Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.365 views

Demonstrasi Meledak Di Suriah Utara Setelah Seruan Rekonsiliasi Dengan Rezim Assad Oleh Menlu Turki

IDLIB, SURIAH (voa-islam. com) - Suriah Utara meledak dalam protes setelah Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu menyarankan "rekonsiliasi" antara oposisi dan rezim Suriah.

"Kita harus entah bagaimana membuat oposisi dan rezim berdamai di Suriah. Jika tidak, tidak akan ada perdamaian abadi, kami selalu mengatakan ini," kata Menlu Turki kepada para diplomat, Kamis.

Di provinsi Idlib dan sebagian provinsi Aleppo - satu-satunya daerah yang tersisa di negara yang dilanda perang yang dikuasai oleh kelompok oposisi Suriah - pengunjuk rasa turun ke jalan secara massal untuk mengecam rekonsiliasi dengan apa yang mereka sebut rezim "kriminal", dengan beberapa demonstran membakar bendera Turki.

Lebih dari 500.000 orang telah tewas di Suriah, sebagian besar di tangan rezim teroris Assad dan sekutunya Rusia, sejak perang dimulai pada 2011. Setidaknya 11 juta lebih telah mengungsi dari rumah mereka.

Aktivis telah menggunakan tagar berbahasa Arab "We_Will_Not_Reconcile" di situs media sosial untuk menyoroti rasa jijik mereka terhadap langkah tersebut.

Ini mengikuti tanda-tanda yang berkembang bahwa Turki dan rezim Suriah mungkin memulihkan hubungan, termasuk pertemuan singkat antara Cavusoglu dan timpalannya dari Suriah Faisal Mekdad di Beograd.

Dia juga mengatakan akan mendukung operasi militer rezim Suriah terhadap milisi Kurdi di utara, setelah boikot Assad selama satu dekade oleh Ankara.

Ini dan tanda-tanda normalisasi lainnya telah menyebabkan protes oleh warga Suriah.

"Perahu rekonsiliasi telah berlayar sejak syuhada pertama dibunuh oleh rezim Assad. Tidak ada yang berubah. Kami tidak akan berdamai," kata pengguna Twitter Pax.

“Revolusi tidak akan mati, kebebasan dan hukuman bagi penjahat adalah satu-satunya solusi,” tweet Samer Daboul, seorang jurnalis foto dari Idlib.

Lainnya membuat kasus mereka menentang rekonsiliasi dengan merujuk korban perang, termasuk Hamzah al-Khatib, seorang anak yang dibunuh secara brutal oleh rezim teroris Assad.

"Kita bisa berdamai jika... Hamzah Al-Khatib menyetujuinya... jika ibu para syuhada setuju dan luka-luka dari mereka yang terluka disembuhkan," tulis aktivis Abo Ahmad Noor.

Komentar Cavusoglu juga memicu seruan untuk protes lebih lanjut setelah shalat Jum'at di kota-kota di bawah kendali pasukan Turki dan sekutu mereka, termasuk di Al-Bab, Afrin dan Jarablus.

Diplomat top Turki juga mengungkapkan bahwa komunikasi telah dilanjutkan antara badan intelijen kedua negara.

Namun dia menolak kemungkinan pembicaraan langsung antara Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan timpalannya dari Suriah Bashar al-Assad, meskipun ada seruan lama dari Rusia untuk dialog semacam itu.

Komentarnya muncul menyusul ancaman Turki untuk meluncurkan operasi skala besar di Suriah utara terhadap kelompok Kurdi yang dianggap Ankara sebagai "teroris". (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X