Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.308 views

Amalmu Bukti Aqidahmu

 
Oleh: Muji S.pd (Pendidik. Anggota Pengajian Aonitat Magetan)
 
Ketidakpahaman kaum muslimin terhadap jatidirinya sebagai seorang muslim, membuat sebagian besar kaum muslim dalam menjalani kehidupan mereka dengan gambaran kehidupan yang tidak jelas dan tidak terarah.
 
Contohnya saja ketika perayaan Natal,  banyak kaum muslimin yang mengucapkan selamat hari natal kepada kaum nasrani. Bahkan ada juga umat islam yang ikut merayakan hari natal. Di samping itu ada umat islam yang malah membantu untuk menyiapkan dan memperlancar jalannya natal.
 
Contoh lain yang sering kita lihat yaitu ketika perayaan tahun baru masehi, banyak umat islam yang mempersiapkan berbagai cara bahkan rela untuk mengorbankan harta, jati diri, maupun agama untuk menyambut dan merayakan pergantian tahun baru masehi yang notabene bukan berasal dari islam.
 
Bukankah Rasulullah saw telah bersabda "sungguh kalian akan mengikuti jalan - jalan orang sebelum kalian sejengkal demi sejengkal dan sehasta demi sehasta sampai jika orang - orang yang kalian ikuti itu masuk ke lubang dhob (yang sempit swkalipun) pasti kalianpun akan mengikutinya " kami (para sahabat) berkata, "wahai Rasulullah,apakah yang diikuti itu adalah yahudi dan nasrani ? Beliau menjawab,  "Lantas siapa lagi? " (HR. muslim no.2679). 
 
Selain itu dari Ibnu Umar, Nabi d halal allahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Barang siapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk bagian dari mereka " (HR. Ahmad 2:50 dan Abu Daud no. 4031)
 
Amal/perbuatan seseorang sejatinya menunjukkan pemahaman seseorang terhadap suatu perkara. Ketika seseorang memiliki pemahaman yang berbeda terhadap suatu perkara yang sama, maka berbeda pula seseorang dalam menyikapinya dan dan mengambil tindakan, inilah yang menunjukkan aqidah seseorang. 
 
Aqidah, dalam bahasa arab berasal dari lafadz 'aqada ya'qidu 'aqidatan. yang berarti ma'qudah (sesuatu yang diikat), sesuatu yang diyakini oleh kalbu (wijdan) dan terima oleh akal pikiran.
 
Sedangkan aqidah dalam konteks islam didefinisikan sebagai pemikiran yang menyeluruh mengenai manusia, kehidupan, serta hubungan diantara semaunya dengan apa yang ada sebelum kehidupan (Pencipta) dan setelah kehidupkan (hari kiamat ), serta mengenai hubungan semuanya dengan apa yang ada sebelum dan setelah kehidupan  (syariat dan hisab), yang diyakini oleh kalbu (wijdan) dan diterima oleh akal, sehingga menjadi pembenaran  (keyakinan) yang bulat, sesuai dengan realitas  (yang diimani) dan bersumber dari dalil (penj.  diskursus islam politik dan spiritual hal 114).
 
1) Seseorang yang beraqidah sekuler yaitu memisahkan agama dari kehidupan, pada hakekatnya mereka mengakuai akan adanya agama. Ia meyakini bahwa dunia, alam semesta, dan kehidupan ini ada yang menciptakan. pencipta itu ada. Allah itu ada. Ia pun yakin adanya akirat.
 
Namun ia berkeyakinan bahwa sang pencipta hanya bertugas menciptakan saja. Tidak berhak mengatur. urusan dunia menurut mereka harus diatur sendiri oleh manusia. Allah dalam keyakinannya, tidak menurunkan aturan apapun untuk mengatur seluruh bidang kehidupan manusia. Allah hanya menurunkan aturan dan tatacara ibadah ritual yang mengatur manusia denganNya.
 
Mereka berkeyakinan bahwa agama harus dipisahkan dari kehidupan masyarakat dan negara. agama hanya mengurusi masalah ritual dan etika semata. Sehingga mereka bebas berbuat sekehendaknya. 
 
2. Seseorang yang beraqidah sosialis berarti mereka tidak meyakini adanya Sang Pencipta  (al khaliq), tidak meyakini adanya akhirat,  tidak meyakini adanya pembalasan. Ia meyakini bahwa hidup hanya sekali, di dunia ini. Ia pun merah bebas hidup di dunia dalam menentukan apa saja yang akan ia lakukan. Yang penting ia suka dan mau. pemikiran yang ada di akal dan hatinya inilah yang memimpinnya untuk bersikap dan berbuat. mereka berkeyakinan bahwa yang ada hanyalah yang bersifat materi saja. 
 
3. Sedangkan seseorang yang beraqidah islam berkeyakinan bahwa yang ada di alam ini di ciptakan oleh Allah swt. (Q.S. Thaha  20:14 dan Al Baqarah 2 :22). Allah menurunkan aturan, perintah dan larangan yang termaktub di dalam wahyu yang diturunkanNya sebagai aturan kehidupan.
 
Allah sajalah yang berhak menentukan hukum dan aturan bagi manusia (Q.s. Al Baqarah 2:2, al Qadr 97:1 an Nah 16:103 yang dibawa oleh Rasulullah  (Q.s.  Al Fath 48:28, 29;  Ash Shaf 61:9). Semua yang ada di dalam Al Quran harus diikuti  (Q.s.  Al Hasyr 59:7). Pada hari kiamat manusia akan dibangkitkan dan dihisab seluruh perbuatannya yang dilakukan di dunia ini (Q.s.  Al Mukmin 23:16 ; ar Ra'du 13:40).
 
Manusia di masukkan oleh Allah SWT ke surga dan ada juga yang ke neraka (Q.s.  Al Baqarah 2:25 ; ad Dukhan 44: 51-55 ; al Waqiah 55: 41-43). tugas manusia hanyalah untuk beribadah dalam arti luas (Q.s.  adz Dzariyat 51:56). Yang oleh Muhammad Quthub dalam bukunya mafahim yanbaghi an tushohah dimaknai sebagai taat kepada Allah, tunduk dan patuh kepadaNya serta terikat dengan aturan- aturan islam dalam segala aspek kehidupan. Maka orang yang berpegang kepada aqidah islam akan senantiasa terikat dengan aturan - aturan islam. 
 
Dengan demikian jelaslah bahwa seseorang yang sejatinya muslim tetapi tidak mau terikat dengan aturan Allah, bebas berbuat semaunya sendiri, meskipun dia muslim jelaslah aqidah mereka bukan islam. 
 
Seorang muslim hendaknya memiliki kepribadian  (syakhsiyah) islam. Kepribadian islam terbentuk dari pola pikir (aqliyah) islam dan pola sikap (nafsiyah) Islam.
 
Pola pikir islami adalah pola pikir yang senantiasa disandarkan pada syariat islam. sedangkan pola sikap Islami adalah sikap seseorang yang ketika hendak melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan jasmani dan nalurinya  senantiasa disandarkan pada islam  (syariat ialam). Dan inilah yang seharusnya dilakukan oleh seorang muslim. [syahid/voa-islam.com]
 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Lahir Prematur, Anak Ustadz Pesantren Kritis di Rumah Sakit. Ayo Bantu.!!!

Lahir Prematur, Anak Ustadz Pesantren Kritis di Rumah Sakit. Ayo Bantu.!!!

Sudah 6 hari Kamilah tergolek kritis di rumah sakit. Terlahir prematur nafasnya terganggu, paru-paru belum sempurna, dan infeksi darah. Ustadz Fadhil, sang ayah adalah guru pesantren dan aktivis...

IDC Tuntas Bangun Mushalla Korban Gempa Banjarnegara, Donasi 74 Juta Rupiah Sudah Disalurkan

IDC Tuntas Bangun Mushalla Korban Gempa Banjarnegara, Donasi 74 Juta Rupiah Sudah Disalurkan

Alhamdulillah... Mushalla Al-Muhaimin Kasinoman korban gempa Banjarnegara, kembali berdiri dengan gagah setelah dibangun dari program Wakaf IDC sebesar 74 juta rupiah...

Nasruddin, Remaja Yatim Kritis Dibacok Preman Tak Dikenal. Ayo Bantu.!!!

Nasruddin, Remaja Yatim Kritis Dibacok Preman Tak Dikenal. Ayo Bantu.!!!

Anak yatim ini kritis tak sadarkan diri dibacok preman tak dikenal saat bekerja sebagai penjaga warnet. Tubuhnya terkapar tak sadarkan diri, bersimbah darah terluka parah di bagian leher, punggung,...

Sopir Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Magelang Digerogoti Tumor Usus. Ayo Bantu..!!

Sopir Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Magelang Digerogoti Tumor Usus. Ayo Bantu..!!

Mantan preman yang jadi sopir pesantren ini tak bisa lagi mengantar jemput santri, para guru dan ustadz pesantren. Menderita tumor usus stadium 4, ia butuh biaya transport dan obat-obatan kemoterapi....

Terancam Roboh, Mushalla Al-Fatihah Butuh Renovasi Total. Ayo Bantu Sedekah Jariyah.!!!

Terancam Roboh, Mushalla Al-Fatihah Butuh Renovasi Total. Ayo Bantu Sedekah Jariyah.!!!

Kondisi mushalla di pelosok Tasikmalaya ini sangat memprihatinkan, reyot dan tidak layak. Dihantam longsor, rusakanya semakin parah dan terancam roboh. Dibutuhkan dana 55 juta rupiah untuk renovasi...

Latest News
Papua Membara; Kedaulatan Meregang!

Papua Membara; Kedaulatan Meregang!

Jum'at, 23 Aug 2019 01:44

India Gunakan Lagu-lagu Patriotisme Pop Desak Umat Hindu untuk Klaim Kashmir

India Gunakan Lagu-lagu Patriotisme Pop Desak Umat Hindu untuk Klaim Kashmir

Kamis, 22 Aug 2019 22:03

Suriah Klaim Buka Koridor Kemanusiaan Bagi Warga Sipil yang Melarikan Diri dari Idlib

Suriah Klaim Buka Koridor Kemanusiaan Bagi Warga Sipil yang Melarikan Diri dari Idlib

Kamis, 22 Aug 2019 21:59

PM Pakistan: Tidak Ada Gunanya Dialog dengan India Terkait Kashmir

PM Pakistan: Tidak Ada Gunanya Dialog dengan India Terkait Kashmir

Kamis, 22 Aug 2019 21:55

Pasukan GNA Rebut Kembali Posisi-posisi Penting di Selatan Ibukota Tripoli dari Milisi Haftar

Pasukan GNA Rebut Kembali Posisi-posisi Penting di Selatan Ibukota Tripoli dari Milisi Haftar

Kamis, 22 Aug 2019 21:45

HRW Minta Myanmar dan Bangladesh Batalkan Pemulangan Rohingya ke Rakhine

HRW Minta Myanmar dan Bangladesh Batalkan Pemulangan Rohingya ke Rakhine

Kamis, 22 Aug 2019 21:15

Turki-AS Setuju untuk Luncurkan Fase Pertama Rencana Zona Aman Suriah

Turki-AS Setuju untuk Luncurkan Fase Pertama Rencana Zona Aman Suriah

Kamis, 22 Aug 2019 20:53

Pengungsi Rohingya: Lebih Baik Mati Daripada Dipulangkan ke Myanmar

Pengungsi Rohingya: Lebih Baik Mati Daripada Dipulangkan ke Myanmar

Kamis, 22 Aug 2019 20:45

Penyerangan Imam Musthafa Terhadap Aparat Polisi di Mapolsek Wonokromo Aksi Terorisme?

Penyerangan Imam Musthafa Terhadap Aparat Polisi di Mapolsek Wonokromo Aksi Terorisme?

Kamis, 22 Aug 2019 20:45

AS: Kekerasan Brutal di Suriah Harus Dihentikan

AS: Kekerasan Brutal di Suriah Harus Dihentikan

Kamis, 22 Aug 2019 18:54

Peran Ibu dalam Mendidik Anak

Peran Ibu dalam Mendidik Anak

Kamis, 22 Aug 2019 18:22

Rezim Assad yang Didukung Rusia Mengepung Barat Laut Suriah

Rezim Assad yang Didukung Rusia Mengepung Barat Laut Suriah

Kamis, 22 Aug 2019 17:50

NATO: 2 Tentara AS Terbunuh di Afghanistan

NATO: 2 Tentara AS Terbunuh di Afghanistan

Kamis, 22 Aug 2019 17:43

Ikuti Workshop Quantum Secret, Solusi Tarik Rizki yang Sempit

Ikuti Workshop Quantum Secret, Solusi Tarik Rizki yang Sempit

Kamis, 22 Aug 2019 17:08

PromoBox : Template Desain Keren dengan Teks Iklan Menjual, Pre Order Now!

PromoBox : Template Desain Keren dengan Teks Iklan Menjual, Pre Order Now!

Kamis, 22 Aug 2019 17:00

PBB Peringatkan 3 Juta Orang Berisiko Terkena Serangan di Barat Laut Suriah

PBB Peringatkan 3 Juta Orang Berisiko Terkena Serangan di Barat Laut Suriah

Kamis, 22 Aug 2019 16:37

Ekonom Abdalla Hamdok Jadi PM Sudan yang Baru dari Warga Sipil

Ekonom Abdalla Hamdok Jadi PM Sudan yang Baru dari Warga Sipil

Kamis, 22 Aug 2019 16:29

Soal UAS dan FPI, HNW Tegur Media Ini Berkali-kali

Soal UAS dan FPI, HNW Tegur Media Ini Berkali-kali

Kamis, 22 Aug 2019 15:15

Memperbaiki Negara Kita Agar Lebih Baik

Memperbaiki Negara Kita Agar Lebih Baik

Kamis, 22 Aug 2019 15:00

Pidato Jokowi Dikritik karena Tak Singgung Perdagangan Orang

Pidato Jokowi Dikritik karena Tak Singgung Perdagangan Orang

Kamis, 22 Aug 2019 14:15


Gamis Syari Cantik Murah Terbaru

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X