Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.796 views

Musim Influenza Tiba, Ayo Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anda untuk Melawan Flu

UNI EMIRAT ARAB (voa-islam.com) - Ketika suhu mulai dingin, suara bersin dan mendengus semakin keras mengingatkan kita bahwa musim flu sudah kembali.

Influenza musiman, umumnya dikenal sebagai flu, disebabkan oleh virus influenza yang mempengaruhi sistem pernapasan kita, terutama hidung dan tenggorokan, dan dapat bervariasi dalam gejala mulai dari gejala ringan hingga parah.

Infeksi ini menyebar lebih luas di musim dingin ketika virus menjadi lebih stabil ketika udaranya dingin dan kering. Di UEA, otoritas kesehatan mendefinisikan musim flu membentang dari September hingga April.

Apa yang menakutkan adalah bahwa virus itu di udara secara bertahap berubah lebih kebal terhadap obat antivirus dan meningkatkan jumlah kematian di seluruh dunia.

Pakar kesehatan di UEA mendesak warga untuk mendapatkan vaksinasi flu secepatnya. Dasar-dasar pencegahan flu meliputi kebiasaan kebersihan umum seperti mencuci tangan sebelum makan dan menghindari kontak dengan teman sebaya yang sakit.

Musim flu mungkin tidak bisa dihindari tetapi kita dapat menangkal penyakit menular tersebut dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa dua orang mungkin memiliki hubungan yang sama dengan seorang teman yang sakit - namun satu dari mereka sakit, sementara yang lain tidak? Perbedaannya seringkali sistem kekebalan tubuh mereka.

Berbicara mengenai cara-cara untuk meningkatkan kekebalan terhadap flu musiman, Dr Nisha Soares, konsultan pediatri di Rumah Sakit Al Zahra, Sharjah, mengatakan bahwa salah satu alat paling kuat untuk sistem kekebalan yang kuat dapat ditemukan tepat di dapur Anda sendiri - ini tentang makanan yang kamu makan.

"Ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan perubahan pola makan: Timbun buah-buahan dan sayuran saat penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan banyak buah lebih sedikit sakit. Nutrisi dapat membantu sistem kekebalan tubuh Anda melawan virus dan bakteri. Juga, olahraga teratur meningkatkan kekebalan tubuh. Menurut Harvard Health, Anda lebih mungkin terserang flu ketika Anda tidak berolahraga dan tetap berada di dalam rumah daripada benar-benar keluar dalam cuaca dingin. "

Dia menambahkan: "Kekurangan zat besi mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, terutama anak-anak. Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan oleh National Institute of Health menemukan bahwa fungsi keseluruhan sel kekebalan jauh lebih rendah pada anak-anak dengan kekurangan zat besi."

Dr Fernanda Bonilla, konsultan, penyakit menular di Klinik Cleveland Abu Dhabi, mengatakan: "Hal terbaik yang dapat dilakukan seseorang untuk melindungi diri dari flu adalah dengan mendapatkan vaksin. Vaksin flu melindungi dari jenis yang paling umum, secara signifikan mengurangi peluang seseorang tertular virus.

"Dengan mendapatkan vaksin flu, Anda sedang mempersiapkan sistem kekebalan tubuh Anda untuk berjaga-jaga seandainya Anda terkena flu. Vaksin flu tidak dapat 'memberi Anda flu'."

Dr Bonilla menambahkan bahwa penting bagi orang cukup tidur karena membantu kekebalan tubuh. "Orang dewasa membutuhkan antara tujuh dan delapan jam tidur sementara remaja dan anak-anak membutuhkan 10 jam atau lebih. Makanan yang seimbang, kaya buah-buahan dan sayur-sayuran, untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan olahraga teratur juga merupakan keharusan untuk mencegah penyakit.

"Menghindari kontak dengan orang yang terkena flu dan mencuci tangan dengan sabun dan menggunakan sanitiser dapat secara signifikan membantu mengurangi paparan virus flu," tambahnya. (KN)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Health lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Rabu, 27/03/2024 07:09

Puasa Jangan Lemas!