Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.469 views

Ashraf Ghani Minta Taliban Umumkan Gencatan Senjata

DOHA, QATAR (voa-islam.com) - Presiden Afghanistan Ashraf Ghani meminta Taliban untuk "memiliki keberanian dan mengumumkan gencatan senjata nasional" pada hari Selasa (6/10/2020) ketika ia mengunjungi Doha di mana pembicaraan damai antara pemerintah dan negosiator Taliban terhenti.

Di akhir perjalanan dua hari, yang pertama ke Doha sejak pembicaraan dimulai, Ghani memberikan ceramah di mana dia mengatakan konflik panjang Afghanistan harus diselesaikan melalui negosiasi, "bukan di bawah laras senjata".

"Tidak ada yang akan memusnahkan Anda," katanya di depan kerumunan diplomat dan akademisi yang berjarak secara sosial, tiga minggu setelah peluncuran pembicaraan damai antara pemerintah Afghanistan dan Taliban.

Pembicaraan antara kedua belah pihak, yang diselenggarakan oleh negara Teluk dan bertujuan untuk mengakhiri perang Afghanistan selama 19 tahun, telah melambat karena ketidaksepakatan tentang bagaimana menyusun kode etik yang akan memandu pembicaraan yang lebih luas.

Masalah utama, termasuk gencatan senjata atau jenis pemerintahan yang akan membentuk masa depan Afghanistan, belum dibahas.

Sementara itu kekerasan terus berkecamuk di Afghanistan, dengan serangan jibaku yang menargetkan seorang gubernur provinsi yang menewaskan sedikitnya delapan orang pada hari Senin.

Sebelumnya, Ghani bertemu dengan amir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani, dengan Doha menegaskan kembali komitmennya untuk memfasilitasi proses perdamaian.

Pembicaraan, yang dimulai dengan banyak kemeriahan, hanya membuat sedikit kemajuan tetapi Ghani menghindari pertanyaan apakah mereka telah terhenti.

"Kita tidak bisa mengakhiri perang 20 tahun dalam 20 hari," katanya kepada wartawan setelah meninggalkan kuliah.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Afghanistan Muhammad Hanif Atmar menegaskan bahwa belum ada kesepakatan yang dicapai oleh kedua belah pihak tentang kode etik yang akan mengatur perundingan.

Taliban dan pemerintah Afghanistan sedang berjuang untuk menyepakati bahasa yang sama pada dua masalah sebelum mereka dapat menetapkan agenda.

Negosiator pemerintah mengatakan bahwa Taliban, yang merupakan kelompok pejuang Sunni, bersikeras untuk menerapkan mazhab Hanafi, sementara negosiator pemerintah mengklaim ini dapat digunakan untuk mendiskriminasi orang Hazara, yang sebagian besar adalah Syiah, dan minoritas lainnya.

Topik kontroversial lainnya adalah bagaimana kesepakatan AS-Taliban akan membentuk kesepakatan damai di masa depan dan bagaimana kesepakatan itu akan dirujuk.

"Tim Afghanistan telah mengajukan sejumlah proposal tandingan untuk menemukan kesamaan," kata Atmar, tetapi "mereka belum mencapai kesepakatan tentang dua masalah tersebut".

Tidak ada pertemuan resmi yang terjadi antara kedua belah pihak dalam waktu hampir seminggu. Namun, keduanya bersikeras bahwa mereka terus membahas secara informal cara untuk bergerak maju.

Juga di Doha, Zalmay Khalilzad, negosiator AS di Afghanistan, men-tweet setelah pertemuan dengan Ghani bahwa "presiden tidak boleh membiarkan kesempatan perdamaian hilang" dan bahwa Amerika Serikat tetap siap membantu. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X