Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
1.579 views

Ambang Batas Rasa Sakit dan Power of Illusion

 

Oleh: Sunarti

Tidaklah seseorang muslim ditimpa keletihan, penyakit, kesusahan, kesedihan, gangguan, kegundah-gulanaan hingga duri yang menusuknya, melainkan Allah akan menghapuskan sebagian dari kesalahan-kesalahannya." (HR. Bukhari)

Seorang muslim yang meyakini betul akan kehendak/ketentuan dari Allah akan berserah diri sepenuhnya lahir dan batin, termasuk saat mengalami sakit. Bahkan saat rasa sakit mencapai puncaknya, maka rasa itu tidak akan dirasakan olehnya. Itu karena keyakinan yang kuat bisa membentuk endorfin dalam otak yang membuat reseptor opioid secara alami.

Hal ini sebagaimana yang terjadi pada para sahabat Rasulullah di masanya. Mulai dari keluarga Sumayah dan Bilal sang budak yang disiksa, hingga menantu Rasulullah Ali bin Abi Thalib yang disiksa sedemikian rupa. Namun, mereka semua tetap dengan keteguhannya memegang Islam.

Bagaimana dengan kita? Jari teriris pisau dapur, mewek. Kuku jari kaki ketiban uleg, nangis. Dahi kejedot sudut meja, meringis. Apalagi melahirkan, meraung-raung. Perempuan, terbiasa mengekspresikan rasa sakit tersebut dengan sendirinya.

Perempuan juga mudah merasa sakit, mudah mengeluh ketika fisik terluka dan lelah. Apakah itu artinya perempuan terlalu peka? Perempuan juga mudah 'gupuh' jika terluka sedikit saja dan mudah pingsan ketika tingkat rasa sakit dirasakan luar biasa.

Bagaimana seorang bisa merasakan tidak sakit saat tubuhnya terluka?Bahkan nyatakah kondisi seperti yang dialami oleh para sahabat di atas?

Ternyata, dalam buku Cure, karya Jo Marchant ini ada penelitian yang menemukan adanya atensi/pengalihan perhatian (bisa juga ada peran visualisasi yang menyenangkan) dalam otak ketika tubuh merasakan sakit dan otak berusaha mengalihkan perhatian dari sumber sakit tersebut.

Dalam banyak penelitian yang dilakukan para ilmuwan, ternyata pengalihan perhatian, sangat bisa mengurangi rasa sakit. Jika kita fokus pada sumber sakit akan menimbulkan sensasi yang sangat menyakitkan. Bisa meningkat berkali-kali lipat. Tetapi jika kita memikirkan sesuatu yang lain, semisal sesuatu yang aman, menyenangkan, membahagiakan, maka rasa sakit yang kita rasakan berkurang, bisa sampai hilang.

Nah yang dilakukan para sahabat, adalah benar-benar memikirkan kebaikan yang datang dari Allah SWT. Dan Allah benar-benar angkat rasa sakit yang luar biasa tersebut. Bahkan ketika keyakinan kuat akan melihat surganya Allah, maka Allah benar-benar tunjukkan.

Opioid dalam Cengkeraman Kapitalisme

Peradaban kapitalisme telah mencengkeram sebegitu kuatnya. Pada kasus-kasus yang terjadi di berbagai tempat, justru opioid kimia menjamur. Pemanfaatan dalam dunia kesehatan menjadi peluang. Pengobatan terhadap rasa sakit, manjadi ajang perdagangan.

Bahkan, sampai pada syaraf otak manusia telah kebal terhadap efek opium pun, membuka kran-kran produksi obat nikmat ini. Sampailah otak gagal memproduksi endorfin alami yang berakibat ketergantungan. Kecanduan, lebih tepatnya.

Semakin hari dosis yang dibutuhkan pun, kian meningkat. Tidak bisa dielakkan lagi, jika kebutuhan opioid ini nantinya meningkat tajam. Karena otak kapitalis bermain di dalamnya, maka yang dipikirkan bukan mengatasi rasa ketergantungan (kecanduan). Akan tetapi ketika semakin banyak yang mengalami ketergantungan akan opioid ini, maka, produksi akan semakin meningkat. Itu artinya pundi-pundi materi bertambah.

Seperti yang dipaparkan gamblang dalam materi, bagaimana negara adidaya, AS bertekuk lutut di bawah pengaruh analgesik narkotik ini. Masalah pelik tak bisa dihindari di negeri pongah ini. Terdapat 5% populasi mengkonsumsi 80% pasokan obat opioid dunia.

Pada 2012, 15.000 orang Amerika meninggal setiap tahun akibat overdosis obat legal yang diresepkan, lebih banyak dari gabungan obat-obatan ilegal seperti heroin dan kokain. Pada tahun 2013, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyebut kecanduan obat penghilang rasa sakit merupakan epidemi obat terburuk dalam sejarah AS.

Melirik Sedikit tentang Opioid

Opioid adalah obat penghilang rasa sakit yang bekerja dengan reseptor opioid di dalam sel tubuh. Obat ini dibuat dari tanaman opium seperti morfin (Kadian, Ms Contin) atau disintesis di laboratorium seperti fentanil (Actiq, Duragesic).

Ketika opioid masuk dan mengalir di dalam darah, obat yang satu ini akan menempel pada reseptor opioid di sel-sel otak, sumsum tulang belakang, dan organ lain yang terlibat dalam rasa sakit dan senang. Sel kemudian melepaskan sinyal yang meredam rasa sakit dari otak ke tubuh dan melepaskan dopamin dalam jumlah besar ke seluruh tubuh dan menciptakan perasaan senang.

Golongan obat yang termasuk ke dalam opioid digunakan untuk mengurangi rasa nyeri sedang hingga berat. Misalnya untuk membantu mengendalikan rasa sakit pasca operasi (secara umum digunakan dengan dosis tertentu, pastinya).

Efek samping opioid diantaranya urtikaria, keringat dingin, sembelit, mual, muntah, dan mulut kering, mengantuk dan pusing, kholesterol menurun,  diorientasi hingga depresi.

Pada dosis yang lebih tinggi bisa memperlambat pernapasan dan detak jantung hingga apnea. Jika dibiarkan kondisi sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kematian.

Selain efek yang merugikan di atas, ternyata opioid, memiliki efek yang membuat perasaan senang. Dalam pengaruh yang dihasilkan opioid ini yang memunculkan rasa ingin nambah lagi dan nambah lagi atau ketagihan. Ketika obat dihentikan, muncul rasa ketagihan.  

So, ketika tubuh sesungguhnya secara alami mampu membentuk opioid alami, secara otomatis mampu menahan rasa sakit secara alami pula. Caranya adalah diupayakan dengan mengalihkan kepada hal-hal yang menyenangkan, layaknya opioid kimia buatan yang menimbulkan rasa senang. Inilah yang disebut power of illusion.

Sebagai muslim, kekuatan ilusi/visualisasi bisa menghadirkan kekuatan keyakinan terhadap adanya pahala, surga dan kebaikan-kebaikan lain yang memang tak kasat mata. Ini semua tertancap kuat sebagai keimanan yang luar biasa. Kemampuan seperti inilah yang perlahan hilang dari kaum muslimin kecuali mereka yang kuat tertancap keimanan dalam dirinya. Wallahu alam. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Health lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Maryanti tak bisa khusyuk beribadah Ramadhan karena kondisinya kritis. Persalinan di rumah sakit berjalan lancar, namun tagihan 4,5 juta rupiah tak mampu dibayar oleh keluarga kuli serabutan...

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Terlahir disabilitas tanpa kaki dan tangan yang sempurna, ia tetap tegar berdakwah dan bekerja mencari nafkah sebagai tukang las di bengkel berat. Ia butuh sepeda motor roda tiga untuk berdakwah....

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Sudah 21 hari Kakek Jaman mengungsi ke jembatan di tengah sawah Karangharja Bekasi. Rumah bambu yang dihuni sejak tahun 1985 itu roboh diterjang banjir akibat jebolnya tanggul Citarum....

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla ini ambruk tak kuat menahan gempuran hujan deras. Kegiatan ibadah dan syiar mushalla pun terhenti. Ayo bantu renovasi supaya pada bulan Ramadhan warga bisa shalat jamaah, tarawih dan...

Kisah Pilu Abdurrahman, Balita Pejuang Tumor Mata Menangis Bercucuran Darah. Ayo Bantu.!!

Kisah Pilu Abdurrahman, Balita Pejuang Tumor Mata Menangis Bercucuran Darah. Ayo Bantu.!!

Belum genap berusia 2 tahun, bocah imut mungil ini harus menjalani hidup dengan dahsyatnya penyakit tumor ganas di. Hari-harinya dipenuhi tangis bersimbah darah yang mengucur dari luka matanya...

Latest News
HNW: Kamus Manipulatif Sejarah Indonesia Itu Memang Harus Ditarik dan Dikoreksi

HNW: Kamus Manipulatif Sejarah Indonesia Itu Memang Harus Ditarik dan Dikoreksi

Jum'at, 23 Apr 2021 15:07

Studi: Kurang Tidur di Usia Tua Bisa Sebabkan Demensia

Studi: Kurang Tidur di Usia Tua Bisa Sebabkan Demensia

Jum'at, 23 Apr 2021 15:01

Dosa

Dosa

Jum'at, 23 Apr 2021 07:06

Kamus Sejarah Indonesia Harus Sempurna, Agar Jadi Inspirasi Generasi Muda

Kamus Sejarah Indonesia Harus Sempurna, Agar Jadi Inspirasi Generasi Muda

Jum'at, 23 Apr 2021 06:22

IISD: Pengendalian Tembakau Tidak Musuhi Petani Tembakau

IISD: Pengendalian Tembakau Tidak Musuhi Petani Tembakau

Jum'at, 23 Apr 2021 05:57

Utusan AS: Dukungan Mematikan Iran Untuk Pemberontak Syi'ah Houtsi Ancam Upaya Pedamaian Di Yaman

Utusan AS: Dukungan Mematikan Iran Untuk Pemberontak Syi'ah Houtsi Ancam Upaya Pedamaian Di Yaman

Kamis, 22 Apr 2021 22:45

Ahli Tasawuf Terkemuka Aljazair Dihukum 3 Tahun Penjara Karena Penistaan Terhadap Islam

Ahli Tasawuf Terkemuka Aljazair Dihukum 3 Tahun Penjara Karena Penistaan Terhadap Islam

Kamis, 22 Apr 2021 22:35

Saudi Tahan Istri Dan Menantu Mantan Pemimpin Senior Hamas Yang Dipenjara Mohamed Al-Khodari

Saudi Tahan Istri Dan Menantu Mantan Pemimpin Senior Hamas Yang Dipenjara Mohamed Al-Khodari

Kamis, 22 Apr 2021 22:00

Mandi Untuk Membersihkan Diri dari Kotoran adalah Sunnah

Mandi Untuk Membersihkan Diri dari Kotoran adalah Sunnah

Kamis, 22 Apr 2021 20:13

Irlandia Selidiki Facebook untuk Kasus Data Bocor

Irlandia Selidiki Facebook untuk Kasus Data Bocor

Kamis, 22 Apr 2021 19:58

Riset: 87% Anak Indonesia Sudah Bermedia Sosial

Riset: 87% Anak Indonesia Sudah Bermedia Sosial

Kamis, 22 Apr 2021 16:18

Ketua Dewan Pertimbangan Hidayatullah Dr Abdul Mannan Meninggal Dunia

Ketua Dewan Pertimbangan Hidayatullah Dr Abdul Mannan Meninggal Dunia

Kamis, 22 Apr 2021 16:15

KSI Rasa Komunis

KSI Rasa Komunis

Kamis, 22 Apr 2021 14:52

Peluang dan Tantangan Pengusaha Muslimah di Indonesia

Peluang dan Tantangan Pengusaha Muslimah di Indonesia

Kamis, 22 Apr 2021 14:40

Pencerahan Barat Menjauhkan Manusia dari Agama, Islam Mendekatkan Manusia dengan Agama

Pencerahan Barat Menjauhkan Manusia dari Agama, Islam Mendekatkan Manusia dengan Agama

Kamis, 22 Apr 2021 14:30

Bagi Jokowi Pancasila Itu Penting?

Bagi Jokowi Pancasila Itu Penting?

Kamis, 22 Apr 2021 12:11

Adu Cepat Menangkap JPZ yang Ngaku Nabi ke-26

Adu Cepat Menangkap JPZ yang Ngaku Nabi ke-26

Kamis, 22 Apr 2021 11:48

Inilah Moment Paling Istimewa di Ramadhan

Inilah Moment Paling Istimewa di Ramadhan

Kamis, 22 Apr 2021 11:17

Muslimah Wahdah Tebar Ifthar di Seluruh Penjuru Nusantara

Muslimah Wahdah Tebar Ifthar di Seluruh Penjuru Nusantara

Kamis, 22 Apr 2021 10:18

Legislator PKS Siap Bersinergi dengan Dewan UKM DKI Jakarta

Legislator PKS Siap Bersinergi dengan Dewan UKM DKI Jakarta

Kamis, 22 Apr 2021 09:18


MUI

Must Read!
X