Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.764 views

HRW: 2 Muslim Uyghur Yang Terancam Dideportasi Dari Saudi Ke Cina Beresiko Ditahan Dan Disiksa

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Human Rights Watch (HRW) telah memperingatkan bahwa dua Muslim Uyghur yang dilaporkan menghadapi deportasi dari Arab Saudi ke Cina "beresiko ditahan dan disiksa secara sewenang-wenang" dalam sebuah pernyataan Senin (10/1/2022).

Pengawas yang berbasis di AS mengatakan kedua pria itu, warga Turki, telah ditahan di Arab Saudi sejak November 2020.

Nurmemet Rozi, 46, diberitahu oleh seorang pejabat Saudi pada awal Januari bahwa dia "harus siap secara mental untuk dideportasi ke Cina dalam beberapa hari", menurut HRW.

Sementara itu, putri Hemdullah Abduweli, 54, memposting video yang menyatakan bahwa ayahnya dan Rozi terancam dideportasi. Dalam rekaman itu, dia memohon kepada otoritas Saudi untuk mengizinkan mereka datang ke Turki, bukan Cina, di mana komunitas Uyghur telah secara sistematis dianiaya dan dipenjarakan oleh pihak berwenang di wilayah Xinjiang.

“Jika Arab Saudi mendeportasi dua pria Uyghur ini, itu akan mengirimkan pesan yang jelas bahwa mereka berdiri bergandengan tangan dengan pemerintah Cina dan kejahatannya terhadap kemanusiaan yang menargetkan Muslim Turki,” kata Michael Page, wakil direktur Hak Asasi Manusia Timur Tengah.

Abduweli, juga dikenal sebagai Aimadoula Waili, awalnya datang ke Arab Saudi pada Februari 2020 dalam rangka ziarah keagamaan ke Mekah.

Ulama tersebut, yang telah berbicara menentang penganiayaan terhadap Uyghur, bersembunyi setelah muncul berita bahwa konsulat Tiongkok di Riyadh meminta deportasinya.

Rozi ditangkap bersama temannya Abduweli di kota Mekah.

Ada lima kasus Uyghur sebelumnya yang dideportasi paksa oleh otoritas Saudi ke Cina pada 2017 dan 2018, menurut aktivis Uyghur Abduweli Ayup yang dikutip HRW.

Ayup memposting video di Twitter hari Senin tentang warga Uyghur di Istanbul, termasuk putri Abduweli, memprotes deportasi dua pria di depan konsulat Saudi. Sang putri berteriak: "Bebaskan Ayahku", tulis Ayup di media sosial.

Pemerintah Cina telah lama mendiskriminasi dan secara sistematis melecehkan komunitas Uyghur, termasuk penggunaan indoktrinasi politik paksa, pengawasan massal, dan pembatasan gerakan yang ketat.

Hingga 1 juta orang Uyghur dan minoritas lainnya diperkirakan telah ditahan oleh Cina. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X