Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.483 views

Berniat Ke Malaysia, 110 Warga Rohingya Justru Terdampar Di Pantai Aceh Setelah Kabur Dari Myanmar

ACEH, INDONESIA (voa-islam.com) - Lebih dari 100 Muslim Rohingya yang bepergian dengan perahu selama lebih dari sebulan ditemukan di sepanjang pantai provinsi Aceh di Indonesia, kelompok pengungsi terbaru yang diyakini melakukan perjalanan laut berbahaya dari Myanmar.

Nelayan lokal melihat 110 Rohingya pada Selasa (15/11/2022) pagi di sebuah pantai di desa Meunasah Baro. Mereka termasuk 65 laki-laki, 27 perempuan dan 18 anak-anak, menurut Kapolsek Herman Saputra, sebagaimana dilaporkan kantor berita DW.

Pemerintah setempat mengumpulkan data dari para pengungsi untuk menentukan keadaan mereka. Mereka dilaporkan lemah dan lapar dan dipindahkan ke balai masyarakat di desa untuk pemeriksaan kesehatan sampai pihak berwenang memutuskan tempat untuk menampung mereka.

Muhammad Amin, salah satu pengungsi, mengatakan, sebelum mereka terdampar di perairan Aceh, mereka membidik Malaysia sebagai tujuan mereka.

Pada bulan Maret, 114 pengungsi Rohingya juga ditemukan di sebuah pantai di kabupaten Bireuen di provinsi Aceh.

Melarikan diri dari penganiayaan

Lebih dari 750.000 anggota kelompok etnis Rohingya melarikan diri dari Myanmar menyusul tindakan keras yang diluncurkan oleh tentara pada akhir musim panas 2017 - melarikan diri dari apa yang digambarkan oleh PBB pada saat itu sebagai "pembersihan etnis buku teks" dan apa yang oleh kelompok-kelompok hak asasi manusia digambarkan sebagai "genosida".

Kelompok hak asasi manusia telah mendokumentasikan pasukan keamanan Myanmar melakukan pemerkosaan massal, pembunuhan, dan pembakaran ribuan rumah Rohingya.

Pihak berwenang Myanmar mengatakan mereka memerangi pemberontakan dan menyangkal melakukan kekejaman sistematis.

Kelompok Muslim Rohingya telah berusaha untuk meninggalkan kamp-kamp di Bangladesh melalui laut untuk mencari kehidupan yang lebih baik di negara-negara lain di wilayah tersebut.

Malaysia telah menjadi tujuan bersama kapal-kapal tersebut meskipun banyak pengungsi Rohingya yang mendarat di sana menghadapi penahanan.

Meskipun negara tetangga Indonesia bukan penandatangan Konvensi Pengungsi PBB 1951, badan pengungsi PBB mengatakan bahwa peraturan presiden 2016 memberikan kerangka hukum yang mengatur perlakuan terhadap pengungsi di kapal yang mengalami kesulitan di dekat Indonesia dan membantu mereka turun di negara tersebut. (DW)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X