Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.004 views

Turki Peringatkan Suriah untuk 'Tidak Bermain Api'

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Turki pada hari Selasa (20/8/2019) memperingatkan Damaskus  "untuk tidak bermain dengan api" sehari setelah serangan udara terhadap konvoi militer Turki menewaskan tiga warga sipil dan melukai 12 lainnya di Suriah barat laut.

"Rezim tidak perlu bermain dengan api. Kami akan melakukan apa pun untuk memastikan keamanan tentara dan pos pengamatan kami," Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu mengatakan pada konferensi pers di ibu kota Ankara. Namun, ia menambahkan, "kami harap itu tidak mencapai titik itu."

Serangan hari Senin terjadi di tengah transfer pasukan ke Idlib di Suriah barat laut yang dimaksudkan untuk memastikan keamanan pos pengamatan Turki di zona de-eskalasi, menjaga rute pasokan tetap terbuka, dan mencegah korban sipil di wilayah tersebut.

Pos militer itu sendiri saat ini dalam posisi terkepung pasukan pemerintah Suriah.

Cavusoglu mengatakan Turki tidak berniat memindahkan pos militer mereka, mungkin ke utara lebih jauh. "Saat ini kami tidak memiliki niat seperti memindahkan ini ke tempat lain. Itu akan melanjutkan misinya," katanya, seraya menambahkan bahwa langkah-langkah keamanan dan militer yang diperlukan sedang diambil.

Titik pengamatan tersebut adalah salah satu dari 12 yang didirikan oleh Turki di barat laut Suriah di bawah Proses Perdamaian Astana dengan Rusia dan Iran yang bertujuan mengurangi pertempuran di barat laut Suriah. Moskow dan Teheran sangat mendukung rezim Bashar al-Assad, sementara Turki mendukung beberapa pejuang oposisi di wilayah tersebut.

Cavusoglu mengatakan Turki melakukan kontak dengan Rusia "di setiap tingkat" setelah insiden Senin dan untuk memperkenalkan kembali gencatan senjata di wilayah Idlib di barat laut Suriah.

Pasukan rezim Assad dan milisi sekutu meningkatkan operasi militer di daerah itu empat bulan lalu. Serangan itu telah menewaskan ratusan orang dan memaksa ratusan ribu orang melarikan diri ke perbatasan Turki. Turki khawatir pertempuran itu akan memicu gelombang masuk lebih lanjut dari pengungsi Suriah, 3,6 juta di antaranya sudah tinggal di Turki.

Pasukan rezim maju ke Khan Sheikhoun di Idlib selatan pada hari Senin untuk pertama kalinya sejak kota itu jatuh di bawah kendali oposisi pada 2014. Rezim Suriah yang didukung Rusia di sekitar Khan Sheihkoun telah mengancam akan mengepung pejuang oposisi di wilayah terakhir mereka yang tersisa di utara. Hama, termasuk kota-kota Latamneh dan Kafr Zeita.

Kelompok-kelompok oposisi mengundurkan diri dari kota setelah rezim maju, menurut Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia. Observatorium mengatakan pejuang oposisi Suriah yang tetap tinggal di daerah itu telah berkumpul di titik pengamatan Turki di kota Morek, di wilayah yang ditinggalkan oleh oposisi.

Turki dan Rusia sepakat September lalu untuk mengubah Idlib menjadi zona de-eskalasi di mana tindakan agresi secara tegas dilarang. Namun, rezim teroris Assad dan sekutu-sekutunya secara konsisten telah melanggar ketentuan-ketentuan gencatan senjata, dengan sering melancarkan serangan di dalam zona de-eskalasi.

Zona ini saat ini dihuni oleh sekitar 4 juta warga sipil, termasuk ratusan ribu orang yang terlantar dalam beberapa tahun terakhir oleh pasukan rezim dari kota-kota di seluruh negara yang lelah perang.

Suriah telah terkunci dalam perang saudara yang ganas sejak awal 2011, ketika rezim Assad menindak protes damai pro-demokrasi dengan keganasan yang tak terduga. Sejak itu, ratusan ribu orang telah terbunuh dan lebih dari 10 juta lainnya mengungsi. (st/TDS)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X