Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
39.450 views

Al-Shabaab Peringatkan Warga Somalia Tidak Gunakan Vaksin AstraZeneca Karena Tidak Aman

MOGADISHU, SOMALIA (voa-islam.com) - Kelompok pejuang Somalia Al-Shabaab telah merilis pernyataan yang menolak vaksin Oxford-AstraZeneca, mengutip alasan ketidakamanan dan efeks samping yang merugikan.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada hari Selasa (30/3/2021), kelompok yang berafiliasi dengan Al-Qaidah memperingatkan warga Somalia agar tidak mengikuti "negara Somalia yang murtad" dengan mengambil vaksin virus Corona yang "mematikan dan tidak aman".

“Karena ketidakefektifan dan efek samping yang merugikan, beberapa negara Eropa - termasuk Jerman, Prancis, Italia, Spanyol, Irlandia dan lainnya - juga telah menangguhkan vaksin AstraZeneca,” kata pernyataan itu.

“Ini adalah negara dengan sumber daya medis yang jauh lebih baik daripada rezim Somalia yang murtad, yang bahkan tidak memiliki personel medis atau laboratorium yang memenuhi syarat untuk menilai efisiensi, keamanan, atau kinerja vaksin.”

Pernyataan tersebut mendesak orang-orang untuk tidak percaya bahwa “orang-orang kafir akan menguntungkan Anda dengan cara apa pun” mengacu pada UNICEF dan Organisasi Kesehatan Dunia.

Mereka merekomendasikan warga Somalia agar mematuhi pengobatan dan pencegahan virus Corona dengan obat-obatan yang disebutkan dalam Al-Qur'an dan oleh Nabi Muhammad, seperti madu dan minyak habbatussauda.

Al-Shabaab, yang sering disebut sebagai kelompok jihadis "paling mematikan" di Afrika, berjuang untuk menerapkan syariah Islam di seluruh Somalia.

Awal bulan ini, Somalia menerima pengiriman pertama 300.000 dosis vaksin AstraZeneca melalui inisiatif COVAX internasional untuk memastikan bahwa negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah menerima vaksin.

Vaksinasi pertama Somalia terjadi dalam sebuah upacara kecil di rumah sakit Martini di ibu kota Mogadishu pada 16 Maret di mana Menteri Kesehatan Fawziya Abikar Nur mendesak masyarakat untuk menerima vaksin untuk membendung infeksi di negara berpenduduk 15 juta orang dan salah satu sistem kesehatan terlemah di benua itu.

Nur meyakinkan bahwa pihak berwenang akan mulai bekerja mendistribusikan vaksin di seluruh Somalia.

"Dosis ini akan kami distribusikan ke sebagian besar rumah sakit utama di ibu kota dan kantor pusat pemerintah agar para pegawai pemerintah dapat dengan mudah mendapatkan vaksinasi di tempat kerjanya," ujarnya saat itu.

Pekan lalu, AstraZeneca membalas klaim bahwa vaksinnya tidak aman, dengan mengatakan uji coba menunjukkan vaksin COVID-19 100 persen efektif dalam mencegah penyakit parah.

Kasus COVID-19 di Somalia meningkat dalam beberapa pekan terakhir. Negara ini memiliki total 11.292 kasus virus termasuk 5.976 kasus aktif, 521 kematian dan 4.795 sembuh. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

International Jihad lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X