Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.142 views

Otoritas Denmark Kirim Surat Ancaman Deportasi Paksa Kepada Anak-anak Pengungsi Suriah

KOPENHAGEN, DENMARK (voa-islam.com) - Denmark, yang pernah terkenal sebagai masyarakat liberal yang menghormati hak asasi manusia, telah mengambil langkah mengejutkan dalam hal suaka dan migrasi dalam beberapa tahun terakhir dengan menjadi negara pertama di Eropa yang mencabut izin tinggal bagi para pengungsi Suriah.

Seorang Suriah berusia 12 tahun, Ghazal Sbinati, telah menghabiskan delapan tahun tinggal dan belajar di Denmark.

Dia baru-baru ini menerima sepucuk surat dari Dinas Imigrasi Denmark yang mengatakan kepadanya bahwa jika dia tidak pergi secara sukarela, dia dapat "dikirim secara paksa ke Suriah."

"Saya bersekolah dan punya banyak teman dan saya harap kami tetap tinggal di Denmark," kata Sbinati kepada penyiar lokal DR.

Dewan Pengungsi Denmark sejak itu keberatan dengan kebijakan tersebut, dengan seorang anggota senior menyebutnya sebagai "mengejutkan."

"Ketika Anda mengirimkan surat langsung kepada seorang anak dan menulis bahwa mereka dapat dideportasi secara paksa ke Suriah jika mereka tidak pergi sendiri, itu adalah cara yang sama sekali berbeda bagi pihak berwenang untuk berbicara dengan seorang anak dan mengancam mereka dengan apa yang mereka lakukan. berisiko. Saya pikir itu mengejutkan," kata kepala suaka dewan suaka Eva Singer kepada Anadolu Agency.

Singer menegaskan bahwa surat-surat itu tidak boleh dikirim kepada anak-anak dalam keadaan apa pun karena "anak-anak tidak dapat bertindak".

"Bagaimanapun, surat-surat itu juga dikirim ke orang tua, dan itu prosedur normal" begitu keputusan dibuat, katanya, menggarisbawahi bahwa surat itu hanya boleh dikirim ke wali dewasa, dan "tidak boleh dikirim langsung ke anak-anak."

Assem Swaif, pendiri kelompok hak asasi manusia Finjan yang mengadvokasi pengungsi Suriah di Denmark, mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa organisasinya telah dihubungi oleh banyak orang tua yang mengeluhkan bahwa anak-anak mereka menerima surat deportasi.

Dalam satu contoh, dia dihubungi oleh orang tua yang putra berusia sembilan tahun dan putrinya yang berusia 11 tahun menerima surat yang mengancam mereka dengan pengusiran paksa dari negara tersebut.

Kelompok advokasi Swaif berupaya meningkatkan kesadaran dengan memberi tahu Dana Darurat Anak Internasional PBB (UNICEF) dan organisasi lain seperti Save the Children tentang masalah ini sehingga "kami dapat melindungi anak-anak itu."

Mengirim surat kepada anak laki-laki dan perempuan "benar-benar gila dan tidak manusiawi," kata Swaif.

Negara Nordik itu tidak memiliki perjanjian repatriasi dengan Suriah, artinya tidak bisa memaksa pengungsi yang status imigrasinya dicabut untuk pergi.

Pihak berwenang malah menempatkan mereka di apa yang disebut "pusat keberangkatan", yang dijuluki kamp Denmark, dengan harapan hal ini akan mengintimidasi mereka untuk pergi secara sukarela.

Singer, kepala suaka dewan pengungsi, mengkritik kebijakan dan bahasa yang digunakan dalam surat deportasi paksa, dengan alasan bahwa Layanan Imigrasi negara "tidak boleh memproses kasus ini sampai mereka tahu apakah mereka dapat dideportasi secara paksa."

Pengungsi Suriah disuruh pulang

Hukum Denmark memastikan status sementara bagi pengungsi yang melarikan diri dari kekerasan tanpa pandang bulu, daripada penganiayaan individu.

Ini berarti bahwa mereka yang memiliki perlindungan sementara berisiko kehilangan status mereka segera setelah kondisi negara tempat mereka melarikan diri membaik, bahkan jika situasinya tetap rapuh dan tidak dapat diprediksi.

Organisasi hak asasi manusia khawatir undang-undang semacam itu dapat mendorong negara-negara Eropa lainnya untuk fokus pada penurunan konflik bersenjata ketika membuat kebijakan suaka mereka.

Swaif mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa Denmark perlu mengubah undang-undang suakanya.

"Orang yang mencari suaka, mereka bukan migran, mereka orang yang mencari perlindungan. Mereka membutuhkan perlindungan. Mereka melarikan diri dari kediktatoran, dari siksaan. Jadi, kita perlu menganggap mereka sebagai pengungsi, bukan sebagai migran," katanya. .

Tidak semua pengungsi diperlakukan sama

Singer juga menunjukkan bahwa ada perubahan dan perbedaan "besar" dalam hal berbagai kategori pengungsi yang datang ke Denmark dan bagaimana mereka diterima.

"Misalnya, jika Anda melihat cara para pengungsi dari Ukraina diterima, ada undang-undang khusus yang memberi mereka perlindungan sementara, dan itu diproses dengan sangat cepat," katanya.

Bagi pengungsi Suriah dan lainnya, keadaan menjadi jauh lebih rumit karena mereka harus mengikuti prosedur suaka standar.

Singer berpikir bahwa salah satu masalah utama dalam kebijakan suaka Denmark adalah penekanan pada kesementaraan karena izin tinggal pengungsi individu mungkin dicabut bahkan jika perubahan di negara asal mereka "sangat, sangat kecil, bahkan jika itu hanya sementara."

Ini, katanya, merupakan masalah dalam proses integrasi untuk setiap individu tetapi juga dalam hal penilaian, yang mengarah pada "keputusan yang sangat, sangat keras, terutama jika Anda melihat pengungsi yang datang dari Suriah."

Denmark 'membahayakan' pengungsi Suriah

Singer menuduh pemerintah membahayakan pengungsi Suriah dengan mencabut izin tinggal mereka, meskipun mereka berisiko dianiaya dan dianiaya saat kembali ke Suriah.

Awal tahun ini, Layanan Imigrasi menerbitkan sebuah laporan yang mengatakan bahwa warga Suriah yang kembali berisiko mengalami persekusi oleh pihak berwenang di negara yang dilanda konflik sipil selama lebih dari satu dekade, DR melaporkan.

Laporan ajuga mengatakan bahwa otoritas Suriah terus menangkap, menahan, menginterogasi, menyiksa, memeras, dan membunuh pengungsi yang kembali, menggemakan temuan serupa dalam laporan terpisah Uni Eropa yang dirilis awal tahun ini.

Namun, menurut Singer, otoritas imigrasi tidak mempertimbangkan laporan ini saat memutuskan untuk mencabut izin tinggal pengungsi.

"Ini menunjukkan bahwa pihak berwenang tidak menanggapinya dengan cukup serius," kata Singer.

Pihak berwenang membenarkan keputusan mereka dengan mengatakan bahwa telah terjadi penurunan konflik militer di Suriah.

Singer berpendapat bahwa sekembalinya mereka, warga Suriah dipandang sebagai musuh karena mereka sering pergi secara ilegal di tengah kekacauan kekerasan.

Itu dapat meningkatkan risiko "penganiayaan ketika mereka dipulangkan oleh otoritas Denmark," katanya.

Di bawah tekanan yang meningkat dari Denmark, yang dikenal sebagai yang pertama menandatangani Konvensi Pengungsi PBB pada tahun 1951, banyak warga Suriah pergi mencari perlindungan di negara-negara Uni Eropa lainnya, beberapa bahkan mengambil risiko kembali ke negara mereka sendiri yang dilanda perang. (AA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X