Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.176 views

Jihadis Terkait Islamic State Rebut 2 Pulau di Mozambik Utara

MOZAMBIK (voa-islam.com) - Pejuang yang terkait dengan Islamic State (IS) di Mozambik utara telah merebut dua pulau kecil di Samudra Hindia, mengancam lalu lintas laut di daerah di mana proyek eksplorasi gas lepas pantai bernilai miliaran dolar sedang dikembangkan.

Perebutan pulau Mecungo dan Vamisse terjadi sebulan setelah jihadis menduduki kota pelabuhan strategis Mocimboa da Praia, yang digunakan untuk pengiriman kargo untuk pengembangan proyek gas.

Saksi mata mengatakan para jihadis tiba dengan perahu nelayan kecil pada Rabu (9/9/2020) malam dan memindahkan orang-orang dari rumah mereka sebelum membakarnya.

Mereka memerintahkan penduduk untuk meninggalkan pulau-pulau yang sebagian besar dihuni oleh para pengungsi internal yang meninggalkan desa mereka di daratan tempat serangan meningkat.

“Mereka mengumpulkan kami dan menyuruh kami melarikan diri jika kami ingin hidup. Saya pikir semua orang meninggalkan pulau itu, ”kata seorang saksi mata kepada Agence France-Presse (AFP).

Pasukan pemerintah masih berjuang untuk merebut kembali pelabuhan Mocimboa da Praia sejak diduduki pada 12 Agustus.

Perusahaan energi Prancis Total, yang menginvestasikan $ 23 miliar dalam proyek eksplorasi gas, menyatakan bahwa mereka tidak lagi bergantung pada pelabuhan yang diduduki.

Afiliasi Islamic State telah melakukan serangan di wilayah tersebut sejak 2017, membuat lebih dari 250.000 orang mengungsi dan menewaskan sedikitnya 1.500 orang.

Telah terjadi peningkatan jumlah serangan oleh kelompok jihadis di bekas negara jajahan di Afrika Timur dan Tengah di tengah kehadiran pasukan militer asing yang terus-menerus untuk melindungi kepentingan mereka di negara-negara kaya mineral namun sangat miskin.

Menyusul kudeta terhadap presiden Mali yang didukung Prancis bulan lalu, Uni Eropa menangguhkan misi militernya di bekas koloni Prancis yang bertujuan melatih tentara dan pasukan polisi negara itu dengan dalih menstabilkan negara yang miskin itu.

Ditarik pada akhir 2012 untuk membantu tentara Mali mendapatkan kembali kendali atas negara itu setelah Prancis mengusir jihadis di utara, misi militer Uni Eropa (EUTM Mali) memiliki lebih dari 600 tentara dari 28 negara Eropa termasuk Uni Eropa dan negara non-anggota.

Markasnya di ibu kota Mali, Bamako, menjadi sasaran jihadis pada tahun 2016.

Kudeta di Mali telah meningkatkan prospek kekacauan politik lebih lanjut di negara yang, seperti negara-negara lain di kawasan itu, menghadapi ancaman yang meluas dari jihadis terkait IS.

Militan dan kekerasan antar etnis di Mali dan negara tetangga Niger dan Burkina Faso menewaskan sedikitnya 4.000 orang pada 2019, menurut PBB.

Sementara seluruh wilayah Sahel melihat serangan yang lebih berani oleh jihadis yang terkait dengan Islamic State meskipun ada peningkatan tentara nasional dan pengerahan 5.100 tentara Prancis.

Negara-negara lain di kawasan itu, seperti Nigeria, Somalia, dan Mozambik juga telah menyaksikan lonjakan besar dalam militansi dan banyak contoh serangan mematikan terhadap sasaran militer dan sipil dalam dekade terakhir. (ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X