Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.902 views

Anies Baswedan Dinilai Obati Kegalauan Budayawan di Tanah Air

JAKARTA (voa-islam.com)--Budayawan dan sastrawan Indonesia sempat galau saat mendengar kabar pembangunan Taman Ismail Marzuki (TIM). Hal yang membuatnya galau tentang keberadaan toko buku penyair terkenal Indonesia, Jose Rizal Manua yang berada di pusat kesenian dan kebudayaan yang berlokasi di Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat ini.

Bagi budayawan dan seniman, keberadaan toko buku Jose Rizal Manua sangat berharga. Namun, dalam rencana pembangunan TIM, ada surat dari Dinas Pariwisata DKI Jakata yang menggusurnya.

Iving A. Chevny menceritakan kegalauan dari budayawan dan sastrawan ini. Suatu saat, Iving mendapat pesan WhatsApps dari sang pujangga Kalimantan Timur, Amien Wangsitalaja.

“Dalam pesan WA itu, Amien melampirkan surat dari Dinas Pariwisata DKI tentang persiapan pembangunan Taman Ismail Marzuki. Tentunya akan menyangkut keberadaan unit-unit bisnis di sekitar TIM,” katanya kepada KBA News di Yogyakata, Rabu, 3 Agustus 2022.

Iving mengatakakan, dalam pesan WA itu, Amien berfokus tentang keberadaan usaha toko buku penyair terkenal Indonesia, Jose Rizal Manua. “Mas, bisa dibantu enggak untuk keberadaan toko buku Jose? Bisa disampaikan ke Anies (Gubernur DKI Jakarta) masalah ini?” tanya Amien dalam pesannya.

“Siaap perintah. Akan aku sampaikan segera, Mien,” jawab Iving yang merupakan teman karib Anies Baswedan semasa kuliah di UGM Yogyakarta.

Iving segera mengirimkan surat dari Dinas Pariwisata DKI kepada Gubernur DKI Anies Baswedan dengan penjelasan bahwa ada suara dari para penyair tentang masalah toko buku Jose Rizal Manua.

“Karena malam hari agak enggak enak juga kirim pesan ke Mas Gub. Bisa-bisa mengganggu tidurnya. Juga aku memang jarang berkirim WA dengannya. Ternyata, enggak sampai 1 menit, Anies Baswedan, Mas Gub DKI, menjawab pesanku,” kata Iving.

“Ving, aku urus segera. 10 menit lagi aku call.” begitu pesan dari Anies.

Belum sepuluh menit, ponselku berbunyi. Rupanya dari Mas Gub DKI. “Ving, sudah, beres. Insha Allah masalah Jose Rizal Manua, aman. Kami akan bantu dan harus dibantu,” ujar Iving menirukan ucapan Anies dalam pesannya.

Anies Baswedan mampu meredakan bahkan menghilangkan kegalauan seniman dan budayawan Nusantara. “Aku mengucapkan terima kasih pada Mas Gub.  kemudian aku sampaikan ke Amien, bahwa Anies akan menyelesaikannya,” katanya.

Iving mengatakan, dari pengalaman ini, membuktikan Anies sosok pemimpin yang peduli dengan keberadaan seni dan budaya di Indonesia. Anies ingin budayawan, seniman, dan pujangga terus berkarya. “Oh ya, toko buku Jose Rizal Manua menjadi referensi para budayawan,” ungkapnya.

Alumnus Fakultas Geologi UGM Yogyakarta ini pun akhirnya ingat sosok Anies ini memang dibesarkan dalam keluarga yang punya darah budayawan. Dalam diri Anies mengalir jiwa budayawan.

“Kakeknya itu selain Pahlawan Nasional juga jurnalis, penulis dan seniman. Pamannya Anies, Samhari Baswedan juga dedengkot seniman teater hebat, beliau yang pertama kali pentas di UGM,” jelasnya.*

Sumber

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Politik Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X