Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.655 views

Mantan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani Salahkan AS Atas Runtuhnya Pemerintahannya

UNI EMIRAT ARAB (voa-islam.com) - Mantan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani menyalahkan Amerika Serikat atas runtuhnya pemerintahannya awal tahun ini, dengan mengatakan Washington mengesampingkannya selama apa yang disebut pembicaraan damai dengan Taliban.

"Itu menjadi masalah Amerika, bukan masalah Afghanistan," kata Ghani saat wawancara dengan Program Hari Ini BBC pada hari Kamis (30/12/2021).

"Saya dicat hitam total... kami tidak pernah diberi kesempatan untuk duduk bersama mereka (Taliban)," tambahnya. "Mereka menghapus kita."

AS mencapai kesepakatan dengan Taliban pada Februari 2020 tentang penarikan 12.000 tentara AS dari Afghanistan dengan imbalan Taliban menghentikan serangan mereka terhadap pasukan asing. Berdasarkan kesepakatan itu, mantan pemerintahan Presiden AS Donald Trump berjanji untuk membuat jumlah pasukan AS di Afghanistan menjadi nol pada Mei 2021. Presiden AS Joe Biden mendorong tanggal itu kembali ke 11 September.

Kesepakatan AS-Taliban adalah hasil pembicaraan damai di ibu kota Qatar, Doha, di mana pemerintah Afghanistan dikecualikan.

Pemerintah Afghanistan dengan cepat runtuh pada 15 Agustus dalam menghadapi serangan kilat oleh Taliban di tengah penarikan asing. Pada 7 September, Taliban mengumumkan pembentukan pemerintah sementara di Afghanistan.

Tidak ada negara yang secara resmi mengakui pemerintah Taliban di Afghanistan sejak kelompok itu mengambil alih negara itu pada pertengahan Agustus.

Ghani mengatakan dia melarikan diri dari Kabul karena ketidakmampuan tim keamanannya untuk membelanya, mengklaim bahwa dia tidak tahu bahwa dia akan meninggalkan negara itu.

"Pada pagi hari itu, saya tidak punya firasat bahwa pada sore hari saya akan pergi," kata Ghani. "Penasihat keamanan nasional [saya] dan kepala Layanan Perlindungan Presiden (PPS) datang dan mengatakan PPS telah runtuh."

"Jika saya mengambil sikap, mereka semua akan terbunuh dan mereka tidak akan mampu membela saya," tambahnya.

Ghani mengatakan dia berharap untuk mengevakuasi Kabul ke provinsi timur Khost, tetapi penasihat keamanan nasionalnya mengatakan kepadanya bahwa kota itu telah jatuh, seperti halnya Jalalabad, ibu kota Provinsi Nangarhar.

"Instruksi saya adalah untuk mempersiapkan keberangkatan ke Khost... Saya tidak tahu ke mana kami akan pergi. Baru setelah kami lepas landas, menjadi jelas bahwa kami akan pergi," klaimnya.

Ghani melarikan diri dari Afghanistan ke Tashkent, ibu kota Uzbekistan, sebelum mengklaim suaka politik di Uni Emirat Arab. Dia telah dikritik keras oleh para mantan menteri karena tiba-tiba meninggalkan negara itu ketika pasukan Taliban memasuki Kabul.

Dalam sebuah video yang disiarkan di Facebook pada bulan September, Ghani mengatakan personel keamanannya telah menyarankan kepergian rahasia itu, menambahkan bahwa dia telah meninggalkan Kabul untuk mencegah pertumpahan darah lebih lanjut.

"Meninggalkan Kabul adalah keputusan tersulit dalam hidup saya, tapi saya percaya itu satu-satunya cara untuk membungkam senjata dan menyelamatkanvu Kabul dan 6 juta warganya," katanya.

Taliban pertama kali memerintah Afghanistan dari tahun 1996 hingga 2001, ketika Amerika Serikat dan sekutunya menginvasi negara itu dan menggulingkan pemerintah sah yang dijalankan Taliban dengan dalih memerangi terorisme setelah serangan 11 September 2001 di AS. (ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X