Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
12.660 views

Pembangunan Jalur Berastagi-Medan Menunjang Ekonomi Wilayah?

 

Oleh: Nofri Hutasoit

Beberapa tahun belakangan ini pemerintah disibukkan untuk memperlebar jalan jalur sejajar Berastagi-Medan, Kecamatan Kutalimbaru, Deliserdang, Sumatra Utara. Proyek ini harus segera diselesaikan dengan alasan demi menunjang pertumbuhan ekonomi wilayah tersebut, termasuk sektor pariwisata. Benarkah demikian?

Ketua DPRD Sumatra Utara Baskami Ginting meyakini jika proyek itu rampung, maka kunjungan wisatawan ke wilayah Berastagi juga akan meningkat . Yang iyanya Kepentingan segelintir orang bukan untuk meningkatkan perekonomian rakyat.

Pembangunan jalur tersebut merupakan bagian dari proyek multiyears senilai Rp2,7 triliun. Biaya sebesar ini terbilang lumayan mahal, tapi mereka yakin apabila tujuan mereka tercapai pasti balik modal bahkan lebih.

"Kita akan kawal terus proyek ini sampai tuntas. Jalur sejajar ini sangat dibutuhkan masyarakat Sumatra Utara," kata Baskami, Selasa (11/10). So, pastilah dikawal karena pihak asinglahvyang memiliki kepentingan.

Dalam hal ini, ia meminta agar masyarakat juga turut memantau dan mengawasi progres dari proyek tersebut. Lihatlah nantinya jika proyek itu sudah selesai biasanya Masyarakat hanya bisa gigit jari ketika proyek mereka terselesaikan dengan bantuan masyarakat, tidak sedikitpun mereka kecipratan hasil kerjanya. Walhasil ekonomi Masyarakat wilayahpun tidak ada perubahan, begitu-begitu saja bahkan jauh dari yang namanya masyarakat sejahtera.

"Maka kita juga meminta masyarakat turut serta dalam mengawasi pembangunan proyek ini," imbuhnya. Masyarakat dijadikan sebagai budak yang memiliki kepentingan didalam.

Politisi PDI Perjuangan itu mengungkapkan dari peninjauan di lapangan, telah dilakukan pelebaran sepanjang 9,67 km pada jalur itu.

Dimulai dari Desa Sukamakmur hingga Dusun X Tanduk Benua," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan Pemprov Sumut Herianto mengungkapkan proyek jalur sejajar itu nantinya melintasi Desa Jaranguda Berastagi-Dusun Sembaikan II Kecamatan Sibolangit.

Kemudian Dusun x Tanduk Benua-Dusun II Sukamakmur-Desa Sukamakmur Kecamatan Kutalimbaru-Tuntungan Kecamatan Deliserdang. Untuk kawasan Dusun Sembaikan, hingga Desa Jaranguda sepanjang 13 km masih berada dalam kawasan hutan. (cnnindonesia.com)

"Izin pelepasan kawasan berupa hak pakai dari Kementerian Kehutanan, sudah dalam proses," jelasnya. Selagi kementerian kecipratan cuannya pasti akan segera diberikan hak pakai untuk perluasan jalan tersebut.

Kebijakan ini sejatinya adalah gambaran dari liberalisasi yang menjadi ruh kapitalisme paham yang mengajarkan memasuki era ekonomi wisata, tahap ini meniscayakan keindahan alam menjadi tempat untuk bersenang-senang maka wajar jika ditemukan adanya kebijakan untuk memperlebar dan membangun jalan tujuannya menggarap alam budaya dan karya manusia sebagai destinasi wisata.

Disisi lain kapitalisme yang menyediakan liberalisme terhadap sumber daya alam menjadikan kekayaan ini justru dikuasai oleh segelintir pemilik modal padahal jika sumber daya alam ini dikelola dengan benar sangat cukup untuk menjadikan kehidupan masyarakat menjadi sejahtera.

 Adanya kapitalisme membuat kekayaan ini dikuasai perusahaan asing dan pemilik sumber daya alam justru mencari recehan dari sektor pariwisata untuk menopang ekonominya ini berbeda dengan Islam. Islam tidak akan menjadikan pariwisata menjadi core ekonomi negara pariwisata. Dalam islam Keindahan alam diatur untuk kepentingan dakwah dan tadabur alam. Sehingga keimanan seseorang akan bertambah adapun untuk pemasukan negara Islam menjadikan pengelolaan sumber daya alam sebagai salah satu  kekayaan alam adalah gas bagian dari kepemilikan umum.

Kepemilikan umum ini wajib dikelola oleh negara hasilnya diserahkan untuk kesejahteraan rakyat secara umum. Sebaliknya haram hukumnya menyerahkan pengelolaan kepemilikan umum kepada individu swasta apalagi asing diantara pedoman dalam pengelolaan kepemilikan umum antara lain merujuk pada sabda rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Nabi (Saw):

«الْمُسْلِمُونَ شُرَكَاءُ لَاثٍ الْمَاءِ وَالْكَلَإِ وَالنَّارِ»

“Kaum Muslim berserikat dalam tiga hal: air, padang rumput, dan api.”

Pemerintahan di dunia tidak tahu apa-apa tentang bagaimana memecahkan masalah ekonomi rakyatnya dengan cara yang adil yang menjamin kemakmuran bagi semua orang. Ini tidak bisa dihindari di bawah sistem buatan manusia mana pun. Hanya sistem ketuhanan yang hukumnya berasal dari Sang Pencipta umat manusia yang dapat mewujudkan sistem ekonomi yang adil dan sehat.

Ini hanya dapat dilaksanakan secara efektif di bawah Sistem buatan Tuhan semesta alam, yang berjalan di atas metode kenabian.

وَمَآ اَرْسَلْنٰكَ اِلَّا رَحْمَةً لِّلْعٰلَمِيْنَ

“Kami tidak mengutus engkau (Nabi Muhammad), kecuali sebagai rahmat bagi seluruh alam.” [TQS Al-Anbiya: 107]. Wallahu'alam bisshowab. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Liberalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X