Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.409 views

Ketua MIUMI Aceh Mengisi Pengajian di Masjid Taqwa Muhammadiyah Lhokseumawe

LHOKSEUMAWE (voa-islam.com) - Ketua Majelis Intelektual dan Ulama Indonesia (MIUMI) Aceh Ustaz Dr. Muhammad Yusran Hadi, Lc., MA mengisi pengajian malam ba'da maghrib di masjid Taqwa Lhokseumawe pada Sabtu malam lalu (15/01).

Kunjungan safari dakwah ketua MIUMI Aceh di Lhokseumawe ini atas undangan Ketua Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Lhokseumawe ustaz Drs. Baihaqi melalui wakil ketua PD Muhammadiyah Lhokseumawe Jarnawi Syamsuddin, ST., MT.

Ustaz Yusran yang juga ketua Pimpinan Cabang (PC) Muhammadiyah Syah Kuala Banda Aceh menjelaskan agenda safari dakwah MIUMI Aceh di Lhokseumawe.

"Kunjungan safari dakwah saya ke Lhokseumawe ini atas undangan Ketua PD Muhammadiyah Lhokseumawe ustaz Drs. Baihaqi melalui wakil ketua PD Muhammadiyah Lhokseumawe Jarnawi Syamsuddin, ST., MT," katanya

"Saya diundang untuk mengisi pengajian malam Ahad di masjid Taqwa Muhammadiyah Lhokseumawe dan besoknya Ahad mengisi pengajian Shubuh di masjid Dayah Modern Arun (Yapena)," lanjutnya

"Pak Jarnawi menghubungi saya via WA pada hari Jum'at sehari sebelumnya di sela-sela kunjungan safari dakwah saya berupa khutbah Jum'at dan mengisi pengajian malam Sabtu dan Shubuh Sabtu di masjid Taqwa Muhammadiyah Bireuen yang berlansung dari hari Kamis tgl 13 Januari sampai Sabtu 15 Januari," ujar Ustaz Yusran

Selanjutnya, ustaz Yusran yang juga Doktor Fiqh dan Ushul Fiqh jebolan International Islamic University Malaysia (IIUM) menjelaskan topik pengajian beserta isinya secara ringkas di dalam pengajiannya.

"Topik pengajian saya adalah ugensi dan keutamaan membaca Alqur'an. Saya memilih topik ini untuk merespon dan memberi solusi terhadap persoalan umat terkait dengan Alquran. Selama ini, kebanyakan umat Islam disibukkan dengan pekerjaan dan urusan dunia sehingga melupakan dan meninggalkan kewajiban membaca Alquran dan interaksi lainnya dengannya seperti memahami Alquran, menghafalnya, mendengarnya, mempelajarinya, mengajarkannya, dan mengamalkannya," ungkapnya.

"Alquran sangat penting dibaca bagi seorang muslim. Karena, membaca Alquran dan mengamalkan Alquran adalah kewajiban bagi setiap muslim. Hukumnya wajib 'ain sama seperti kewajiban lainnya seperti shalat lima waktu, puasa, membayar zakat dan berhaji bagi yang mampu," tambahnya

"Membaca Alquran adalah ibadah sehingga diberi pahala. Karena, Alquran adalah kalamullah yang diperintahkan oleh Allah swt dan Rasul-Nya untuk membacanya, memahaminya, menghafalnya, mendengarnya, mempelajarinya, mengajarkannya, dan mengamalkannya. Ini yang membedakan Alquran dengan bacaan lain. Membaca bacaan lain tidak mendapat pahala, karena bukan ibadah," tuturnya.

"Membaca Alquran dan berinteraksi adalah tuntutan iman. Iman kepada kepada Alquran yang merupakan salah satu rukun iman yang enam mewajibkan seorang muslim untuk membaca Alquran dan beriteraksi dengannya. Ini bukti iman seseorang. Iman itu tidak hanya diyakini atau diucapkan, namun harus ada amal nyata sebagai bukti. Menurut para ulama ahlussunnah wal jama'ah, iman adalah meyakini dengan hati (tashdiqun bil qalbi), mengucap dengan lisan (iqrarun bil lisan), dan mengamalkan dengan anggota tubuh (amalun bil jawarih). Maka, bukti seseorang beriman kepada Alquran adalah dengan membaca dan berinteraksi dengannya. Belum dikatakan muslim atau orang beriman jika tidak membaca dan berinteraksi dengan Alquran," paparnya.

"Alquran itu petunjuk, pedoman dan aturan hidup bagi manusia khususnya umat Islam. Alquran itu merupakan petunjuk untuk mencapai kebahagian dan keselataman di dunia dan di akhirat. Alquran itu petunjuk untuk mengetahui mana kebaikan dan mana keburukan, mana yang benar dan mana yang batil, mana petunjuk dan mana kesesatan, dan mana yang halal dan mana yang haram. Alquran itu merupakan pedoman dan aturan hidup agar hidup kita tertib dan teratur dalam hukum Allah swt sehingga diridhai dan diberkahi Allah swt," tuturnya.

"Mengamalkan Alquran adalah kewajiban bagi setiap muslim. Namun, bagaimana mungkin kita mengamalkan Alquran sedangkan kita tidak membacanya dan tidak pula memahaminya. Untuk mengamalkan Alquran, kita wajib membaca dan memahaminya terlebih dahulu. Setelah kita baca dan paham, baru kemudian kita amalkan," jelasnya.

"Kita wajib berinteraksi dengan Alquran setiap saat, baik dengan cara membacanya, memahaminya, menghafalnya, mendengarnya, mempelajarinya, mengajarkannya maupun mengamalkannya. Kewajiban ini kita lakukan agar kita senantiasa mendapat petunjuk Allah swt, mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat, serta mendapat keselamatan di dunia dan akhirat," lanjutnya.

"Sangatlah memalukan, jika ada seseorang yang mengaku dirinya muslim, namun ia tidak bisa membaca Alquran atau tidak mau membacanya, memahaminya, menghafalnya, mendengarnya, mempelajarinya, mengajarkannya, apa lagi tidak mengamalkannya. Maka apa bedanya dia dengan orang kafir? Tidak ada bedanya. Kita tidak bisa membedakan seorang muslim dengan kafir kecuali dengan interaksinya dengan Alquran. Bahkan keislaman seseorang patut dipertanyakan dan diragukan jika dia tidak membaca dan mengamalkan Alquran," paparnya.

Selanjutnya Ustaz Yusran yang juga anggota Ikatan Ulama dan Da'i Asia Tenggara menjelaskan keutamaan membaca dan berinteraksi dengan Alquran sercara ringkas dengan menyebutkan dalilnya masing-masing.

"Sungguh beruntung orang yang membaca Alquran dan berinteraksi dengannya karena banyak keutamaannya, di antaranya: Pertama, mendapat syafaat pada hari Kiamat (HR. Muslim). Kedua, orang mempelajari Alquran dan mengajarkannya kepada orang lain menjadi orang yang terbaik di sisi Allah swt (HR. Al-Bukhari). Ketiga, dimasukkan ke dalam surga dan tempatnya di surga itu bersama dengan para malaikat (HR. Muslim). Keempat, mendapat kejayaan dan kemuliaan (HR. Muslim). Kelima, mendapat pahala 10 kebaikan setiap huruf yang dibaca (HR. At-Tirmizi). Keenam, hati menjadi tenang. Kedelapan didoakan oleh para malaikat. Kedelapan, disebut namanya dan dibanggakan oleh Allah swt dihadapan para malaikat. Semua yang terakhir ini disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh imam Muslim," jelas Ustaz Yusran

Di akhir pengajian, ustaz Yusran yang juga dosen pascasarjana UIN Ar-Raniry mengajak umat Islam khususnya para jama'ah pengajian yang berhadir di masjid Taqwa untuk selalu beriteraksi dengan Alquran dan mengingatkan bahaya meninggalkan Alquran.

"Mengingat hukum kewajiban membaca Alquran dan mengamalkannya serta berbagai keutamaan yang diperuntukkan bagi orang yang membaca Alquran dan berinteraksi dengannya, maka mari kita selalu membaca Alquran, memahaminya, menghafalnya, mendengarnya, mempelajarinya, memgajarkannya, dan yang paling penting mengamalkannya," paparnya.

"Kebahagiaan dan penderitaan hidup seeorang itu tergantung dengan interaksinya dengan Alquran. Semakin sering ia berinteraksi dengan Alquran, maka ia semakin dekat dengan Allah swt dan bahagia hidupnya. Semakin sedikit interaksi dengannya, maka semakin jauh dari Allah swt dan menderita hidupnya di dunia, terlebih lagi diakhirat nanti," ujarnya

"Oleh karena itu, jangan lalai dan jangan pula malas membaca Alquran, memahaminya, menghafalnya, mendengarkannya, mempelajarinya, mengajarkannya dan mengamalkannya. Terlebih lagi banyak keutamaan dan keuntungan diberikan kepada orang yang berinteraksi dengan Alquran. Maka sudah sepatutnya berbagai keutamaan dan keuntungan tersebut memberi motvasi dan semangat kepada kita semua untuk senantiasa berinteraksi dengan Alquran. Semoga kita mendapatkan keutamaan dan keuntungan tersebut," pungkas Ustaz Yusran.

Menurut panitia pengajian masjid Taqwa ustaz Masrizal, pengajian malam Ahad ini mendapat sambutan hangat dan antusias dari masyarakat khususnya keluarga besar Muhammadiyah dan jamaah tetap masjid Taqwa Muhammadiyah Lhokseumawe.

"Alhamdulillah, pengajian ini ramai dihadiri oleh masyarakat khususnya keluarga besar Muhammadiyah dan jama'ah tetap masjid Taqwa. Meskipun informasi pengajan yang menghadirkan ustaz Yusran sebagai penceramah dari Banda Aceh sangat mendadak dan masih banyak yang belum tahu, namun para jama'ah pengajian tetap ramai hadir memenuhi masjid. Pengajian ini dihadiri oleh sekitar 300 orang. Para jama'ah sangat serius dan antusias dalam mengikuti pengajian ini," ungkapnya.

"Pengajian ini dihadiri oleh para tokoh masyarakat dan Muhammadiah, di antaranya ketua PD Muhammadiah dan sekaligus imuem chik masjik Baiturrahman Lhokseumawe ustaz Drs Baihaqi, Imuem chiek masjid Taqwa Ustaz Saifuddin, Lc, dan lainnya," ujar Ustaz Masrizal, yang juga sebagai ketua pengasuh panti asuhan Muhammadiyah Lhokseumawe.

Pengajian berakhir dengan masuknya waktu shalat Isya. Setelah shalat isya, dilanjutkan dengan silaturrahmi dan obrolan santai ustaz Yusran dengan beberapa orang pengurus PD Muhammadiyah Lhokseumawe dan para jama'ah lainnya. Selanjutnya acara makan bersama ustaz Yusran dan Ketua PD Muhammadiyah ustaz Baihaqi beserta pengurus masjid di salah satu kafee di tepi pantai Lhoksuemawe.

Sebagai informasi, MIUMI merupakan ormas Islam yang terdiri dari para tokoh intelektual dan ulama dari berbagai ormas Islam seperti Muhammadiyah, Persatuan Islam (PERSIS), Al-Irsyad, Nahdhatul Ulama (NU), Dewan Dakwah Islamiah Indonesia (DDII), dan lainnya. MIUMI didirikan pada tahun 2012 di Jakarta. MIUMI yang berpusat di Jakarta ini memiliki perwakilan di hampir seluruh provinsi di Indonesia, termasuk di Aceh.

Sejak didirikan tahun 2013 sampai saat ini, MIUMI dipimpin oleh ketua umum MIUMI Pusat KH. Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi, M. Phil. (rektor Universitas Darussalam Gontor Ponorogo Jawa Timur) dan Sekjen MIUMI Pusat KH. Bachtiar Nasir, Lc., MM. (pimpinan islamic center AQL Jakarta dan Pengurus PP Muhammadiyah).

MIUMI sebagai wadah para tokoh intelektual dan ulama lintas ormas dan lintas alumni baik alumni luar negeri maupun dalam berbagai disiplin ilmu ini hadir untuk mempersatu dan memperkuat ukhuwah umat Islam serta bersinergi dengan ormas-ormas Islam lainnya, khususnya dengan MUI. MIUMI mengfokuskan kegiatan dalam bidang intelektual dan keilmuan serta dakwah.

Misi MIUMI adalah untuk mencerdaskan ummat dan melahirkan pemimpin islami dan beradab. Selain itu, MIUMI bertujuan membantu umat dan bangsa Indonesia untuk mengatasi berbagai persoalan, menyelesailkan dengan cara ilmiah dan syariah yang merujuk otoritas para ulama.
Adapun visi MIUMI adalah agar Indonesia lebih beradab. [ril/syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News
Adian Husaini: Dewan Da'wah Indentik Dakwah Pedalaman

Adian Husaini: Dewan Da'wah Indentik Dakwah Pedalaman

Ahad, 29 May 2022 12:58

Muhammad Sinwar: Menembakkan Rudal Ke Tel Aviv lebih Mudah Dari Pada Minum Air

Muhammad Sinwar: Menembakkan Rudal Ke Tel Aviv lebih Mudah Dari Pada Minum Air

Sabtu, 28 May 2022 21:05

 Ukraina Klaim Sedikitnya 30.000 Tentara Rusia Tewas Sejak Awal Invasi

Ukraina Klaim Sedikitnya 30.000 Tentara Rusia Tewas Sejak Awal Invasi

Sabtu, 28 May 2022 20:25

Arab Saudi Hasilkan 14,5 Trilyun Rupiah Perhari Dari Ekspor Minyak

Arab Saudi Hasilkan 14,5 Trilyun Rupiah Perhari Dari Ekspor Minyak

Sabtu, 28 May 2022 17:34

Ustaz Bachtiar Nasir Ajak Umat Bela Baitul Maqdis dengan Cara Ini

Ustaz Bachtiar Nasir Ajak Umat Bela Baitul Maqdis dengan Cara Ini

Sabtu, 28 May 2022 16:09

Aigoo! Merebak Fenomena Anak Jenius Palsu di Korea

Aigoo! Merebak Fenomena Anak Jenius Palsu di Korea

Sabtu, 28 May 2022 11:01

Pejabat: Arab Saudi Tidak Akan Cabut Larangan Penjualan Minuman Beralkohol

Pejabat: Arab Saudi Tidak Akan Cabut Larangan Penjualan Minuman Beralkohol

Jum'at, 27 May 2022 21:40

Dr. Salim: Syariat Islam di Aceh Harus Jadi Teladan

Dr. Salim: Syariat Islam di Aceh Harus Jadi Teladan

Jum'at, 27 May 2022 19:44

Khotbah Jumat Ustaz Bachtiar Nasir: Al-Quds yang Terzalimi

Khotbah Jumat Ustaz Bachtiar Nasir: Al-Quds yang Terzalimi

Jum'at, 27 May 2022 13:35

Laporan: Turki Klaim Tangkap Pemimpin Baru Islamic State Abu Al-Hassan Al-Hashimi Al-Qurayshi

Laporan: Turki Klaim Tangkap Pemimpin Baru Islamic State Abu Al-Hassan Al-Hashimi Al-Qurayshi

Kamis, 26 May 2022 22:55

Pengadilan India Vonis Penjara Seumur Hidup Pemimpin Pro-Kemerdekaan Kashmir Yasin Malik

Pengadilan India Vonis Penjara Seumur Hidup Pemimpin Pro-Kemerdekaan Kashmir Yasin Malik

Kamis, 26 May 2022 21:25

Niger Klaim Militernya Tewaskan 40 Pejuang Boko Haram Dalam Pertempuran Di Danau Chad

Niger Klaim Militernya Tewaskan 40 Pejuang Boko Haram Dalam Pertempuran Di Danau Chad

Kamis, 26 May 2022 16:07

Pengadilan Prancis Tangguhkan Aturan Dewan Kota Grenoble Yang Mengizinkan Muslimah Memakai Burkini

Pengadilan Prancis Tangguhkan Aturan Dewan Kota Grenoble Yang Mengizinkan Muslimah Memakai Burkini

Kamis, 26 May 2022 15:05

Anis Matta: Bangsa Ini Masih Lahirkan Para Pelawak, Bukan Pemimpin

Anis Matta: Bangsa Ini Masih Lahirkan Para Pelawak, Bukan Pemimpin

Kamis, 26 May 2022 11:33

Apakah Tepat Singapore Sudah Mengusir UAS?

Apakah Tepat Singapore Sudah Mengusir UAS?

Kamis, 26 May 2022 10:20

Negara Abai, Keimanan Tergadai

Negara Abai, Keimanan Tergadai

Kamis, 26 May 2022 09:07

Penembakan Massal di AS Berulang, Kemana Mencari Rasa Aman?

Penembakan Massal di AS Berulang, Kemana Mencari Rasa Aman?

Kamis, 26 May 2022 08:56

Prabowo

Prabowo "Dibobodo"?

Kamis, 26 May 2022 07:28


MUI

Must Read!
X