Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.701 views

Hamas Bantah Lakukan Negosiasi Dengan Arab Saudi Terkait Tahanan Palestina Di Penjara Saudi

JALUR GAZA, PALESTINA (voa-islam.com) - Gerakan perlawanan Palestina Hamas pada hari Senin (15/8/2022) membantah melakukan negosiasi dengan Arab Saudi atas para tahanannya yang telah berada di penjara Saudi sejak 2019.

Pada hari Ahad, saluran televisi Libanon Al-Mayadeen melaporkan bahwa sumber-sumber yang dekat dengan Hamas mengatakan gerakan itu telah menghubungi Arab Saudi untuk merundingkan pembebasan tahanan Palestina di penjara-penjara Saudi, tetapi "terkejut" oleh tuntutan Saudi untuk mengembalikan hubungan mereka dengan kelompok perlawanan itu, jika mereka menerima kondisi Kuartet PBB di Palestina.

Kuartet Internasional, yang meliputi Amerika Serikat, Uni Eropa, Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan Rusia, dibentuk pada 2002 untuk memastikan apa yang disebut "dimulainya kembali proses perdamaian antara Palestina dan Israel."

Berbicara kepada The New Arab, Hazem Qassem, juru bicara kelompok Islam, mengatakan bahwa "laporan itu dibuat-buat dan tidak berdasar."

"Hamas percaya bahwa ia mendapatkan kekuatannya dalam melawan pendudukan Israel dari kedalaman Arab dan Islam," tambahnya, lebih lanjut menunjukkan bahwa gerakannya membangun hubungannya dengan negara-negara Islam dan Arab berdasarkan rasa saling menghormati.

"Kami (Palestina) memiliki masalah utama kami membebaskan tanah kami dari pendudukan Israel dengan segala cara dalam upaya untuk mendirikan negara kami Palestina di tanah kami," katanya.

Juru bicara itu meminta pemerintah Al-Mayadeen "untuk melaporkan cerita secara akurat dan jujur ​​dan tidak bergantung pada sumber yang tidak dapat dipercaya yang bertujuan untuk mencemarkan nama baik perjuangan dan perlawanan Palestina, terutama gerakan Hamas".

Pada 2019, pihak berwenang Saudi menahan sekitar 68 warga Palestina dan Yordania yang tinggal di kerajaan itu, menuduh mereka memberikan dukungan kepada kelompok perlawanan Palestina Hamas, yang mengendalikan Jalur Gaza.

Di antara para tahanan adalah Mohammed Al-Khudari yang berusia 83 tahun, yang sebelumnya merupakan perwakilan Hamas untuk Arab Saudi.

Menderita kanker saat ditangkap, al-Khudari kehilangan kemampuan untuk menggerakkan tangan kanannya saat berada dalam tahanan karena perawatan kesehatan yang tidak memadai.

Pada bulan Desember, Arab Saudi mengurangi hukuman Al-Khudari dari 15 tahun menjadi tiga. Sementara itu, tahanan lain telah disiksa, menurut para aktivis.

Sejak itu, hubungan Saudi-Hamas memburuk ketika Rpenguasa de facto kerajaan Mohammed Bin Salman memberikan hadiahnya kepada mantan Presiden AS Donald Trump dengan menekan keberadaan kelompok Islam Palestina di Arab Saudi, sumber yang dekat dengan Hamas yang meminta anonimitas, mengatakan kepada The New Arab.

"Selama bertahun-tahun, puluhan pengusaha dan akademisi Palestina telah berkontribusi untuk mengembangkan situasi ekonomi keluarga mereka dengan mentransfer uang kepada mereka saat mereka bekerja di Arab Saudi," kata sumber itu.

"Semua warga Palestina yang berbasis di Arab Saudi mengikuti cara hukum untuk mentransfer uang ke keluarga mereka atau bahkan keluarga miskin di Gaza," tambah sumber itu. "Mengapa otoritas Saudi tidak mencegah mereka sebelum 2019?"

Sejak 2007, warga Gaza telah menderita dari blokade ketat Israel yang memperburuk situasi di daerah kantong pantai, yang menyebabkan penduduk setempat bergantung pada bantuan keuangan yang diberikan oleh lembaga internasional dan swasta.

Sekitar 83 persen penduduk Gaza hidup di bawah garis kemiskinan, sementara pendapatan harian rata-rata per kapita adalah US$2, menurut Komite Rakyat untuk Menghadapi Pengepungan di Gaza, yang dianggap sebagai yang terburuk di dunia.

Keluarga Mohammed al-Shafei yang berbasis di Gaza termasuk di antara ribuan keluarga yang menerima bantuan keuangan selama bertahun-tahun dari warga Palestina yang tinggal di luar negeri, yang membuat keluarganya tetap bertahan.

"Selama lebih dari sepuluh tahun, saya menerima sekitar 400 dolar AS setiap bulan dari seorang pengusaha Palestina di Arab Saudi (...), tetapi saya belum mendengar kabar darinya sejak 2019," kata pria berusia 54 tahun yang kakinya diamputasi tersebut kepada The New Arab.

"Berdasarkan bantuan keuangan yang saya terima, saya mampu membayar biaya delapan anggota keluarga saya," katanya. “Namun, sekarang saya menunggu bantuan yang diberikan oleh UNRWA.”

Orang yang diamputasi itu mengutuk keputusan Saudi untuk menahan orang-orang Palestina dengan dalih bahwa mereka mendukung Hamas, menekankan bahwa "tidak ada negara Arab yang peduli dengan orang-orang miskin di Gaza." (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Selasa, 19/03/2024 13:13

Puasa dan Tingkatannya