Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.682 views

Ibunda Sarah, Cerminan Kecantikan yang Hakiki

 

Oleh:

Dian Salindri || Anggota Komunitas Muslimah Menulis Depok

 

SEPERTI menjadi sebuah tradisi di setiap penghujung tahun, media massa akan melakukan polling untuk mendapatkan siapa manusia ‘ter-’ sepanjang tahun. Tercantik, terkaya, terhebat, terpintar dan segala ‘ter’ lainnya. Yael Shelbia Cohen artis dan model asal Israel yang berhasil menempati peringkat pertama sebagai wanita tercantik di dunia versi TC Candler.

Namanya mungkin masih asing ditelinga kita, tapi bagaimana dengan Maudy Ayunda? Pasti sudah tidak asing bagi kita. Artis asal Indonesia ini berada di urutan ke 85 diantara 100 wanita tercantik di dunia versi TC Candler mengalahkan Priyanka Chopra, artis papan atas Bollywood yang berada di posisi 91.

Pastinya ada kebanggaan tersendiri bagi para wanita ini karena mereka masuk dalam deretan 100 wanita paling cantik dari sekian juta wanita yang ada di dunia. Namun apalah arti menjadi wanita yang paling cantik hanya di dunia semata. Karena kecantikan fisik itu bisa pudar, seiring bertambahnya usia. Dan apalah artinya jika kecantikan yang telah Allah anugerahkan kepada para wanita ini tidak diiringi dengan akhlak yang mulia.

Seandainya saja mereka tahu bahwa kecantikan yang mereka miliki itu belum seberapa dibanding dengan kecantikan ibunda Sarah, istri Nabi Ibrahim a.s. Kecantikan yang beliau miliki adalah  kecantikan yang hakiki, tak hanya di dunia tapi juga sampai akhirat, pesonanya buka tipu daya, bukan kaleng-kaleng apalagi hasil rekayasa tangan manusia.

Ibnu Asakir meriwayatkan hadits dari Rabi’ah Al-Jurasyi, Rasulullah SAW bersabda: Keindahan (ketampanan dan kecantikan) dibagi menjadi dua, satu bagian untuk Sarah dan Yusuf, satu bagian lagi untuk seluruh manusia.”

Sungguh tak terbayangkan bagaimana cantiknya ibunda Sarah, kalau kecantikan dan ketampanan dibagi dua, yang satu bagian ini dibagi hanya untuk ibunda Sarah dan Nabi Yusuf a.s., sedangkan satu bagiannya lagi dibagi kepada jutaan umat manusia di dunia. Masyaa Allah tabarakallah. Namun dengan kecantikannya, tidak membuat ibunda Sarah sombong dan lupa atas fitrahnya sebagai makhluk ciptaan Allah yang wajib taat pada aturan-Nya.

Beliau adalah wanita yang mampu menjaga izzah dan iffah. Izzah adalah kehormatan sebagai seorang wanita, sedangkan iffah adalah bagaimana dia menjaga kesucian dirinya dengan menjadikan rasa malu sebagai perhiasannya. Ibunda Sarah mengajarkan bagaimana ia senantiasa berlindung kepada Allah SWT agar kehormatannya selalu terjaga.

Suatu ketika Nabi Ibrahim dan Sarah hijrah dari Syam ke Mesir. Kala itu raja Mesir yang berkuasa adalah seorang yang gemar berpesta dan berbuat keji. Setiap kali mendengar ada seorang wanita cantik, pasti akan dia nikahi. Jika si wanita berstatus sebagai istri seseorang, maka ia memaksa wanita itu bercerai dari suaminya, namun jika berstatus saudari seseorang maka ia akan melepaskannya.

Ketika sang raja Mesir mendengar informasi ada seorang lelaki (Nabi Ibrahim) memasuki Kota Mesir bersama seorang wanita yang memesona, sang raja pun mengirim utusan untuk menemui Nabi Ibrahim dan menanyakan perihal status ibunda Sarah.

Dalam pertemuan itu, Fir'aun (gelar raja di Mesir) bertanya pada Nabi Ibrahim. "Siapa wanita itu?”  Nabi Ibrahim pun menjawab, "Ia adalah saudariku."

Mendengar jawaban tersebut, Fir'aun melepaskan Nabi Ibrahim dan meminta agar Sarah dibawa ke istana. "Dandanilah dia, kemudian kirim dia padaku agar aku dapat melihatnya," perintah sang raja.

Nabi Ibrahim a.s pun pulang menemui istrinya. Ia berkata, "Sesungguhnya penguasa zalim, Fir'aun, telah bertanya kepadaku tentang dirimu. Lalu aku memberi tahu kepadanya bahwa kamu adalah saudara perempuanku."

"Jangan memberi tahu kebohonganku kepadanya karena sesungguhnya di dalam kitab Allah, kamu adalah saudara perempuanku (dalam Islam)," lanjut beliau.

Kemudian Sarah dibawa ke istana oleh utusan sang Fir’aun. Hatinya berkecamuk dan rasa takut menyelimuti dirinya. Sesampainya di istana, pelayan Fir’aun telah menyiapkan semua kebutuhannya dan memberikan pakaian yang begitu indah. Perasaan Sarah sangat sedih karena harus  berpisah dengan suaminya dan takut tersentuh oleh Fir'aun yang jahat.

Ibunda Sarah kemudian mengadu kepada Allah SWT. Ia beribadah dan bersujud, kemudian mengadukan kesedihannya. Ia memohon perlindungan kepada Allah "Ya Allah, jikalah Engkau mengetahui bahwa aku beriman kepada-Mu dan Rasul-Mu, mengetahui bahwa aku menjaga kehormatanku untuk suamiku, maka janganlah kau jadikan raja kafir itu berkuasa atasku," Ibunda Sarah berdoa  sembari menangis.

Ibunda Sarah kemudian bertemu dengan Fir'aun. Melihat kecantikannya, timbul nafsu dalam diri Fir'aun. Berkali-kali sang raja ingin menyentuh Sarah, namun tangannya terasa lumpuh. Fir'aun tak mampu bergerak. Tangannya terpaku di dada.

Fir'aun kemudian berkata pada ibunda Sarah, "Aku berjanji tak akan mengganggumu. Mohonlah kepada Tuhanmu agar melepaskan tanganku. Sungguh, aku tidak akan menyakitimu." Ibunda Sarah kembali berdoa, "Ya Allah, jika benar yang ia katakan,maka  bebaskanlah tangannya."

Allah Ta'ala kemudian mengabulkan doanya. Tangan sang raja pun terbebas dan ia sembuh dari kelumpuhannya. Namun, ia mengingkari janjinya. Ia kembali mendekati Sarah setelah tangannya dapat kembali bergerak. Kejadian yang sama pun terulang hingga tiga kali. Dan sebanyak itupula Fir’aun memohon kepada ibunda Sarah agar berdoa kepada Allah untuk membebaskannya dari kelumpuhan tangannya.

Fir'aun akhirnya menyerah. Ia justru ketakutan dengan kemampuan ibunda Sarah dalam membentengi diri. Ia menuduh Sarah adalah makhluk halus serupa setan yang melakukan tipu daya. Fir'aun segera memanggil pengawalnya dan berkata, "Kau bukanlah membawa seorang wanita, melainkan membawa setan." 

Fir’aun lalu memerintahkan pengawal  membawa kembali Sarah kepada Nabi Ibrahim a.s. Sebelum pulang, raja memberikan seorang budak kepada Sarah sebagai hadiah. Budak itu cantik seperti Sarah. Ia adalah Siti Hajar. Saat tiba di rumah, Ibrahim bertanya kepada Sarah, "Apa yang terjadi?" Lalu, Sarah menjawab, "Allah telah menolak tipu daya raja kafir itu dan ia memberiku seorang pelayan wanita."

Itulah ibunda Sarah, cerminan kecantikan yang hakiki dan namanya disebutkan di Al-Qur'an agar sejarah hidupnya menjadi teladan tertinggi akhlak yang mulia bagi seluruh wanita di seluruh zaman. Sebagai teladan bahwa seorang wanita haruslah senantiasa menjaga kehormatannya, menjadikan rasa malu sebagai perhiasanya dan  tak membiarkan dirinya terlena akan dunia yang fana.

Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baiknya perhiasan adalah wanita shalihah.” (HR Muslim). *

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tak Punya Biaya, Yatim Piatu Berprestasi ini Putus Sekolah, Ayo Bantu !!!

Tak Punya Biaya, Yatim Piatu Berprestasi ini Putus Sekolah, Ayo Bantu !!!

Kanaya Shersabila, yatim piatu segudang prestasi ini tak bisa sekolah lagi karena tak punya biaya. Sang nenek yang jadi tulang punggung keluarga tak bisa mencari nafkah karena sudah uzur sakit-sakitan....

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Maryanti tak bisa khusyuk beribadah Ramadhan karena kondisinya kritis. Persalinan di rumah sakit berjalan lancar, namun tagihan 4,5 juta rupiah tak mampu dibayar oleh keluarga kuli serabutan...

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Terlahir disabilitas tanpa kaki dan tangan yang sempurna, ia tetap tegar berdakwah dan bekerja mencari nafkah sebagai tukang las di bengkel berat. Ia butuh sepeda motor roda tiga untuk berdakwah....

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Sudah 21 hari Kakek Jaman mengungsi ke jembatan di tengah sawah Karangharja Bekasi. Rumah bambu yang dihuni sejak tahun 1985 itu roboh diterjang banjir akibat jebolnya tanggul Citarum....

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla ini ambruk tak kuat menahan gempuran hujan deras. Kegiatan ibadah dan syiar mushalla pun terhenti. Ayo bantu renovasi supaya pada bulan Ramadhan warga bisa shalat jamaah, tarawih dan...

Latest News
Ingatkan Warga, Dinkes Garut: Varian Baru Covid-19 Banyak Menyerang Anak-anak

Ingatkan Warga, Dinkes Garut: Varian Baru Covid-19 Banyak Menyerang Anak-anak

Jum'at, 25 Jun 2021 01:42

PP Muhammadiyah Meminta Wacana Pembelajaran Tatap Muka kembali Ditunda

PP Muhammadiyah Meminta Wacana Pembelajaran Tatap Muka kembali Ditunda

Jum'at, 25 Jun 2021 00:10

Fenomena Dakwah Copy-Paste

Fenomena Dakwah Copy-Paste

Kamis, 24 Jun 2021 23:35

UMY dan PBI DIY Selenggarakan Training Kewirausahaan Bekam

UMY dan PBI DIY Selenggarakan Training Kewirausahaan Bekam

Kamis, 24 Jun 2021 22:33

Indonesia Darurat Sampah dan Limbah, Anggota FPKS Sesalkan Pengurangan Anggaran

Indonesia Darurat Sampah dan Limbah, Anggota FPKS Sesalkan Pengurangan Anggaran

Kamis, 24 Jun 2021 21:29

Kasus Covid Melonjak, Senator Ingatkan Stok Darah Harus Tetap Terjaga

Kasus Covid Melonjak, Senator Ingatkan Stok Darah Harus Tetap Terjaga

Kamis, 24 Jun 2021 20:54

Penumpang KRL di Stasiun Cikarang Jalani Swab Tes Antigen

Penumpang KRL di Stasiun Cikarang Jalani Swab Tes Antigen

Kamis, 24 Jun 2021 19:48

MUI:  Di Zona Merah, Tidak Diperkenankan Sholat Idul Adha dan Shalat Jamaah di Luar Rumah

MUI: Di Zona Merah, Tidak Diperkenankan Sholat Idul Adha dan Shalat Jamaah di Luar Rumah

Kamis, 24 Jun 2021 18:26

Jangan Lupakan Piagam Jakarta

Jangan Lupakan Piagam Jakarta

Kamis, 24 Jun 2021 17:46

Pejabat PBB: Taliban Rebut 50 Dari 370 Distrik Di Afghanistan

Pejabat PBB: Taliban Rebut 50 Dari 370 Distrik Di Afghanistan

Kamis, 24 Jun 2021 17:08

Tinjau Pemakaman Khusus Covid-19, Anies: Meski Luas Tolong Jangan Dipenuhi

Tinjau Pemakaman Khusus Covid-19, Anies: Meski Luas Tolong Jangan Dipenuhi

Kamis, 24 Jun 2021 16:17

Covid-19 Meningkat, MUI-BNPB Sarankan Perketat Protokol Kesehatan Saat Berqurban

Covid-19 Meningkat, MUI-BNPB Sarankan Perketat Protokol Kesehatan Saat Berqurban

Kamis, 24 Jun 2021 15:08

Masjid Raya Jakarta Islamic Centre Tutup hingga 5 Juli

Masjid Raya Jakarta Islamic Centre Tutup hingga 5 Juli

Kamis, 24 Jun 2021 14:41

Akhiri Pembelahan Politik, Indonesia Perlu Sumpah Ketiga

Akhiri Pembelahan Politik, Indonesia Perlu Sumpah Ketiga

Kamis, 24 Jun 2021 13:58

Kasus RS Ummi, Habib Rizieq Divonis Empat Tahun Penjara

Kasus RS Ummi, Habib Rizieq Divonis Empat Tahun Penjara

Kamis, 24 Jun 2021 12:20

Solo Madani Indonesia Jaya Sampaikan Resolusi kepada Presiden, MPR dan DPR

Solo Madani Indonesia Jaya Sampaikan Resolusi kepada Presiden, MPR dan DPR

Kamis, 24 Jun 2021 11:51

Kasus Covid-19 Semakin Buruk, Politisi PKS: Opsi PSBB Harus Segera Diambil

Kasus Covid-19 Semakin Buruk, Politisi PKS: Opsi PSBB Harus Segera Diambil

Kamis, 24 Jun 2021 10:49

Bohong dalam Delik Bohong

Bohong dalam Delik Bohong

Kamis, 24 Jun 2021 09:37

Legislator Gerindra: Pemerintah Harus Punya Skenario Kurangi Utang Luar Negeri

Legislator Gerindra: Pemerintah Harus Punya Skenario Kurangi Utang Luar Negeri

Kamis, 24 Jun 2021 08:37

Anis Matta: Sumpah Palapa Bisa Jadi Spirit Akhiri Pembelahan dan Fokus Capai Lima Besar Dunia

Anis Matta: Sumpah Palapa Bisa Jadi Spirit Akhiri Pembelahan dan Fokus Capai Lima Besar Dunia

Kamis, 24 Jun 2021 07:34


MUI

Must Read!
X