Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
1.945 views

Pemerintah Afghanistan Adakan Pembicaraan Pertukaran Tahanan dengan Delegasi Taliban di Kabul

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Perwakilan pemerintah Afghanistan telah bertemu dengan Taliban di Kabul untuk pertama kalinya guna membahas pertukaran tahanan yang bertujuan untuk memulai proses perdamaian yang menggelepar, kata para pejabat, Rabu (1/4/2020).

Kedua pihak bertemu pada hari Selasa dan sekali lagi selama beberapa jam pada hari Rabu dalam pembicaraan yang diawasi oleh Komite Palang Merah Internasional, kata Kantor Dewan Keamanan Nasional Afghanistan di Twitter.

"Kedua pihak mengadakan negosiasi tatap muka tentang pembebasan personil Pertahanan dan Keamanan Nasional Afghanistan serta para tahanan Taliban," kata dewan keamanan.

Ini adalah pertama kalinya para jihadis diundang ke ibukota Afghanistan, yang dulu mereka pernah kuasai, untuk bertemu langsung dengan para pejabat pemerintah sejak mereka digulingkan dari pemerintahan mereka yang sah dalam invasi pimpinan AS tahun 2001.

Kedua belah pihak telah berbicara sebelumnya dalam konferensi video untuk membahas masalah tahanan.

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan kepada AFP bahwa "tim teknis" berada di Kabul murni untuk memfasilitasi pertukaran tahanan, dan bukan untuk negosiasi tambahan.

"Para tahanan yang akan dibebaskan haruslah orang-orang yang namanya ada dalam daftar ... itu sebabnya tim teknis kita ada di sana ... itu bukan negosiasi, dan tidak akan ada pembicaraan politik di sana," kata Mujahid.

Dua sumber Taliban - satu dari dewan pimpinan kelompok dan yang lain dari kantor politik mereka di Doha - mengatakan kepada AFP bahwa tiga anggota delegasi Taliban melakukan perjalanan dari Quetta di Pakistan ke Kandahar pada Senin malam, dan kemudian terbang ke Kabul.

Sumber Doha mengatakan masih ada beberapa perselisihan mengenai angka pembebasan tahanan awal.

Jika kedua belah pihak dapat mencapai kesepakatan, pembebasan akan dimulai pada hari Sabtu, kata sumber itu.
 
Pertumpahan darah berlanjut

Tim-tim itu bertemu di Hotel Serena, sebuah fasilitas mewah di Kabul pusat yang telah menjadi tempat beberapa serangan yang diklaim Taliban selama perang berusia 18 tahun.

Washington menandatangani kesepakatan dengan Taliban pada akhir Februari yang menjanjikan penarikan pasukan AS dan asing dari Afghanistan pada Juli tahun depan, asalkan Taliban memulai pembicaraan dengan Kabul dan mematuhi jaminan lainnya.

Kesepakatan itu menuntut pemerintah Afghanistan - yang bukan merupakan penandatangan perjanjian - untuk membebaskan 5.000 tahanan Taliban, dan bagi kelompok jihadis itu untuk membebaskan 1.000 tawanan pro-pemerintah sebagai imbalannya.

Ketidakseimbangan adalah salah satu dari banyak aspek dari perjanjian yang pengamat katakan memberi Taliban tawaran yang lebih baik.

Sumber Taliban di Doha mengatakan pemerintah Afghanistan telah menyetujui pembebasan awal 1.300 tahanan Taliban, tetapi delegasi jihadis bersikeras menuntut 5.000 orang.

Pertukaran itu diperkirakan telah terjadi pada 10 Maret, di mana pembicaraan damai antara Taliban dan pemerintah akan dimulai.

Tetapi Kabul telah dicengkeram oleh pertengkaran dan pertikaian politik baru, dan pembebasan tahanan ditunda.

Situasi keamanan telah memburuk, dengan serangkaian serangan Taliban menewaskan sedikitnya 20 personil pasukan keamanan Afghanistan pada hari Ahad. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X