Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.783 views

UEA Kirim Bantuan Lebih 500 Juta USD Ke Sudan Setelah Khartoum Menormalisasi Hubungan Dengan Israel

UNI EMIRAT ARAB (voa-islam.com) - UEA mengirim paket bantuan senilai ratusan juta dolar ke Sudan, hanya beberapa hari setelah negara Afrika itu menormalisasi hubungan dengan Zionis Israel.

Abu Dhabi Fund for Development (ADFD) mengirimkan bantuan senilai $ 556,5 juta untuk mendukung sektor keuangan, ekonomi, kesehatan, pendidikan, nutrisi dan pertanian di Sudan, kantor berita Emirati WAM melaporkan.

"Bantuan itu merupakan bagian dari hibah Emirat keseluruhan senilai 1,5 miliar dolar untuk memenuhi kebutuhan dasar rakyat Sudan," kata Direktur Jenderal ADFD Mohammed Saif Al Suwaidi kepada WAM dalam pernyataannya.

UEA adalah pendukung setia junta militer saat ini di Sudan - yang sekarang berbagi kekuasaan dengan entitas sipil - yang menggusur mantan Presiden Omar Al-Bashir pada 2019.

Abu Dhabi telah mempelopori proyek normalisasi Arab-Israel sejak mengumumkan pada Agustus akan menjalin hubungan dengan Israel.

Duta Besar Sudan untuk UEA mengatakan bahwa Abu Dhabi telah memainkan peran penting dalam normalisasi Khartoum dengan Israel, yang diumumkan pada 23 Oktober dan ditentang keras oleh publik.

"UEA telah memainkan peran penting dalam mencapai kesepakatan damai. Mereka mengikuti negosiasi sejak awal dan menawarkan bantuan untuk membawa lebih banyak pihak ke meja perundingan," kata duta besar Mohammed Amin Abdullah Al Karib.

Militer - serta Pasukan Dukungan Cepat (RSF) yang berdekatan, pasukan paramiliter yang kuat yang menurut para aktivis memainkan peran utama dalam pembunuhan tahun lalu - sekarang berada dalam pakta tiga tahun yang rapuh dengan warga sipil.

Pada 3 Juni 2019, pengunjuk rasa anti-junta mengambil bagian dalam aksi duduk di ibu kota Khartoum, yang menyebabkan militer menewaskan sekitar 130 orang selama tindakan keras terhadap demonstrasi tersebut.

Partai oposisi Sudan juga menyalahkan UEA karena menekan Khartoum ke normalisasi.

Awal bulan ini, sekelompok terdiri dari tiga faksi Sudan mengeluarkan pernyataan kolektif yang menyerukan normalisasi dengan Israel sebagai imbalan pencabutan daftar Khartoum dan paket dukungan ekonomi dari AS.

Seruan itu dikeluarkan oleh Partai Umma - salah satu faksi politik terbesar dan paling berpengaruh di Sudan - dan dua kelompok pemberontak, Front Timur dan Gerakan Pembebasan Sudan - Revolusi Kedua.

Usulan Amerika diatur oleh periode pemilihan presiden mendatang, dan kita tidak boleh melewatkan kesempatan bersejarah ini, "kata Mubarak Al-Fadel, pemimpin Partai Umma.

"Setelah hasil pemilihan presiden AS diumumkan, kami akan memasuki krisis besar di Sudan jika kami tidak menyetujui tawaran yang dibuat di UEA," katanya, merujuk pada pertemuan antara pejabat AS dan Sudan di Emirates bulan lalu.

Sudan menormalisasi hubungan dengan Israel pada hari Jum'at.

Meskipun Sudan tidak memiliki pengaruh atau kekayaan sebagaimana negara-negara Teluk Arab, kesepakatan dengan negara Afrika itu akan menjadi sangat penting bagi Israel.

Sudan menjadi tuan rumah konferensi Liga Arab setelah perang 1967 dengan Israel ketika delapan negara Arab menyetujui "tiga tidak": tidak ada perdamaian, tidak ada pengakuan atas Israel, dan tidak ada negosiasi.

Pada 1993, AS menunjuk Sudan sebagai negara sponsor terorisme, sebagian karena dukungannya terhadap kelompok militan anti-Israel, termasuk Hamas dan Syi'ah Hizbulata.

Di bawah Omar Al-Bashir, Sudan diyakini telah berfungsi sebagai saluran pipa bagi Iran untuk memasok senjata kepada para pejuang Palestina di Jalur Gaza.

Israel diyakini berada di balik serangan udara di Sudan yang menghancurkan konvoi senjata pada 2009 dan pabrik senjata pada 2012. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Selasa, 19/03/2024 13:13

Puasa dan Tingkatannya