Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.502 views

Longmarch, Cara Hilangkan Rasa Malas pada Santri Akhlak Plus Wirausaha

BANDUNG (voa-islam.com) - Santri Akhlak Plus Wirausaha Angkatan ke 38, sedang menjalani masa orientasi atau perkenalan lingkungan dan budaya Daarut Tauhiid (DT), mulai dari Rabu (11/9), hingga Rabu (18/9).

Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah longmarch, yaitu berjalan kaki dengan jarak yang jauh, yaitu dari lapangan parkir DT yang berada di Jalan Gegerkalong Girang, hingga ke Eco Pesantren yang berada di Jalan Cigugur Girang, Kecamatan Parompong, Kabupaten Bandung Barat. Total jarak yang ditempuh ialah 7 kilometer.

Sebelum melakukan longmarch, tim pelatih dari Santri Siap Guna (SSG) mengarahkan para santri yang berjumlah 46 orang, terdiri dari 27 ikhwan dan 19 akhwat, untuk melakukan pemanasan. Tujuannya untuk menghindari cedera pada saat perjalanan. Selain melakukan pemanasan, tim pelatih pun mengingatkan agar para santri agar senantiasa berzikir, meminta perlindungan dan pertolongan kepada Allah di setiap waktu.

Ahmad, Pelatih SSG mengungkapkan, tujuan dilakukannya longmarch adalah mendobrak kebiasaan-kebiasaan buruk yang ada di dalam diri setiap santri.

"Seperti rasa malas, takut, egois, serta melatih kebersamaan, kepedulian dan kepekaan,” tuturnya.

“Seperti tadi ada santri ikhwan yang merasa tidak kuat untuk berjalan jauh, dan takut penyakitnya kambuh. Setelah kami cek kondisinya, dan terus diberikan motivasi, akhirnya beliau bisa menyelesaikan sampai akhir. Lain halnya dengan santri akhwat yang memang memiliki penyakit asma, yang lupa membawa obat. Tim medis kami yang stand by bersama ambulance langsung melakukan pertolongan pertama, dan tidak memaksakan kondisinya untuk terus berjalan,” jelasnya.

Selain Longmarch, kegiatan selanjutnya adalah Games Character Building yang dilakukan bersama Ustaz Adrianto, atau biasa dipanggil Mr.Q. Ia membagi santri ikhwan dan akhwat, masing-masing menjadi dua kelompk. Satu kelompok bertugas menjatuhkan diri, dan kelompok yang lain bagian menangkap. Tujuan games ini ialah melatih kepercayaan terhadap sesama teman.

Games selanjutnya adalah memperebutkan bola yang terbuat dari kertas. Santri dibagi menjadi lima kelompok. Masing-masing kelompok mengumpulkan bola dari kelompok lawan dengan berbagai macam cara. Mulai dari saling merebut, membiarkan kelompok lain mengambil, hingga memberikan dengan sukarela.

“Permainan ini adalah simulasi kehidupan sehari-hari, di mana kebanyakan manusia terkadang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan keinginannya, dan merasa puas ketika apa yang dimiliki lebih banyak dari orang lain. Maka, di Daarut Tauhiid ini, teman-teman harus menghilangkan sifat tersebut,” tutur Mr. Q.

Rangkaian kegiatan ditutup dengan salat zuhur berjamaah, makan siang bersama, dan terakhir perenungan dari tim pelatih. Setiap santri ditanya tentang hikmah yang bisa diambil selama mengikuti kegiatan.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X