Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.036 views

Israel Jual Drone Pengingtai Dan Perangkat Lunak Peretasan Ke Myanmar Meski Ada Larangan Ekspor

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Drone pengintai dan perangkat lunak peretasan canggih yang diproduksi oleh perusahaan Israel dan Barat telah dijual ke Myanmar, meskipun ada larangan ekspor ke negara itu, sebuah laporan baru mengklaim.

Spyware yang dibeli oleh pasukan Burma sekarang digunakan untuk menindak perbedaan pendapat menyusul kudeta militer awal bulan ini, The New York Times melaporkan pada hari Senin (1/3/2021).

Perangkat lunak peretasan dan teknologi militer masuk ke Myanmar meskipun ada embargo senjata dan teknologi penggunaan ganda yang diperkenalkan di beberapa negara atas dugaan genosida etnis Muslim Rohingya.

Israel termasuk di antara negara-negara yang dilarang mengekspor teknologi semacam itu ke Myanmar setelah diketahui persenjataan Israel digunakan untuk melawan etnis minoritas Rohingya.

Tidak jelas, kemudian, bagaimana kendaraan lapis baja buatan Israel yang tidak memasuki produksi massal sampai pelarangan muncul di jalan-jalan Naypyidaw pada 1 Februari ketika para jenderal militer merebut kekuasaan.

Pakar militer mengidentifikasi kendaraan lapis baja itu sebagai model yang diproduksi oleh Industri Otomotif Gaia Israel.

Kepala perusahaan, Shlomi Shraga, mengatakan kepada NYT bahwa dia belum melihat gambar kendaraan yang digunakan di Myanmar dan bersikeras bahwa semua ekspor Gaia Automative memiliki izin yang diperlukan dari kementerian pertahanan Israel.

"Mari berharap rakyat Myanmar hidup damai dan di bawah rezim demokrasi," kata Shraga

Teknologi yang diproduksi oleh produsen senjata Israel Elbit Systems dan perusahaan intelijen digital Israel Cellebrite juga telah dibeli oleh Myanmar, menurut tinjauan NYT atas alokasi anggaran Burma.

Elbit mengklaim "tidak memiliki kesepakatan dengan Myanmar sejak 2015 atau 2016" tetapi suku cadang untuk drone pengintai tingkat militer yang diproduksi oleh perusahaan tersebut dijual kepada pasukan Burma pada 2019. Penjualan suku cadang termasuk dalam embargo senjata.

Suku cadang tersebut dijual ke Myanmar Future Science, sebuah perusahaan yang mengklaim sebagai "pemasok alat bantu pendidikan dan pengajaran".

U Kyi Thar, kepala eksekutif perusahaan, mengatakan Myanmar Future Science melakukan pekerjaan perbaikan pada drone kelas militer setelah membeli suku cadang langsung dari Elbit.

Data yang diretas digunakan sebagai bukti

Dokumen-dokumen tersebut, yang diberikan kepada NYT oleh Justice For Myanmar, menunjukkan bagaimana Myanmar menghabiskan jutaan dolar untuk teknologi yang dapat melacak lokasi langsung orang, mendengarkan percakapan mereka dan menambang data ponsel dan komputer.

Anggaran terbaru termasuk dana untuk perangkat lunak MacQuisition, yang dirancang untuk mengekstrak data dari komputer Apple. MacQuisition diproduksi oleh BlackBag Technologies, sebuah perusahaan Amerika yang diakuisisi oleh Cellebrite Israel tahun lalu.

Pengacara hak asasi manusia Burma U Khin Maung Zaw mengatakan perangkat keras dan lunak Cellebrite telah digunakan oleh polisi dalam kasus pengadilan terhadap jurnalis dan aktivis.

Data yang dikumpulkan dengan teknologi Cellebrite digunakan untuk menghukum dua jurnalis Reuters pada 2018. Khin Maung Zaw, yang mewakili jurnalis, mengatakan teknologi itu juga digunakan dalam kasus pengadilan pada 2019 dan 2020.

"Departemen keamanan siber masih menggunakan teknologi itu," si pengacara mengatakan. "Sepengetahuan saya, mereka menggunakan Cellebrite untuk memindai dan memulihkan data dari ponsel."

Seorang juru bicara perusahaan mengklaim kepada NYT Cellebrite berhenti menjual teknologi ke Myanmar pada 2018 dan BlackBag menghentikan penjualan ke negara itu tahun lalu. Perusahaan memiliki kemampuan untuk menangguhkan lisensi dari jarak jauh, pada dasarnya menghapus perangkat lunak dari perangkat apa pun.

"Dalam kasus yang sangat jarang terjadi ketika teknologi kami digunakan dengan cara yang tidak memenuhi hukum internasional atau tidak sesuai dengan nilai-nilai Cellebrite, kami segera menandai lisensi ini untuk tidak diperpanjang dan tidak menyediakan pembaruan perangkat lunak," klaim sang juru bicara.

Perusahaan perantara seperti Myanmar Future Science dan MySpace International telah digunakan untuk memperoleh teknologi dari perusahaan internasional seperti Cellebrite.

Namun, embargo internasional masih membuat perusahaan teknologi bertanggung jawab atas pengguna akhir produk mereka meskipun mereka dijual ke entitas sekunder.

Myspace International dipimpin oleh Kyaw Kyaw Htun, seorang pengusaha Burma yang memiliki hubungan dengan petinggi militer.

Situs web perusahaan mencantumkan perusahaan teknologi forensik seluler berbasis Cellebrite, BlackBag, dan Swedia, MSAB, sebagai salah satu "pemasok utamanya".

Situs web perusahaan Burma tersebut sejak itu telah dihapus menyusul pertanyaan ekstensif tentang hubungannya dengan Cellebrite.

Ini bukan saatnya perusahaan teknologi Israel dituduh melanggar undang-undang ekspor dengan memasok spyware ke rezim otoriter.

Dalam beberapa tahun terakhir, perushaan Israel NSO Group telah menghadapi berbagai tuntutan hukum atas pasokan perangkat lunak peretasan ponsel ke Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan negara-negara lain yang dicurigai menggunakan spyware untuk para wartawan dan pembangkang.  (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X