Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.546 views

Inilah 8 Kecerdasan pada Anak, yang Manakah Bakat Putra Anda?

 

Oleh: Euis Hamidah

Dalam istilah pendidikan, anak dimaknai sebagai bibit. Di mana bibit ini harus ditanam di tanah yang subur, dirawat dengan baik, diperhatikan nutrisi kandungan tanah, pupuk, serta dibebaskan dari segala hama yang mengganggu laju pertumbuhan tanaman tersebut. Sama halnya dengan anak. Ia harus kita perhatikan di mana ia tumbuh, rawat dengan baik, penuhi segala nutrisinya, dan jaga ia dengan sebaik mungkin. Agar segala perkembangannya dapat berkembang dengan maksimal.

Adapun dalam Islam, anak diibaratkan seperti kertas putih (tabula rasa), kita orang tuanyalah yang akan memberikan goresan-goresan berwarna di atas kertas tersebut. Sebagaimana yang Rasulullah SAW sabdakan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, yang artinya : “Dari Abu Hurairah r.a. Rasulullah S.a.w bersabda : ‘Setiap anak dilahirkan dalam kondisi fitrah (suci) kedua orang tuanyalah yang menjadikannya Yahudi, Nasrani, atau Majus’i.” (H.R. Bukhari Muslim)

Maka dari itu, kita sangatlah penting untuk memberikan warna-warna yang baik atau positif kepada anak, agar kelak ia hidup menjadi insan yang beraklak mulia. Tentu menjadi impian semua orang tua memiliki anak yang cerdas dalam pengetahuan, sopan dalam adab atau akhlak, serta berpegang teguh pada agama yang kuat. Semua itu dapat orang tua upayakan saat anak masih dalam usia golden age atau usia emas, yaitu usia 0-6 tahun. Di mana pada periode tersebutlah proses merawat, menanam, menjaga, dan memberi nutrisi harus dilakukan dengan sebaik-baiknya.

Memiliki seorang anak yang cerdas dan pintar pada masa sekarang sangatlah membanggakan. Namun, tak sedikit orang tua yang salah kaprah. Mereka memandang kecerdasan anak hanya dalam segi intelektual atau kognitif (pengetahuan) saja. Banyak sekali orang tua yang menuntut anaknya untuk memiliki nilai yang tinggi, sehingga menjadikan anak ambisius untuk mendapat nilai tertinggi di kelasnya. Tak jarang pula, anak melakukan hal-hal yang melanggar norma demi mendapatkan nilai yang tinggi hanya untuk memenuhi kehendak orang tuanya.

Ketahuilah wahai Ayah dan Bunda! Kecerdasan anak bukan hanya intelektual atau kognitif saja, namun terdapat 8 tipe kecerdasan yang lainnya (kecerdasan majemuk) yang dimiliki oleh setiap anak atau individu. Di mana ke-8 kecerdasan ini saling bekerja sama satu sama lain membentuk potensi yang berbeda pada setiap anak.

Intelligensi biasanya dikenal dengan istilah kecerdasan. Menurut  Steven J. Gould dari Harvard (1994) kecerdasan adalah kapasitas mental umum yang meliputi kemampuan untuk memberikan alasan, membuat rencana, memecahkan masalah, berpikir abstrak, menghadapi ide yang kompleks, belajar dari pengalaman, dan dapat diukur dengan tes IQ yang tidak dipengaruhi oleh budaya dan genetik yang berperan besar.

Sedangkan menurut Anita E. Woolfolk, kecerdasan meliputi 3 pengertian, yaitu : kemampuan untuk belajar; keseluruhan pengetahuan yang diperoleh; dan kemampuan untuk beradaptasi dengan situasi baru atau lingkungan pada umumnya. Jadi, kecerdasan tidak hanya masalah intelektual atau kognitif saja. Namun kecerdasan adalah kemampuan mental yang melibatkan proses berpikir rasional, sehingga intelligensi tidak dapat diukur secara langsung, melainkan disimpulkan dari berbagai tindakan langsung yang merupakan implementasi dari proses berpikir rasional tersebut.

Teori kecerdasan majemuk ini ditemukan oleh Howard Gardner. Lahir di Pennsilvania, pada 11 Juli 1943. Beliau mengemukaan bahwa kecerdasan adalah suatu kumpulan kemampuan atau keterampilan yang dapat ditumbuh-kembangkan. Secara umum, setiap individu memiliki 8 macam kecerdasn, yaitu :

  1. Kecerdasan Linguistik, berkaitan dengan kemampuan menggunakan kata-kata secara efektif, baik secara lisan maupun tulisan. Serta berkaitan dengan penggunaan dan pengembangan bahasa secara umum.
  2. Kecerdasan Logika-Matematika, berkaitan dengan kemampuan seseorang dalam berpikir dan menyusun solusi (jalan keluar) dengan urutan yang logis (masuk akal) untuk memecahkan suatu masalah. Biasanya orang dengan kecerdasan logika-matematika menyukai hal-hal yang berkaitan dengan angka, urutan, logika, dan keteraturan.
  3. Kecerdasan Visual-Spasial, berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk melihat dan mengamati dunia visual (gambar) dan spasial (ruang) secara akurat (cermat). Juga melibatkan kemampuan seseorang untuk melihat objek dari berbagai sudut pandang.
  4. Kecerdasan Kinestetik, berkaitan dengan kemampuan seseorang dalam menggunakan tubuh secara terampil untuk mengungkapkan ide, pemikiran, dan perasaan. Kecerdasan ini pula meliputi keterampilan fisik dalam bidang, koordinasi, keseimbangan, daya tahan, kekuatan, kelenturan, dan kecepatan.
  5. Kecerdasan Musikal, berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk menikmati, mengamati, membedakan, mengarang, membentuk, dan mengekspresikan bentuk-bentuk musik. Meliputi kepekaan terhadap ritme, melodi, dan timbre dari musik yang didengar.
  6. Kecerdasan Interpersonal, berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk mengerti dan menjadi peka terhadap perasaan, intensi, motivasi, watak, tempramen, serta gerakan tubuh orang lain. Berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk menjalin relasi dan komunikasi dengan berbagai orang.
  7. Kecerdasan Intrapersonal, berkaitan dengan kemampuan seseorang yang berhubungan dengan kesadaran dan pengetahuan tentang diri sendiri serta kemampuan untuk bertindak secara adaptatif berdasar pengenalan diri itu, dapat memahami kekuatan dan kelemahan diri sendiri, mampu memotivasi dirinya sendiri, dan melakukan disiplin diri.
  8. Kecerdasan Nauralis, berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk mengenali, membedakan, mengungkapkan, dan membuat kategori terhadap apa yang dijumpai di alam maupun di lingkungan.

Ke-delapan tipe kecerdasan ini saling berkaitan satu sama lain, dan memiliki waktu berkembang yang berbeda pada setiap individu. Ada individu yang tinggi dalam semua tipe kecerdasan, namun ada juga yang tidak. Biasanya setiap individu memiliki 2 sampai 3 tipe kecerdasan yang menonjol dalam dirinya.

Sedangkan dalam Islam, kecerdasan berkaitan dengan orang yang mau mengoreksi dirinya sendiri, sebagaimana yang Rasulullah SAW sabdakan dalam sebuah hadits yang artinya : “Orang yang cerdas adalah orang yang mau mengoreksi dirinya dan berbuat untuk kehidupan setelah kematian.” (H.R. Tirmidzi)

Manusia sebagai makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT dikaruniai akal pikiran. Sehingga dengan akal pikiran tersebut manusia dapat berpikir sehingga menjadi cerdas. Nah kecerdasan inilah dalam islam berkaitan sangat erat dengan rasa keimanan dan tidak akan hadir rasa takut (khasyah) kepada Allah SWT melaikan orang-orang yang berilmu sebagaima yang tercantum dalam Q.S. Az-Zumar ayat 9. (republika.co.id/)

Maka dari itu, kita sebagai individu yang dianugerahi 8 tipe kecerdasan, tidak boleh membatasi kecerdasan dalam hal intelektual atau kognitif saja. Tetapi yang harus kita tekankan sebagai seorang muslim, tipe kecerdasan apapun yang dimiliki harus dapat menambah rasa iman dan takut kita kepada Allah SWT. Jadi, tidak ada anak yang bodoh! Semua anak itu cerdas dan unik dengan potensinya masing-masing. Wallahu alam. (rf/voa-islam.com)

Sumber :

“Kecerdasan Majemuk (Muliple Intelligences)” oleh Kriesna Kharisma Purwanto, M.Pd.

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News
Makan Gila di Kedai Pause Rawamangun dipindah Pelayan yang tidak ramah

Makan Gila di Kedai Pause Rawamangun dipindah Pelayan yang tidak ramah

Senin, 03 Oct 2022 14:19

The Worldview of Islam: Kacamata Jernih Muslim Memandang Dunia

The Worldview of Islam: Kacamata Jernih Muslim Memandang Dunia

Senin, 03 Oct 2022 13:30

Dokter Paru: Rokok Elektrik Bukan Rokok yang Sehat

Dokter Paru: Rokok Elektrik Bukan Rokok yang Sehat

Senin, 03 Oct 2022 12:44

NasDem Umumkan Anies Baswedan sebagai Capres

NasDem Umumkan Anies Baswedan sebagai Capres

Senin, 03 Oct 2022 11:17

Tragedi Kanjuruhan, Haedar Nashir: Satu Jiwa Saja Sangat Berharga yang Harus Dijaga

Tragedi Kanjuruhan, Haedar Nashir: Satu Jiwa Saja Sangat Berharga yang Harus Dijaga

Senin, 03 Oct 2022 09:31

Tenaga Ahli DPR RI Ajak Melek Menulis Berita

Tenaga Ahli DPR RI Ajak Melek Menulis Berita

Senin, 03 Oct 2022 07:38

Mari Bantu Operasional Dakwah Media Voa Islam

Mari Bantu Operasional Dakwah Media Voa Islam

Senin, 03 Oct 2022 07:13

Dokter Ungkap Syarat untuk Turunkan Kasus Kanker di Indonesia

Dokter Ungkap Syarat untuk Turunkan Kasus Kanker di Indonesia

Senin, 03 Oct 2022 06:41

JAS: Sepak Bola Harus Menjadi Hiburan Bukan Menjadi Tragedi yang Memilukan

JAS: Sepak Bola Harus Menjadi Hiburan Bukan Menjadi Tragedi yang Memilukan

Ahad, 02 Oct 2022 21:55

Saudi Bebaskan Peziarah Iran Yang Ditangkap Saat Pelaksanaan Ibadah Haji 2022 Lalu

Saudi Bebaskan Peziarah Iran Yang Ditangkap Saat Pelaksanaan Ibadah Haji 2022 Lalu

Ahad, 02 Oct 2022 21:45

Gugatan PT 20% Ditolak MK, Sekjen PKS: Kami Hormati, Meskipun Sangat Kecewa

Gugatan PT 20% Ditolak MK, Sekjen PKS: Kami Hormati, Meskipun Sangat Kecewa

Ahad, 02 Oct 2022 21:44

PKS Terbuka Menerima Nasihat Dari Tokoh dan Ormas Islam

PKS Terbuka Menerima Nasihat Dari Tokoh dan Ormas Islam

Ahad, 02 Oct 2022 21:32

Bangun Pagi Bisa Tingkatkan Metabolisme dan Cegah Penyakit Kronis

Bangun Pagi Bisa Tingkatkan Metabolisme dan Cegah Penyakit Kronis

Ahad, 02 Oct 2022 21:23

Pengguna Medsos di Indonesia 191 Juta, MUI Sulsel Ajak Muballigh Giatkan Dakwah Digital

Pengguna Medsos di Indonesia 191 Juta, MUI Sulsel Ajak Muballigh Giatkan Dakwah Digital

Ahad, 02 Oct 2022 21:20

Media Harus Siap Bertransformasi di Era Digital untuk Tetap Bertahan

Media Harus Siap Bertransformasi di Era Digital untuk Tetap Bertahan

Ahad, 02 Oct 2022 21:17

Zelensky: Kota Lyman Telah 'Sepenuhnya Dibersihkan' Dari Pasukan Rusia

Zelensky: Kota Lyman Telah 'Sepenuhnya Dibersihkan' Dari Pasukan Rusia

Ahad, 02 Oct 2022 20:25

Tragedi Kanjuruhan, Ini Penjelasan Dosen Universitas Muhammadiyah Surabaya Soal Bahaya Gas Air Mata

Tragedi Kanjuruhan, Ini Penjelasan Dosen Universitas Muhammadiyah Surabaya Soal Bahaya Gas Air Mata

Ahad, 02 Oct 2022 15:45

Presiden Jokowi Perintahkan Kapolri Usut Tragedi Kanjuruhan

Presiden Jokowi Perintahkan Kapolri Usut Tragedi Kanjuruhan

Ahad, 02 Oct 2022 15:09

Tragedi Kanjuruhan Tewaskan Ratusan Jiwa, Ustaz Bachtiar Nasir Sampaikan Belasungkawa

Tragedi Kanjuruhan Tewaskan Ratusan Jiwa, Ustaz Bachtiar Nasir Sampaikan Belasungkawa

Ahad, 02 Oct 2022 10:26

Isu Bjorka Diburu, Kasus Sambo Jangan Dinego

Isu Bjorka Diburu, Kasus Sambo Jangan Dinego

Ahad, 02 Oct 2022 09:38


MUI

Must Read!
X