Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
9.509 views

Ucapan Terakhir Laa Ilaaha Ilaaha Illallah Pasti Masuk Surga

Oleh: Badrul Tamam

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam.  Shalawat dan salam atas Rasulullah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, keluarga dan para sahabatnya.

Beruntunglah orang yang mengenal Allah bahwa Dia tuhan yang berhak diibadahi kecuali hanya Dia semata. Inilah nikmat teragung yang Allah anugerahkan kepada hamba-Nya.

Sufyan bin Uyainah rahimahullah berkata,

ما أنعم الله على عبد من العباد نعمة أعظم من أن عرَّفهم "لا إله إلا الله

Tidaklah Allah memberikan nikmat kepada seorang hamba dari para hamba-Nya yang lebih agung daripada Dia kenalkan kepadanya Laa Ilaaha Illallaah (Tiada tuhan selain Allah).” (Kalimat Ikhlash, Ibnu Rajab: 52)

Adapun seseorang yang meninggal dunia dalam kondisi mengenal tauhid maka ia akan masuk surga.

Dari Utsman Radhiyallahu 'Anhu, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersadba,

مَنْ مَاتَ وَهُوَ يَعْلَمُ أَنَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ دَخَلَ الْجَنَّةَ

Siapa meninggal dunia sementara dia mengetahu bahwa tiada tuhan yang berhak diibadahi kecuali Allah pasti masuk surga.” (HR. Muslim)

Dalam haidts lain,

مَا مِنْ عَبْدٍ قَالَ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ ثُم مَاتَ عَلَى ذَلِكَ إِلَّا دَخَلَ الْجَنة

Tidaklah seorang hamba mengucapkan Laa Illa Illallah kemudian ia meninggal dunia di atas ucapan itu kecuali pasti masuk surga.” (HR. Al-Bukhari dari Abu Dzar Radhiyallahu 'Anhu)

Dari Mu’ad bin Jabal Radhiyallahu 'Anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

مَنْ كَانَ آخِرُ كَلَامِهِ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ دَخَلَ الْجَنَّةَ

Barangsiapa yang ucapan terakhirnya Laa Ilaaha Illallaah pasti masuk surga.” (HR. Abu Dawud, dishahihkan Syaikh Al-Albani dalam Miyhkah al-Mashabiih: 1/509)

Dalam hadits ini, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam menerangkan keutamaan kalimat tauhid “لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ”. Bahwa siapa yang akhir ucapannya di dunia ini adalah لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُmaka ia akan masuk surga.

Dianjurkanbagi seseorang untuk menjadikan kalimat ini sebagai ucapan terakhirnya saat mengalami kondisi genting yang ‘berujung’ kematian -semisal para penumpang Lion Air JT 610 saat detik-detik jatuhnya pesawat-. Juga pada tempat-tempat yang dikhawatirkan dirinya akan meninggal seperti saat akan tidur.

Jangan dipahami bahwa kalimat ini pasti menetralkan seluruh kedzalimannya; baik kepada dirinya (maksiat-maksiatnya) atau kepada orang lain. Bahwa orang meninggal dengan membawa kalimat ini pasti akan masuk surga setelah diputuskan urusan di antara hamba dan setelah dibayarkan hak-hak orang yang didzalimi.

Karenanya seorang muslim dianjurkan untuk menjaga ucapan lisannya dari ucapan batil. Lisannya dibiasakan mengucapkan kalimat yang baik. Demikian pula perbuatannya; berusaha melakukan perbuatan baik dan menjauhi perbuatan buruk.  Di antaranya senantiasa berdzikir dengan kalimat ini sehingga Allah memberi taufiq kepadanya untuk mengucapkan kalimat ini saat wafatnya.

Al-‘Allamah al-Shan’ani rahimahullah berkata,

ولا يوفق لقولها إلا من كانت أعماله صالحة من قبل ذلك

Tidak akan mendapat taufiq untuk mengucapkannya (Laa Ilaaha Illallaah) kecuali orang yang perbuatannya adalah amal-amal shalih sebelum itu.” (Syarh al-Jaami’ al-Shaghiir: 10/367)

[Baca: Kalimat Dzikir Paling Utama ''Laa Ilaaha Illallaah'']

Anjuran Mentalqin dengan لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ

Dianjurkan mentalqin orang yang akan meninggal dengan ucapan لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ agar kalimat ini menjadi kalimat terakhir yang diucapkannya. Dengan sebab ini ia akan mendapatkan keberuntungan besar dan kabar gembira yang agung ini.

Diriwayatkan dari Abu Sa’id al-Khudri Radhiyallahu 'Anhu, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

لَقِّنُوا مَوْتَاكُمْ لا إِلَهَ إِلا اللَّهُ

“Talqinlah orang meninggalkan kalian dengan Laa Ilaaha Illallaah.” (HR. Muslim)

Syaikh al-Albani rahimahullah berkata,

والمراد بـ (موتاكم) من حضره الموت، لأنه لا يزال في دار التكليف، ومن الممكن أن يستفيد من تلقينه فيتذكر الشهادة ويقولها، فيكون من أهل الجنة

Maksud (مَوْتَاكُمْ) adalah orang yang akan meninggal dunia, karena ia masih berada dalam masa taklif. Mungkin saja ia mengambil manfaat dari talqinnya itu sehingga ia teringat syahadat dan mengucapkannya sehingga ia manjadi penghuni surga.” (Silsilah al-Ahadits al-Shahihah: 1/838)

Imam al-Anawawi RA, berkata:

مَنْ كَانَ آخِرُ كَلَامِهِ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ دَخَلَ الْجَنَّةَ وَالْأَمْرُ بِهَذَا التَّلْقِينِ أَمْرُ نَدْبٍ وَأَجْمَعَ الْعُلَمَاءُ عَلَى هَذَا التَّلْقِينِ وَكَرِهُوا الْإِكْثَارَ عَلَيْهِ وَالْمُوَالَاةَ لِئَلَّا يَضْجَرَ بِضِيقِ حَالِهِ وَشِدَّةِ كَرْبِهِ فَيَكْرَهُ ذَلِكَ بِقَلْبِهِ وَيَتَكَلَّمُ بِمَا لَا يَلِيقُ قَالُوا وَإِذَا قَالَهُ مَرَّةً لَا يُكَرِّرُ عَلَيْهِ إِلَّا أَنْ يَتَكَلَّمَ بَعْدَهُ بِكَلَامٍ آخَرَ فَيُعَادُ التَّعْرِيضُ بِهِ لِيَكُونَ آخِرَ كَلَامِهِ

“Siapa yang akhir ucapannya Laa Ilaaha Illallaah pasti masuk surga. Perintah talqin ini adalah perintah Sunnah. Para ulama berijma’ atas talqin ini. Mereka tidak menyukai untuk menambah banyak kalimat talqin dan berulang-ulang agar tidak memberatkan dirinya yang dalam kondisi sulit dan rasa sakitnya yang sangat berat sehingga hatinya tidak menyukai talqin itu dan berucap dengan ucapan yang tidak layak. Mereka berkata: apabila ia mengucapkannya sekali maka tidak diulang-ulang padanya kecuali ia berbicara dengan ucapan lain sehingga diulangi talqin sehingga ucapan itu menjadi akhir ucapannya.” (Syarh Nawawi ‘Ala Muslim: 6/219)

JIka ia seorang muslim maka cukup ditalqin dengan ucapan Laa Ilaaha Illallaah tanpa menambahkan syahadat Muhammad Rasulullaah. Berbeda jika ia orang kafir, maka harus dengan ucapan syahadat yang sempurna.

Bagi yang masuk Islam dengan mengucapkan syahadat tauhid lalu meninggal dunia saat itu juga, padahal belum beramal shalih sedikitpun selain syahadat tadi, maka ia berhak masuk surga.

[Baca: Benci Kalimat Tauhid Batalkan Iman]

Sesungguhnya surga itu disediakan bagi orang-orang yang bertauhid. Siapa yang meninggal tanpa membawa tauhid maka tidak ada tempat baginya di surga, sebanyak apapun amal baiknya. Wallahu A’lam. [PurWD/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Aqidah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Mushalla Annur Garut Sudah Rampung 60 Persen, Masih Dibutuhkan Dana 20 Juta Lagi, Ayo Bantu.!!

Mushalla Annur Garut Sudah Rampung 60 Persen, Masih Dibutuhkan Dana 20 Juta Lagi, Ayo Bantu.!!

Pembangunan mushalla sudah rampung 60 persen dari pondasi hingga kubah. Masih kekurangan dana 20 juta rupiah untuk finishing agar berfungsi sebagai pusat ibadah, pembinaan aqidah, markas dakwah...

Korsleting Listrik, Pesantren Nurul Hidayah Banten Ludes Terbakar, Ayo Bantu.!!!

Korsleting Listrik, Pesantren Nurul Hidayah Banten Ludes Terbakar, Ayo Bantu.!!!

Musibah kebakaran menghanguskan kamar santri, mushaf Al-Qur'an, kitab kuning, pakaian, alat tulis dsb. Diperlukan dana 25 juta rupiah untuk membangun asrama santri berupa rumah panggung dari...

Mushalla Al-Fatihah Tasikmalaya Selesai Dibangun, Total Biaya 66 Juta Rupiah

Mushalla Al-Fatihah Tasikmalaya Selesai Dibangun, Total Biaya 66 Juta Rupiah

Alhamdulillah mushalla yang hampir roboh dan tidak layak, selesai dibangun permanen. Total dana yang disalurkan sebesar Rp 66.813.500 semoga jadi amal jariyah, pahala terus mengalir tiada akhir...

Masya Allah.!! Keluarga Yatim Aktivis Tak Punya Rumah, Dievakuasi ke Wisma Tahfizh IDC Solo

Masya Allah.!! Keluarga Yatim Aktivis Tak Punya Rumah, Dievakuasi ke Wisma Tahfizh IDC Solo

Ditinggal sang ayah menghadap Ilahi, keluarga yatim aktivis dakwah ini tinggal di rumah kayu yang berdiri diatas tanah milik orang lain. Karena tanah ini akan dipakai oleh pemiliknya, terpaksa...

Santri TPQ Melepuh Terperosok Abu Panas, Tangannya Terancam Diamputasi, Ayo Bantu..!!

Santri TPQ Melepuh Terperosok Abu Panas, Tangannya Terancam Diamputasi, Ayo Bantu..!!

Sudah tiga puluh lima hari Khanza (5) meringkuk di atas tempat tidur. Tubuh santri Taman Al-Quran ini melepuh terluka bakar 40 persen. Tangan kirinya terancam diamputasi karena hangus tak berbentuk....

Latest News
Erdogan Tolak Proposal AS untuk Menengahi Gencatan Senjata di Suriah Utara

Erdogan Tolak Proposal AS untuk Menengahi Gencatan Senjata di Suriah Utara

Rabu, 16 Oct 2019 12:15

Peringatan UNICEF: Lebih dari 200 Juta Anak di Dunia Mengalami Obesitas atau Kurang Gizi

Peringatan UNICEF: Lebih dari 200 Juta Anak di Dunia Mengalami Obesitas atau Kurang Gizi

Rabu, 16 Oct 2019 10:30

Tragedi Irma Nasution

Tragedi Irma Nasution

Rabu, 16 Oct 2019 09:01

SMA Ar-Rohmah Putri Raih Juara Umum Hidayatullah Islamic Competition 2019

SMA Ar-Rohmah Putri Raih Juara Umum Hidayatullah Islamic Competition 2019

Rabu, 16 Oct 2019 08:18

Mengkritisi Disertasi Milku Al-Yamin Abdul Azis

Mengkritisi Disertasi Milku Al-Yamin Abdul Azis

Rabu, 16 Oct 2019 06:17

Catatan dari Gifu, 3 Hari Pasca Badai Topan Hagibis Melanda Jepang

Catatan dari Gifu, 3 Hari Pasca Badai Topan Hagibis Melanda Jepang

Selasa, 15 Oct 2019 21:35

DPR Baru, Apa Kabar RUU Bermasalah?

DPR Baru, Apa Kabar RUU Bermasalah?

Selasa, 15 Oct 2019 21:25

"Bagiku Ini adalah Teguran, Karena Menunda Shalat!"

Selasa, 15 Oct 2019 19:55

Teroris YPG Paksa Pemuda Lokal untuk Bertempur Melawan Pasukan Turki di Suriah Utara

Teroris YPG Paksa Pemuda Lokal untuk Bertempur Melawan Pasukan Turki di Suriah Utara

Selasa, 15 Oct 2019 18:00

Mahasiswa antara Amanat dan Tudingan Pengkhianat

Mahasiswa antara Amanat dan Tudingan Pengkhianat

Selasa, 15 Oct 2019 17:50

Pasukan Saudi Ambil Alih Pelabuhan Aden di Yaman Selatan

Pasukan Saudi Ambil Alih Pelabuhan Aden di Yaman Selatan

Selasa, 15 Oct 2019 16:45

Trump: YPG Kemungkinan Bebaskan Tahanan IS untuk Libatkan AS dalam Operasi Turki di Suriah Utara

Trump: YPG Kemungkinan Bebaskan Tahanan IS untuk Libatkan AS dalam Operasi Turki di Suriah Utara

Selasa, 15 Oct 2019 12:30

Tentara Nasional Suriah Rebut Sejumlah Besar Senjata dan Amunisi Milik YPG di Tal Abyad

Tentara Nasional Suriah Rebut Sejumlah Besar Senjata dan Amunisi Milik YPG di Tal Abyad

Selasa, 15 Oct 2019 11:34

Politisi PKS Setuju Calon Kepala Daerah Tak Boleh Zina dan Mabuk

Politisi PKS Setuju Calon Kepala Daerah Tak Boleh Zina dan Mabuk

Selasa, 15 Oct 2019 11:08

ABC News Dikecam Karena Tayangkan Video Palsu Serangan Turki pada Warga Sipil di Suriah Utara

ABC News Dikecam Karena Tayangkan Video Palsu Serangan Turki pada Warga Sipil di Suriah Utara

Selasa, 15 Oct 2019 10:30

Melihat Amerika Dari Dekat

Melihat Amerika Dari Dekat

Selasa, 15 Oct 2019 09:26

Pasif Sikapi Kasus Pendemo Wafat, KontraS Minta Kompolnas Dibubarkan

Pasif Sikapi Kasus Pendemo Wafat, KontraS Minta Kompolnas Dibubarkan

Selasa, 15 Oct 2019 09:04

Fenomena Laki-laki Berhijab dan Bercadar, MIUMI Kota Bekasi: Hukumnya Haram

Fenomena Laki-laki Berhijab dan Bercadar, MIUMI Kota Bekasi: Hukumnya Haram

Selasa, 15 Oct 2019 07:30

Menakar Penggunaan Kaidah Fiqih dalam Diskursus UU KPK

Menakar Penggunaan Kaidah Fiqih dalam Diskursus UU KPK

Selasa, 15 Oct 2019 06:14

Korupsi dalam Pandangan Islam

Korupsi dalam Pandangan Islam

Senin, 14 Oct 2019 21:45


Gamis Syari Cantik Murah Terbaru

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X