Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.377 views

Pengungsi Rohingya: Lebih Baik Mati Daripada Dipulangkan ke Myanmar

COX'S BAZAAR, BANGLADESH (voa-islam.com) - Pengungsi Muslim Rohingya di Bangladesh, yang telah melarikan diri dari pembersihan etnis di Myanmar, mengatakan mereka takut akan penyiksaan dan kekerasan di rumah dan lebih baik mati daripada dipulangkan.

Anggota etnis minoritas yang dianiaya tersebut dikirim oleh pihak berwenang di Bangladesh, bersama Komisi Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR), kembali ke Myanmar pada hari Kamis (22/8/2019).

Setelah mensurvei lebih dari 3.000 pengungsi dari daftar 3.454 yang disetujui untuk kembali, para pejabat UNHCR menemukan bahwa Rohingya sangat menentang pemulangan itu, dengan satu mengatakan ia lebih suka "minum racun" daripada dikembalikan ke negara bagian Rahkine, Myanmar barat laut.

“Tanpa apa-apa selain hidup kami, kami datang ke Bangladesh. Di sini di Bangladesh, kami memiliki tempat berlindung sekarang, kami memiliki sedikit kedamaian. Sekarang mereka ingin mengirim kami kembali, ”Sabbir Ahmaed, seorang pengungsi Rohingya, mengatakan kepada Reuters.

"Lebih baik membunuh kita di sini, tapi jangan kirim kami ke negara orang brutal itu. Lebih baik memberi kami racun, saya akan mati minum racun itu, saya akan mengambil racun, tetapi tidak akan kembali,” tambahnya.

Lebih dari 730.000 Muslim Rohingya melarikan diri dari Rakhine ke negara tetangga Bangladesh setelah tindakan keras yang dipimpin militer pada 2017 yang menurut PBB dilakukan dengan "niat genosidal."

Ribuan Muslim Rohingya terbunuh, terluka, ditangkap secara sewenang-wenang, atau diperkosa oleh tentara Myanmar dan gerombolan umat Buddha terutama antara November 2016 dan Agustus 2017.

“Mereka membunuh ayah, ibu, dan saudara lelaki saya, dan mereka melakukan pelecehan seksual terhadap para wanita, hanya karena kami Muslim. Banyak saudara Muslim kita sekarang menderita di penjara suatu negara (Myanmar). Jika tidak ada kedamaian di sana, bagaimana kita bisa kembali ke sana?!” Rokeya Begum, pengungsi Rohingya lainnya, mengatakan kepada Reuters.

“Itu negara kami, jelas kami ingin kembali, tetapi hanya jika ada perdamaian. Jika tidak ada kedamaian, maka jangan kirim kami kembali, bunuh kami di sini - jangan paksa kami pergi. Kami banyak menderita di sana, ”tambahnya.

Berbicara dengan syarat anonim, seorang pejabat bantuan pengungsi Bangladesh mengatakan bahkan tidak ada satu keluarga pun yang ditemukan bersedia untuk kembali ke Myanmar selama survei pada hari Kamis.

“Hampir semua 214 keluarga yang kami wawancarai hari ini mengatakan mereka tidak akan kembali sampai tuntutan utama mereka dipenuhi. Rakhine masih memusuhi dan tidak aman untuk mereka, kata mereka,” kata pejabat itu.

Upaya sebelumnya untuk membujuk Rohingya untuk kembali ke Rakhine telah gagal karena ditentang oleh para pengungsi. (st/ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X