Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.841 views

Apa yang Terjadi di Kashmir Sangat Mirip dengan Pemerintahan Israel atas Palestina

KASHMIR / TEPI BARAT (voa-islam.com) - Beberapa pekan terakhir telah melihat peningkatan tajam dalam ketegangan di Jammu dan Kashmir yang diduduki India, sejak Perdana Menteri Narendra Modi mencabut otonomi lama wilayah itu, menempatkannya dalam kuncian dan menjerumuskan wilayah ke dalam kekacauan.

India telah memerintahkan semua wisatawan dan peziarah agama untuk pergi dari wilayah itu, sementara mengirim puluhan ribu tentara bersenjata dan menutup hampir semua jaringan telekomunikasi.

Para prajurit ini bergabung dengan pasukan pendudukan yang diperkirakan berjumlah lima ratus ribu di tempat yang dianggap sebagai tempat termiliterisasi di dunia.

Namun penindasan India terhadap Kashmir tidak dapat dilihat dalam ruang hampa. Selama beberapa dekade terakhir, hubungan negara itu yang tumbuh dengan Israel telah menciptakan situasi di mana penindasan Kashmir terkait dengan perlakuan Israel terhadap Palestina.

Penjajahan India atas Kashmir dan pendirian Israel pada tahun 1948, yang mengakibatkan pengusiran ratusan ribu warga Palestina, dimulai hanya beberapa bulan terpisah satu sama lain.

Pada Juli 1949, dua tahun setelah India dan Pakistan mendeklarasikan kemerdekaan dari pemerintahan Inggris, kedua negara menandatangani perjanjian untuk membentuk garis gencatan senjata, membagi wilayah Kashmir di antara mereka. Pemerintahan India di wilayah itu telah menyebabkan beberapa dekade kerusuhan.

Meskipun kehadiran India di Kashmir tidak pernah sama dengan kolonialisme pemukim ilegal Yahudi seperti dalam kasus Palestina, di mana sebagian besar populasi yang ada di wilayah itu diusir dan digantikan oleh populasi pemukim ilegal Yahudi, India telah mempertahankan kehadiran militer yang kuat di daerah tersebut dan telah bertindak sebagai negara polisi vis-à-vis warga sipil dan politisi Kashmir.

Solidaritas Kashmir dengan Palestina dapat ditelusuri hingga 1950-an dan 60-an, ketika gerakan pembebasan Kashmir berusaha untuk menyelaraskan diri dengan perjuangan anti-imperialis lainnya di luar negeri. Itu juga selama periode ini ketika India pertama kali menjalin hubungan dengan Israel.

Meskipun Perdana Menteri India saat itu, Jawaharlal Nehru, secara terbuka memperjuangkan perjuangan Palestina, ia mengizinkan pembukaan konsulat Israel di Mumbai pada tahun 1953. Konsulat tersebut mengumpulkan informasi tentang Undang-undang Properti Pengungsi India, yang berfungsi sebagai model Undang-Undang Properti Absen Israel, sebuah instrumen hukum yang memungkinkan negara untuk mengambil alih tanah milik pengungsi Palestina.

Tahap akhir Perang Dingin menunjukkan peningkatan dramatis dalam hubungan India-Israel. Pada 1992, di bawah kepemimpinan perdana Narasimha Rao, anggota Kongres Nasional India, India dan Israel menjalin hubungan normal, dengan India membuka kedutaan di Tel Aviv pada Januari.

Dua faktor utama menjelaskan perkembangan ini, yang keduanya terkait dengan pecahnya Intifada Pertama terhadap pendudukan Israel serta perjuangan bersenjata di Kashmir melawan pemerintahan India pada akhir 1980-an.

Alasan pertama berasal dari hancurnya Uni Soviet, yang memaksa India untuk mencari pemasok baru senjata dan teknologi militer. Israel, yang ekonominya lesu pada saat itu mengharuskan memasuki pasar baru, mewakili mitra yang ideal.

Hubungan itu semakin diperkuat ketika AS memberlakukan sanksi atas penjualan senjata ke India setelah yang terakhir melakukan uji coba nuklir pada tahun 1998. Sanksi itu mengakibatkan India menjadi klien terbesar Israel untuk teknologi persenjataan dan militer, warisan yang bertahan hingga hari ini.

Alasan kedua didasarkan pada konvergensi dari logika yang digunakan Israel dan India dalam menekan perlawanan rakyat di wilayah-wilayah pendudukan dan pemberontakan bersenjata di Kashmir, masing-masing, menyoroti isu-isu keamanan, kontraterorisme dan ancaman ekstrimisme Islam.

Pada tahun 1992, Menteri Pertahanan India Sharad Pawar mengakui kerjasama India-Israel dalam masalah kontraterorisme, termasuk bertukar informasi tentang apa yang disebut kelompok teroris, doktrin nasional, dan pengalaman operasional - dengan kata lain, strategi, metode, dan taktik pendudukan dan dominasi.

Ini mengarah pada perubahan posisi India di Palestina, yang mulai mencerminkan desakan Israel bahwa Kashmir terutama adalah masalah kepedulian domestik India.
BJP dan Nasionalis Hindu lainnya sejak itu menjadi terobsesi dengan mereplikasi proyek Zionis dalam mengubah India sekuler yang secara konstitusional menjadi negara etnokratis Hindu.

Antara Zionisme dan Nasionalisme Hindu

Hubungan antara India dan Israel tumbuh semakin dekat dengan munculnya Partai Bharatiya Janata pada 1990-an. BJP, yang saat ini dipimpin oleh Modi, menganut ideologi politik yang dikenal sebagai Hindutva, atau Nasionalisme Hindu.

Sejarah afinitas nasionalis Hindu dengan Zionisme didokumentasikan dengan baik oleh profesor Sumantra Bose dari London School of Economics, yang melacaknya kembali ke tahun 1920 ketika Vinayak Damodar Savarkar, ayah Hindutva, mendukung pembentukan negara Yahudi di Palestina.

BJP dan Nasionalis Hindu lainnya sejak itu menjadi terobsesi dengan mereplikasi proyek Zionis dalam mengubah India yang sekuler secara konstitusional menjadi negara etnokratis Hindu.

Banyak aspirasi dan proposal kebijakan BJP untuk Kashmir adalah tiruan dari praktik-praktik Israel yang masih ada di Palestina. Kunci di antara ini adalah keinginan untuk membangun permukiman khusus Hindu gaya Israel di Kashmir sebagai cara untuk memicu perubahan demografis.

Sebagai contoh, Rashtriya Swayamsevak Sangh (RSS), kelompok sukarelawan paramiliter Hindu non-negara yang berafiliasi dengan BJP, telah lama menginginkan pencabutan undang-undang subjek negara yang telah mempertahankan susunan demografis Kashmir.

Perubahan-perubahan ini jelas diilhami oleh model permukiman Israel, seperti yang diungkapkan oleh anggota parlemen BJP Ravinder Raina, yang, pada 2015, menyatakan bahwa pemerintah India akan menggunakan pasukannya untuk melindungi permukiman khusus Hindu di Jammu dan Kashmir.

Jenis sekuritisasi dan perlindungan ini akan memerlukan perluasan aparat keamanan yang sudah membatasi aliran kehidupan bagi sebagian besar warga Kashmir, menggunakannya sebagai alasan untuk membenarkan tingkat dominasi dan intrusi baru.

Selain paralel dalam tujuan kebijakan, wacana yang digunakan oleh para pendukung rezim saat ini di India mirip dengan refrain lama Israel. Baik Israel dan India mengklaim sebagai negara demokrasi yang luar biasa, meskipun perlakuan mereka terhadap petak besar populasi di bawah kendali mereka.

Selain itu, baik Zionis dan Nasionalis Hindu berpendapat bahwa keberadaan banyak negara Muslim di dunia mengharuskan negara Yahudi dan Hindu. Ini melanggengkan kebohongan bahwa orang-orang Palestina dan Muslim India seharusnya dapat tinggal di tempat lain, namun memilih untuk tinggal di Palestina dan India hanya untuk memusuhi orang Yahudi dan Hindu.

Sementara itu, berbagai taktik yang digunakan oleh India untuk mengendalikan penduduk sipil Kashmir sangat mirip dengan yang digunakan oleh Israel di Palestina.

Ini termasuk, "penangkapan sewenang-wenang, pembunuhan di luar pengadilan, penghilangan paksa, jam malam, hukuman kolektif, penahanan administratif, penyiksaan, pemerkosaan dan pelecehan seksual, penindasan kebebasan berbicara dan berkumpul, penghancuran rumah, dan sebagainya."

Dasawarsa Solidaritas

Ikatan solidaritas yang ada antara Palestina dan Kashmir sangat dalam, dan dapat ditelusuri hingga tahun 1960-an, ketika protes meletus di Kashmir atas perilaku Israel di sekitar Masjid Al Aqsa di Yerusalem, yang mengakibatkan kematian dan jam malam. Sejak itu, solidaritas Kashmir dengan masalah Palestina dapat secara longgar dipahami sebagai telah melalui tiga tahap yang relatif tumpang tindih.

Tahap pertama dari tahap-tahap ini, yang dimulai pada tahun 1960-an, melihat Front Plebisit Kashmir pertama kali menggulingkan India sebagai "negara imperialis" yang menolak hak Kashmir untuk menentukan nasib sendiri.

Dalam melakukan ini, gerakan pembebasan Kashmir bersekutu dengan penyebab global serupa, termasuk perjuangan Vietnam melawan Amerika Serikat, perjuangan anti-apartheid di Afrika Selatan, dan perjuangan Palestina melawan Israel.

Sarjana Kashmir Mohamad Junaid menulis bahwa Palestina "menjadi metafora yang menggugah di antara warga Kashmir untuk menggambarkan kondisi mereka sendiri, yang mencerminkan rasa takut baru akan pembersihan etnis, perampasan tanah, dan arsitektur pendudukan yang semakin ketat."

Tahap kedua, yang dimulai pada 1980-an, melihat dasar solidaritas mengambil karakter yang lebih religius. Periode ini bertepatan dengan Jihad Afghanistan melawan Uni Soviet, yang secara tidak langsung menyebabkan bangkitnya kelompok-kelompok perlawanan Islamis seperti Hamas di Palestina dan Hizb-ul-Mujahidin di Kashmir.

Alih-alih wacana solidaritas yang sebagian besar didasarkan pada bahasa anti-imperalisme dan nasionalisme, itu menjadi ditandai oleh konsep jihad dan solidaritas Islam. Tren ini semakin diperkuat selama 1990-an dengan munculnya BJP, yang menyebabkan peningkatan ketegangan komunal dan ketidakamanan di sekitar kehidupan Muslim di India.

Tahap ketiga dan saat ini dari solidaritas Kashmir-Palestina muncul sebagai tanggapan terhadap tumbuhnya hubungan antara India dan Israel. Tidak lagi akurat bagi orang Palestina dan Kashmir untuk memandang Israel dan India sebagai penindas yang analog - banyak orang sekarang menganggap mereka sebagai mitra dalam penjajahan.

Seperti yang telah ditunjukkan oleh respons Palestina transnasional terhadap peristiwa baru-baru ini, solidaritas dengan Kashmir menjadi semakin penting secara praktis.

Instrumen Penyerahan Diri

Pencabutan Pasal 35A dan 370 membuka jalan bagi kehadiran India di Kashmir untuk lebih mencerminkan kehadiran Zionis di Palestina yang bersejarah, karena ini memungkinkan negara India untuk memerintah Kashmir secara langsung tanpa perlu legislatif negara bagian Kashmir, yang juga baru-baru ini dihapuskan.

Lebih lanjut, ini memfasilitasi pelaksanaan rencana untuk mengubah susunan demografis Kashmir dengan memungkinkan orang India dari seluruh negara untuk membeli properti dan menetap di sana di bawah perlindungan kehadiran militer India, sama seperti susunan demografis Tepi Barat. terus diubah dengan pembangunan permukiman khusus Yahudi.

Legislatif negara bagian Kashmir dan politisi utamanya, Omar Abdullah dan Mehbooba Mufti, telah lama bertindak sebagai perantara yang mengelola penduduk asli atas nama kekuatan pendudukan, memfasilitasi pendudukan dengan cara yang sama seperti yang dilakukan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Tepi Barat.

Sama seperti Edward Said pernah menyebut Kesepakatan Oslo sebagai "instrumen penyerahan Palestina," banyak warga Kashmir menganggap Kesepakatan Indira-Sheikh 1975 sebagai pengkhianatan gerakan pembebasan masa lalu.

Kesepakatan itu memungkinkan pemimpin Kashmir yang sebelumnya populer, Sheikh Abdullah untuk menjadi menteri utama Jammu dan Kashmir dengan imbalan kehilangan permintaan lama rakyat Kashmir untuk penentuan nasib sendiri.

Dengan perubahan status hukum Jammu dan Kashmir yang belum pernah terjadi sebelumnya dari status status khusus menjadi wilayah persatuan tanpa majelis legislatif, dominasi kolonial India atas wilayah yang diperebutkan hanya akan menjadi pemaksaan yang lebih terang-terangan dalam mewakili kepentingan India.

Ini adalah perkembangan penting yang harus diperhatikan secara cermat oleh warga Palestina yang tinggal di daerah-daerah di mana pendudukan Israel saat ini difasilitasi oleh Otoritas Palestina.

Ketika segala sesuatunya bergerak maju, semakin jelas bahwa proses kolonial di Kashmir dan Palestina akan semakin saling tergantung satu sama lain.

Apa yang dilakukan Israel di Palestina kemungkinan akan terjadi di Kashmir, dan apa yang dilakukan India di Kashmir kemungkinan akan terjadi di Palestina. Dalam upaya untuk membongkar apartheid dan kolonialisme pemukim Israel, penting untuk mengamati konsekuensi globalnya, karena sangat mungkin bahwa proses yang saling tergantung ini akan membutuhkan konfrontasi multilateral. (st/TNA)

Penulis: Abdulla Moaswes, seorang dosen Palestina dalam studi media dan ilmu sosial. Dia adalah lulusan Sekolah Studi Oriental dan Afrika (SOAS) dan University of Exeter dan penelitiannya berfokus pada hubungan transregional antara Timur Tengah dan Asia Selatan.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X