Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.213 views

Kilang Minyak Cilacap Terbakar, Legislator PKS Minta Investigasi Menyeluruh

JAKARTA (voa-islam.com)--Insiden kebakaran hebat kembali terjadi di area Kilang Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap, Jawa Tengah. Sabtu (13/11/2021) pukul 19.30 WIB, dan melalap satu satu tangki berisi BBM Pertalite.

Peristiwa kebakaran ini merupakan yang kedua terjadi di Kilang Pertamina Cilacap pada tahun ini, setelah sebelumnya terjadi Jumat (11/6/2021) pukul 19.45 WIB pada tangki yang berisi benzene.

Anggota FPKS DPR RI Komisi VII Rofik Hananto meminta untuk tim investigasi serta pertanggungjawaban kepada korban jiwa maupun yang terdampak dari pihak pemerintah atas kasus kebakaran kilang minyak di Cilacap.

“Fraksi PKS meminta investigasi secara menyeluruh dan kalau ada korban jiwa, meminta Pertamina bertanggung jawab secara materiil dan immateriil,” imbuhnya.

Menurut Politisi PKS tersebut, diperlukan tim investigasi menyeluruh terhadap kasus kebakaran kilang mengingat hal ini terus terjadi.

“Menyesalkan insiden terbakarnya tangki kilang yang terus berulang dalam waktu berdekatan. Hal ini memberikan kesan tidak ada keseriusan dan pembelajaran yang didapatkan atas kejadian sebelumnya.”

“Perlu tim investigasi yang dibentuk khusus mengingat kejadian kebarakan kilang ini sudah sering terjadi,” tuturnya.

Lebih lanjut, hal ini menurutnya dapat berdampak pada proses upaya pemerintah membangun kilang baru.

“Sekian banyak proyek baru kilang minyak banyak yang tertunda, sementara kilang yang eksisting mengalami kebakaran. Semua ini menambah panjang daftar problem dalam sistem energi kita,” ucap Aleg dari Dapil Jawa Tengah VII tersebut.

Rofik menyebutkan problem sistem energi Indonesia antara lain ketergantungan yang semakin besar pada impor, lifting minyak yang terus menurun serta konsumsi BBM yang terus meningkat.

Hal ini menurutnya merupakan dampak dari melemahnya ketahanan energi nasional, salah satunya disebabkan oleh kebakaran kilang minyak.

“Akses masyarakat terhadap BBM sangatlah penting, pemerintah kali ini harus benar-benar menuntaskan masalah kebakaran ini,” tegasnya.

Sebagai catatan, kasus kebakaran kilang minyak Cilacap merupakan kasus yang terjadi kedua kalinya.

Kasus pertama terjadi pada kilang minyak Balongan, Indramayu pada Senin dinihari (29/03/2021).

Kasus tersebut dinyatakan disebabkan oleh adanya sambaran petir. Belum ada keterangan lebih lanjut mengenai penyebab terbakarnya kilang minyak Cilacap.

Menurut saksi setempat, sebelum terjadinya kebakaran sempat terdengar suara dentuman kencang diduga petir.

Belum jelas apakah ada korban jiwa atau tidak dalam insiden kebakaran besar tersebut.

Saat terjadi kebakaran hebat, tampak suasana di Kota Cilacap, termasuk di lingkungan Kilang RU IV Cilacap dalam keadaan hujan lebat.*[Ril/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Politik Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X