Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.725 views

Bos NCSC Inggris Sebut Ukraina Dan Rusia Terkunci Dalam Perang Dunia Maya Terbesar Yang Pernah Ada

LONDON, INGGRIS (voa-islam.com) - Pasukan hacker Vladimir Putin melepaskan rentetan "serangan dunia maya besar" dan serangan disinformasi untuk menabur kekacauan dan kebingungan dalam mendukung invasi pertumpahan darah mereka.

Tetapi serangan itu “sebagian besar telah gagal” berkat para pembela cyber Ukraina yang heroik dan “dukungan luar biasa” dari sekutu, Lindy Cameron, bos Pusat Keamanan Siber Nasional Inggris (NCSC) mengatakan.

Bersama-sama, para pejuang keyboard barat menyelamatkan nyawa, "dalam menghadapi agresi siber Rusia yang canggih dan berkelanjutan".

Dia berkata: "Sama seperti kita telah melihat pertahanan inspirasional dan heroik oleh militer Ukraina di medan perang, kita telah melihat operasi cyber defensif yang sangat mengesankan oleh praktisi keamanan cyber Ukraina."

Serangan kilat yang tak terlihat di dunia maya "mungkin merupakan kampanye dunia maya yang paling berkelanjutan dan intensif dalam catatan, dengan negara Rusia meluncurkan serangkaian serangan dunia maya besar untuk mendukung invasi ilegal mereka," tambahnya.

Serangkaian unit siber Rusia dari militer dan dinas intelijen, “telah sibuk meluncurkan sejumlah besar serangan untuk mendukung tujuan militer langsung,” katanya.

“Berusaha sekuat tenaga, serangan siber Rusia tidak memberikan dampak yang diharapkan.

“Kurangnya keberhasilan Rusia ini dapat dianggap tidak terduga.

"Namun, alasannya dapat dikaitkan dengan tiga elemen: pertahanan siber Ukraina yang mengesankan, dukungan luar biasa dari mitra industri, dan kolaborasi yang mengesankan antara Inggris, AS, UE, NATO, dan lainnya."

Berbicara di lembaga pemikir Chatham House yang dihormati di London, Cameron mengatakan sangat penting bagi barat untuk "mempelajari pelajaran" dari Ukraina.

Dia berkata: "Kita perlu berinvestasi dalam ketahanan."

Ukraina menderita "serangan yang cukup konstan" sejak aneksasi ilegal Krimea pada tahun 2014, katanya.

Ini membuat Ukraina "cocok" dan siap ketika serangan dunia maya meningkat menjelang serangan Mad Vlad, pada 24 Februari.

Pada hari-hari sebelum invasi, dinas intelijen militer GRU Moskow meluncurkan serangan DDoS atau penolakan layanan terkoordinasi terhadap situs web dan bank pemerintah.

Ini diikuti oleh serangan "penghapus malware" yang dirancang untuk mengenkripsi data target dan membuat perangkat yang terinfeksi tidak berguna.

Dan saat tank Rusia pertama menyerbu perbatasan, Rusia melancarkan serangan siber terhadap perusahaan internet satelit AS ViaSat.

Cameron mengatakan: "Target utama adalah militer Ukraina, tetapi ribuan pengguna internet pribadi dan komersial terpengaruh, termasuk ladang angin di Eropa tengah."

Dia mengatakan serangan itu tidak "bersifat apokaliptik".

Mereka dirancang untuk menghentikan pemerintah Presiden Zelensky berkomunikasi dengan rakyatnya, sekaligus menyebarkan kepanikan dan mengalihkan perhatian para pembela cyber Kiev.

Cameron mengatakan Inggris telah memainkan peran kunci dalam meningkatkan ketahanan dunia maya Ukraina, termasuk dengan pelatihan tentang cara merespons dan mengidentifikasi para penyerang.

Dia mengatakan Ukraina adalah bukti bahwa pertahanan siber bekerja, “bahkan melawan musuh yang dipersiapkan dan memiliki sumber daya yang baik seperti Federasi Rusia.”

“Sangat penting bagi kita untuk mempelajari pelajaran yang dipelajari Ukraina selama dekade terakhir. Kita perlu berinvestasi dalam ketahanan – tepat di seluruh Inggris, ”tambahnya.

“Ini tetap menjadi tantangan yang mendesak. Meskipun tidak sesukses yang diinginkan Putin, Rusia tetap menjadi kekuatan dunia maya yang sangat canggih." (TS)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X