Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.271 views

59 Orang Tewas Dalam Pemboman Jibaku Di Sebuah Masjid Di Pakistan

PESHAWAR, PAKISTAN (voa-islam.com) - Seorang pembom jibaku menyerang masjid yang penuh sesak di dalam kompleks polisi di Pakistan pada hari Senin (30/1/2023), menyebabkan atap runtuh dan menewaskan sedikitnya 59 orang dan melukai lebih dari 150 lainnya, kebanyakan dari mereka adalah petugas polisi, kata para pejabat.

Pemboman itu mengundang kecaman nasional dari partai politik oposisi Pakistan dan pejabat pemerintah. Ghulam Ali, gubernur provinsi di Khyber Pakhtunkhwa, di mana Peshawar adalah ibu kotanya, mengatakan ada kekhawatiran jumlah korban tewas bisa meningkat lebih jauh lagi.

Masjid yang menjadi sasaran terletak di dalam kompleks yang luas, yang juga berfungsi sebagai markas polisi kota. Polisi mengatakan antara 300 hingga 350 jemaah berada di dalam masjid ketika pengebom meledakkan bahan peledaknya.

Dalam sebuah unggahan di Twitter, seorang komandan kelompok Tehreek-e-Taliban Pakistan atau TTP, Sarbakaf Mohmand, mengaku bertanggung jawab atas salah satu serangan paling mematikan terhadap pasukan keamanan dalam beberapa bulan terakhir.

Tetapi lebih dari 10 jam kemudian, juru bicara TTP Mohammad Khurasani menjauhkan kelompok itu dari pengeboman, dengan mengatakan bahwa bukan kebijakannya untuk menyasar masjid atau situs keagamaan lainnya, menambahkan bahwa mereka yang mengambil bagian dalam tindakan semacam itu dapat menghadapi tindakan hukuman di bawah kebijakan TTP. Pernyataannya tidak membahas mengapa seorang komandan TTP mengaku bertanggung jawab atas pengeboman tersebut.

Kompleks polisi itu terletak di zona keamanan tinggi di Peshawar, bersama dengan beberapa gedung pemerintah, dan tidak jelas bagaimana pengebom berhasil menembus jauh ke dalam zona tersebut tanpa diketahui.

Dampak ledakan itu meruntuhkan atap masjid, yang ambruk dan melukai banyak orang, menurut Zafar Khan, seorang petugas polisi setempat.

Misi penyelamatan panik

Serangan itu terjadi saat ibadah sore di ibu kota provinsi Peshawar, dekat bekas daerah kesukuan yang berbatasan dengan Afghanistan di mana militan terus meningkat.

Misi penyelamatan panik sedang berlangsung di masjid, yang seluruh dinding dan sebagian atapnya hancur akibat kekuatan ledakan.

"Banyak polisi terkubur di bawah reruntuhan," kata kepala polisi Peshawar Muhammad Ijaz Khan, yang memperkirakan antara 300 dan 400 petugas biasanya menghadiri shalat di masjid tersebut.

"Upaya sedang dilakukan untuk mengeluarkan mereka dengan aman," katanya.

Kekerasan meningkat dengan berakhirnya gencatan senjata
Pakistan telah menyaksikan gelombang serangan militan sejak November ketika Taliban Pakistan mengakhiri gencatan senjata mereka dengan pasukan pemerintah. (F24)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X