Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.417 views

Sumber Intelijen Irak Sebut Ajudan Al-Baghdadi adalah Kunci Penangkapannya

BAGHDAD, IRAK (voa-islam.com) - Dalam perburuan panjang mereka untuk Abu Bakar Al-Baghdadi, tim intelijen Irak mengamankan pencapaian penting pada Februari 2018 setelah salah satu pembantu utama pemimpin Islamic State (IS) itu memberi mereka informasi tentang bagaimana ia lolos dari penangkapan selama bertahun-tahun, kata dua pejabat keamanan Irak, laporan Reuters.

Al-Baghdadi kadang-kadang akan mengadakan pembicaraan strategi dengan para komandannya dalam minibus penuh sayuran yang berjalan untuk menghindari deteksi, Ismael Al-Ethawi mengatakan kepada para pejabat setelah dia ditangkap oleh otoritas Turki dan diserahkan kepada Irak.

"Ethawi memberikan informasi berharga yang membantu tim agen multi-keamanan Irak menyelesaikan potongan-potongan puzzle yang hilang dari gerakan-gerakan Al-Baghdadi dan tempat-tempat yang dulu dia gunakan untuk sembunyi," kata salah seorang pejabat keamanan Irak.

"Ethawi memberi kami perincian tentang lima pria, termasuk dia, yang bertemu Al-Baghdadi di Suriah dan berbagai lokasi yang mereka gunakan," katanya kepada Reuters.

Presiden AS Donald Trump mengatakan pada hari Al-Baghdadi bahwa Al-Baghdadi tewas dalam serangan pasukan khusus AS di wilayah Idlib di barat laut Suriah.

Dalam pidato yang disiarkan televisi dari Gedung Putih, Trump mengatakan pemimpin Islamic State itu meninggal bersama tiga anaknya ketika ia meledakkan rompi bermuatan bahan peledak setelah terjebak di terowongan buntu saat serangan.

Jalan untuk mendapatkan Al-Baghdadi penuh dengan frustrasi bagi badan-badan intelijen Barat dan Arab, yang telah meneliti petunjuk tentang keberadaan seorang pria yang medeklarasikan khilafah yang kekuasaannya saat diumumkan mencapai sejumlah besar wilayah Suriah dan Irak.

Dia juga dianggap bertanggung jawab atas serangan di lima benua atas nama versi Islamnya yang sangat fanatik.

Mendapatkan jihadis seperti Ethawi sangat penting bagi agen yang mencoba melacak Al-Baghdadi.

Ismeil Al-Ethawi, yang memegang gelar PHD dalam Ilmu Pengetahuan Islam, dianggap oleh para pejabat intelijen Irak sebagai salah satu dari lima pembantu pemimpin Islamic State tersebut. Dia bergabung dengan Al-Qaidah pada 2006 dan ditangkap oleh pasukan AS pada 2008 dan dipenjara selama empat tahun, menurut pejabat keamanan Irak.

Al-Baghdadi kemudian menugaskan Ethawi dengan peran-peran penting seperti memberikan instruksi keagamaan dan pemilihan komandan IS. Setelah kelompok itu sebagian besar runtuh pada tahun 2017, Ethawi melarikan diri ke Suriah dengan istrinya yang orang Suriah.

Titik balik lain datang awal tahun ini selama operasi bersama di mana agen intelijen AS, Turki dan Irak menangkap para pemimpin senior Islamic State, termasuk empat warga Irak dan satu warga Suriah, kata para pejabat keamanan Irak.

"Mereka memberi kami semua lokasi di mana mereka bertemu dengan Al-Baghdadi di dalam wilayah Suriah dan kami memutuskan untuk berkoordinasi dengan CIA untuk mengerahkan lebih banyak sumber di dalam area-area ini," kata salah seorang pejabat Irak, yang memiliki hubungan dekat dengan beberapa agen keamanan.

"Pada pertengahan 2019 kami berhasil menemukan Idlib sebagai tempat di mana Al-Baghdadi pindah dari desa ke desa bersama keluarganya dan tiga pembantu dekatnya," kata pejabat itu.

Informan di Suriah kemudian melihat seorang pria Irak mengenakan hiasan kepala kotak-kotak di pasar Idlib dan mengenalinya dari sebuah foto, kata pejabat itu. Itu adalah Ethawi, dan mereka mengikutinya ke rumah tempat Baghdadi tinggal.

"Kami menyerahkan detailnya ke CIA dan mereka menggunakan satelit dan drone untuk mengawasi lokasi selama lima bulan terakhir," kata pejabat itu.

Dua hari lalu, Al-Baghdadi meninggalkan lokasi bersama keluarganya untuk pertama kalinya, bepergian dengan minibus ke desa terdekat.

"Itu adalah saat terakhirnya untuk hidup," kata pejabat itu.

Al-Baghdadi juga dalam pelarian dari musuh-musuh lokal di Suriah

Hayat Tahrir al-Sham (HTS), yang mendominasi Idlib, telah meningkatkan pencariannya sendiri untuk Al-Baghdadi setelah menerima informasi dia berada di daerah itu, menurut seorang komandan Idlib untuk kelompok tersebut.

HTS dan Islamic State adalah musuh yang berperang berdarah-darah satu sama lain dalam perang Suriah.

Menurut komandan Idlib itu, Hayat Tahrir al-Sham baru-baru ini menangkap ajudan lain untuk Al-Baghdadi yang dikenal sebagai Abu Suleiman al-Khalidi, satu dari tiga pria terlihat duduk di samping Al-Baghdadi dalam pesan video terakhirnya.

Penangkapan Khalidi adalah "kunci" dalam pencarian untuk Al-Baghdadi, kata komandan itu.

Komentarnya meningkatkan kemungkinan bahwa Hayat Tahrir al-Sham, yang menurut penduduk setempat diyakini memiliki kontak dengan pasukan Turki di barat laut Suriah, mungkin telah menyampaikan apa yang dipelajari kepada badan-badan intelijen lainnya.

Al-Baghdadi mungkin menyimpulkan bahwa bersembunyi di Idlib adalah harapan terbaiknya setelah Islamic State dikalahkan di Irak dan Suriah. Dia bisa saja membaur, sementara keamanan yang lemah dan pos-pos pemeriksaan dioperasikan oleh kelompok-kelompok bersenjata yang jarang memeriksa kendaraan meningkatkan peluangnya untuk selamat, kata sang komandan.

Dia mengatakan Al-Baghdadi diyakini telah berada di Idlib selama sekitar enam bulan, dan bahwa alasan utamanya untuk berada di sana adalah untuk mencoba bersembunyi. Namun dia mengatakan Al-Baghdadi masih dipandang sebagai ancaman besar karena kehadirannya akan menarik pendukung di daerah di mana Islamic State memiliki sel-sel tidur.

Dua bulan lalu para pjuang Hayat Tahrir al-Sham menggerebek kota Sarmin sekitar setelah menerima informasi tentang Al-Baghdadi berada di sana, tetapi ia tidak ditemukan, menurut komandan itu. (MeMo)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Selasa, 30/04/2024 17:07

Ruh Islam