuatu yang dapat menghalangi pandangan untuk melihat aurat. Nah, kebanyakan orang beranggapan bahwa memakai penutup kepala dengan model apapun sudah dikatakan berhijab.

Pemahaman ini terlihat manakala mayoritas kaum muslimin melakukan protes terhadap larangan berhijab. Mereka mengenakan kerudung dengan berbagai model, bahkan memasukkan kerudung di dalam bajunya sehingga lekuk dadanya kelihatan. Ada juga yang hanya meletakkan kain kerudung di atas kepala.

Melihat semua ini muncul rasa haru. Karena masih ada orang lain yang peduli dengan penderitaan saudara seiman. Tapi, rasa trenyuh juga hadir. Karena masih banyak muslimah yang belum memahami bagaimana menutup aurat sesuai syariat. Kebahagiaan itu muncul saat syu'ur (perasaan) Islam mampu membangunkan kepedulian. Akan tetapi kesedihan juga datang, saat mengetahui banyak muslimah yang belum memahami menutup aurat sempurna.

Mungkin mereka belum tahu atau bahkan sudah tahu, tapi belum ada kemauan. Apapun alasannya, setidaknya ikatan persaudaraan masih ada. Isu islamofobia tak menghantui pikiran mereka dan masih ada keimanan dalam diri.

Namun, kurang sempurnanya cara berhijab tak bisa begitu saja dibiarkan. Sebagai saudara sesama muslim, bukankah tugas kita untuk mengingatkan?

"Barang siapa mengajak kepada kebaikan, maka ia akan mendapat pahala sebanyak pahala yang diperoleh orang-orang yang mengikutinya tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun. Sebaliknya, barang siapa mengajak kepada kesesatan, maka ia akan mendapat dosa sebanyak yang diperoleh orang-orang yang mengikutinya tanpa mengurangi dosa mereka sedikit pun." (HR. Muslim no. 4831)

Berhijab Sesuai Syariat, Bagaimanakah?

Sahabat, bukankah Allah Swt memberikan syariat dalam berpakaian? Sebagaimana Allah Swt telah memberikan aturan syarat sah salat dan rukunnya. Saat melakukan ibadah mahdah ini, seorang muslimah diwajibkan menutup aurat sempurna yaitu seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan. Bagaimana kalau saat salat auratnya kelihatan? Tentu salatnya tidak sah.

Jika saat salat muslimah harus taat menutup aurat sesuai syariat, bagaimana bila mereka selesai salat? Allah Swt memberikan taklif (beban hukum) mengenai menutup aurat tidak hanya ketika salat. Di luar ibadah itu, ketika muslimah ke luar rumah atau berjumpa dengan bukan mahram diwajibkan menutup aurat.

Lantas, bagaimana kriteria menutup aurat yang benar? Cukupkah dengan memakai bandana, selembar kain, kerpus atau kerudung gaul ala sekarang? Sahabat, menutup aurat di tempat umum dan di hadapan bukan mahram itu ada aturannya. Dalam Qur'an Surat An Nur ayat 31, Allah Swt menjelaskan tatacara memakai kerudung.

"Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung."

Menurut penjelasan ayat di atas, memakai kerudung itu sampai menutupi dada. Jadi, lehernya tidak boleh kelihatan, begitu pun rambut, telinga dan dadanya. Apakah dengan memakai kerudung saja cukup? Tentu belum, masih ada syariat lainnya. Apa itu? Tentang perintah mengenakan jilbab, sebuah baju yang bentuknya longgar, tidak potongan, tidak tembus pandang, tidak memperlihatkan lekuk tubuh dan panjangnya sampai menutupi kaki.

"Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS. Al Ahzab : 59)

Jika kedua penutup aurat itu dipakai bersamaan, barulah muslimah dikatakan berhijab secara sempurna. Jadi, sebagai muslimah kita memang harus memberikan pembelaan terhadap saudara yang terzalimi. Tapi, tak cukup hanya kemauan saja, diperlukan pengetahuan yang benar untuk mendukung dan membela mereka. Wallahu'alam. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Masjid ini menjadi pusat kegiatan dakwah, ibadah dan pengajian warga Kampung Warung Gantung Talegong Garut, Jawa Barat. Namun sampai saat ini belum memiliki tempat wudhu. Ayo Wakaf..!!!...

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mushalla Reyot di Pelosok Garut Terancam Roboh, Ayo Bantu.!!!

Mushalla Reyot di Pelosok Garut Terancam Roboh, Ayo Bantu.!!!

Mushalla kayu di pelosok Garut ini menyedihkan. Dindingnya reyot, rapuh, dan keropos bisa roboh setiap saat. Dibutuhkan dana 50 juta rupiah untuk renovasi total bangunan permanen dan diperluas....

Wakaf Air: IDC Salurkan 11 Juta untuk Tandon Air & Perlengkapan Sumur PTQ Az Zuman Klaten

Wakaf Air: IDC Salurkan 11 Juta untuk Tandon Air & Perlengkapan Sumur PTQ Az Zuman Klaten

Program Wakaf Sumur IDC telah menyalurkan dana 11 Juta rupiah untuk kebutuhan tandon air, pompa air dan perlengkapan sumur di Pesantren Tahfidz Quran (PTQ) Az Zuman, Jambu Kulon, Ceper, Klaten....

Latest News
Maraknya Pinjaman Online Ilegal, Waketum PERSIS: Dampak Krisis Ekonomi dan Perilaku Konsumtif

Maraknya Pinjaman Online Ilegal, Waketum PERSIS: Dampak Krisis Ekonomi dan Perilaku Konsumtif

Kamis, 21 Oct 2021 13:14

Ketua Bidgar Ekonomi PP PERSIS: Semua Pihak Harus Bersatu Berantas Pinjol Ilegal

Ketua Bidgar Ekonomi PP PERSIS: Semua Pihak Harus Bersatu Berantas Pinjol Ilegal

Kamis, 21 Oct 2021 13:02

Hanya Satu: Islam

Hanya Satu: Islam

Kamis, 21 Oct 2021 12:55

Rizal Ramli: Kereta Cepat dan Ibu Kota Baru Bukan Prioritas

Rizal Ramli: Kereta Cepat dan Ibu Kota Baru Bukan Prioritas

Kamis, 21 Oct 2021 09:27

HNW Dukung Perkuat Hubungan Indonesia-Turki tapi Tolak  Attaturk Dijadikan Nama Jalan di Jakarta

HNW Dukung Perkuat Hubungan Indonesia-Turki tapi Tolak Attaturk Dijadikan Nama Jalan di Jakarta

Rabu, 20 Oct 2021 22:58

Mungkinkah, Nama Jalan Mustafa Kemal Atuturk Diganti dengan Osman Bey?

Mungkinkah, Nama Jalan Mustafa Kemal Atuturk Diganti dengan Osman Bey?

Rabu, 20 Oct 2021 22:05

Laporan: Facebook Berencana Ubah Nama Untuk Fokus Pada Metaverse

Laporan: Facebook Berencana Ubah Nama Untuk Fokus Pada Metaverse

Rabu, 20 Oct 2021 21:30

Rezim Teroris Assad Bombardir Pasar di Kota Ariha Idlib, 11 Warga Sipil Tewas 35 Lainnya Terluka

Rezim Teroris Assad Bombardir Pasar di Kota Ariha Idlib, 11 Warga Sipil Tewas 35 Lainnya Terluka

Rabu, 20 Oct 2021 21:20

Menkes: Vaksinasi di Indonesia Capai 171,9 Juta Dosis

Menkes: Vaksinasi di Indonesia Capai 171,9 Juta Dosis

Rabu, 20 Oct 2021 21:07

Dewan Da'wah Hadiri Peletakan Batu Pertama Pesantren Cendekia Banyumas

Dewan Da'wah Hadiri Peletakan Batu Pertama Pesantren Cendekia Banyumas

Rabu, 20 Oct 2021 20:17

Keren! Siswa SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Lolos KSN Nasional

Keren! Siswa SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Lolos KSN Nasional

Rabu, 20 Oct 2021 19:59

Wakil Menkeu AS: Taliban Tidak Akan Diizinkan Mengakses Cadangan Devisa Bank Sentral Afghanistan

Wakil Menkeu AS: Taliban Tidak Akan Diizinkan Mengakses Cadangan Devisa Bank Sentral Afghanistan

Rabu, 20 Oct 2021 19:50

Adara Lipatgandakan Kontribusi untuk Palestina dan Indonesia Selama 2021

Adara Lipatgandakan Kontribusi untuk Palestina dan Indonesia Selama 2021

Rabu, 20 Oct 2021 19:28

14 Tentara Suriah Tewas Setelah Bus Yang Mereka Tumpangi Dihantam Bom Pinggir Jalan Di Damaskus

14 Tentara Suriah Tewas Setelah Bus Yang Mereka Tumpangi Dihantam Bom Pinggir Jalan Di Damaskus

Rabu, 20 Oct 2021 18:00

Bulog Merugi, PKS: Sesuai Arahan Presiden Jokowi, Tutup Saja?

Bulog Merugi, PKS: Sesuai Arahan Presiden Jokowi, Tutup Saja?

Rabu, 20 Oct 2021 06:57

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Ustaz Subhi Ajak Siswa Meneladani Nabi

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Ustaz Subhi Ajak Siswa Meneladani Nabi

Rabu, 20 Oct 2021 05:52

Viral! UMKM Terancam Denda Rp 4M, Partai Gelora Angkat Bicara

Viral! UMKM Terancam Denda Rp 4M, Partai Gelora Angkat Bicara

Rabu, 20 Oct 2021 04:48

Dua Riset Santri SMA Ar-Rohmah Putri Tembus Jurnal Internasional

Dua Riset Santri SMA Ar-Rohmah Putri Tembus Jurnal Internasional

Rabu, 20 Oct 2021 03:41

Terduga Pelaku Penghina Suku Betawi Ditangkap, Fahira Idris: Respon Cepat Polri Turunkan Tensi

Terduga Pelaku Penghina Suku Betawi Ditangkap, Fahira Idris: Respon Cepat Polri Turunkan Tensi

Rabu, 20 Oct 2021 02:57

Praktik Baik di Perguruan Muhammadiyah Program Khusus  Kottabarat Layak Dijadikan Contoh

Praktik Baik di Perguruan Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Layak Dijadikan Contoh

Rabu, 20 Oct 2021 02:38


MUI

Must Read!
X