Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.023 views

Turki Perintahan Penahanan 168 Orang Diduga Terkait dengan Cendekiawan Fetullah Gulen

ISTANBUL, TURKI (voa-islam.com) - Pihak berwenang Turki pada hari Selasa (26/11/2019) memerintahkan penahanan 168 orang, termasuk personil militer, dengan dugaan hubungan ke jaringan yang menurut Ankara mengatur upaya kudeta tahun 2016.

Ankara telah menindak mereka yang diduga para pengikut Fethullah Gulen, seorang cendikiawan Muslim yang berbasis di AS, sejak upaya kudeta di mana sekitar 250 orang tewas. Operasi terhadap jaringan tersebut masih rutin dilakukan.

Kantor kejaksaan Istanbul mengatakan pihaknya memerintahkan penahanan dua warga sipil dan 52 personel militer, termasuk dua pensiunan kolonel, seorang letnan kolonel yang bertugas aktif dan dua mantan mayor yang telah dipecat dari militer. Lebih dari setengah dari mereka ditahan pada Selasa pagi.

Polisi Istanbul mengatakan mereka telah menahan 15 dari 27 orang yang dituntut oleh jaksa penuntut dalam penyelidikan terpisah, atas tersangka penggunaan ByLock, sebuah aplikasi perpesanan terenkripsi yang digunakan oleh jaringan Gulen.

Di provinsi tengah Konya, kantor berita milik negara Anadolu mengatakan jaksa mengeluarkan surat perintah penahanan untuk 50 orang. Anadolu juga mengatakan bahwa 36 tentara diperintahkan ditahan oleh jaksa Ankara, selain satu warga sipil.

Gulen telah hidup di pengasingan yang dilakukan sendiri di Pennsylvania sejak 1999. Dia tidak mau mengakui terlibat dalam upaya kudeta.

Dalam pembersihan selama tiga tahun sejak upaya kudeta, lebih dari 77.000 orang telah dipenjara sambil menunggu persidangan dan sekitar 150.000 pegawai negeri sipil, personil militer dan lainnya telah dipecat atau ditangguhkan dari pekerjaan mereka.

Sekutu dan kelompok hak asasi Barat mengkritik skala tindakan keras Turki tersebut, dengan mengatakan Presiden Tayyip Erdogan telah menggunakan kudeta yang gagal sebagai alasan untuk meredam perbedaan pendapat.

Ankara telah membela langkah-langkah tersebut, menyebutnya sebagai tanggapan yang diperlukan untuk skala ancaman keamanan yang dihadapi Turki, bersumpah untuk memberantas jaringan Gulen. (AN)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X