Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
1.751 views

Pertempuran Kembali Berkecamuk di Ibukota Libya Setelah Gencatan Idul Adha Berakhir

TRIPOLI, LIBYA (voa-islam.com) - Pertempuran di sekitar Tripoli antara milisi pemberontak jendral Libya Khalifa Haftar dan pasukan pemerintah kembali beranjut pada hari Selasa (13/8/2019), menandai berakhirnya gencatan senjata dua hari yang diberlakukan untuk perayaan Idul Adha.

Para pejabat Libya, Selasa, mengatakan bahwa Tentara Nasional Libya gadungan (LNA)  yang dipimpin oleh komandan Haftar melakukan serangan udara semalam di pinggiran selatan ibukota Libya.

Pasukan yang bersekutu dengan Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) yang didukung PBB di Tripoli juga menembaki milisi Haftar di daerah itu, tambah para pejabat itu.

Pada hari Sabtu, kedua belah pihak telah menerima gencatan senjata yang diusulkan PBB selama Idul Adha, yang dimulai hari Ahad.

Para pejabat berbicara dengan syarat anonim karena mereka tidak berwenang untuk berbicara dengan wartawan.

Pasukan Haftar melancarkan serangan pada bulan April untuk merebut Tripoli. Pertempuran itu telah menewaskan lebih dari 1.100 orang, sebagian besar petempur, dan menelantarkan lebih dari 100.000 warga sipil.

Garis pertempuran telah berubah sedikit selama beberapa pekan terakhir.

Gencatan senjata bukan tanpa pertengkaran. Tembakan roket menghantam satu-satunya bandara Tripoli yang berfungsi pada hari Ahad, melanggar gencatan senjata sementara.

Ahad malam sebuah pernyataan bersama dari Uni Emirat Arab, Amerika Serikat, Prancis, Italia dan Inggris menyambut gencatan senjata PBB untuk liburan Muslim dan mengatakan mereka "siap membantu misi PBB dalam memantau ketaatan gencatan senjata dan mengatasi masalah apa pun berusaha untuk memecahkannya ".

Namun GNA menyalahkan pasukan Haftar atas serangan terhadap bandara itu, dan atas dugaan serangan terpisah di distrik Tripoli Soug al-Jomaa.

"Milisi Haftar telah melanggar gencatan senjata dua kali," kata juru bicara GNA, Mustafa al-Mejii kepada AFP.

"Pertama kali menargetkan sebuah rumah di Soug al-Jomaa, melukai tiga warga sipil, dan yang kedua menghantam bandara Mitiga," tambahnya.

Saluran TV Libya juga melaporkan pertukaran tembakan di sekitar jalan ke bandara internasional yang ditutup pada hari Ahad.

Gencatan senjata terjadi setelah utusan PBB Ghassan Salame sudah beberapa kali meminta gencatan senjata kemanusiaan, tanpa hasil.

Pernyataan bersama dari lima negara mendesak para pihak untuk menggunakan gencatan senjata untuk "membuka jalan bagi gencatan senjata yang berkelanjutan dan kembali ke dialog yang konstruktif dan inklusif" menuju "solusi politik yang langgeng."

Libya terperosok dalam kekacauan sejak pemberontakan yang didukung NATO menggulingkan dan membunuh diktator Muammar Khadafi pada 2011. (st/TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Perut Membesar Sakit Usus dan Sulit BAB, Ulwan Ghazi Harus Dioperasi. Ayo Bantu.!!

Perut Membesar Sakit Usus dan Sulit BAB, Ulwan Ghazi Harus Dioperasi. Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan kelainan usus, Ulwan harus menghabiskan masa kanak-kanak dengan rintih tangis hingga 4 tahun. Butuh biaya operasi, sang ibu hanya penjual kerupuk....

Hidup Sebatang Kara, Nenek Mailah Tinggal di Kandang Domba. Ayo Bantu.!!

Hidup Sebatang Kara, Nenek Mailah Tinggal di Kandang Domba. Ayo Bantu.!!

Di usia 63 tahun saat tubuhnya renta sakit-sakitan, ia hidup sebatang kara. Memasuki musim hujan, rumahnya porak-poranda diterjang puting beliung. Ia terpaksa tinggal di kandang Domba tetangganya....

Terbentur Dana, Santri Hafiz Qur'an Terancam Batal Kuliah ke Luar Negeri. Ayo Bantu.!!

Terbentur Dana, Santri Hafiz Qur'an Terancam Batal Kuliah ke Luar Negeri. Ayo Bantu.!!

Hilmi Priyatama, santri juara penghafal Qur'an 30 juz ini lulus beasiswa di Universitas Internasional Afrika Sudan. Namun ia terancam batal berangkat karena terkendala biaya transport, pemberkasan...

Mushalla Annur Garut Sudah Rampung 60 Persen, Masih Dibutuhkan Dana 20 Juta Lagi, Ayo Bantu.!!

Mushalla Annur Garut Sudah Rampung 60 Persen, Masih Dibutuhkan Dana 20 Juta Lagi, Ayo Bantu.!!

Pembangunan mushalla sudah rampung 60 persen dari pondasi hingga kubah. Masih kekurangan dana 20 juta rupiah untuk finishing agar berfungsi sebagai pusat ibadah, pembinaan aqidah, markas dakwah...

Korsleting Listrik, Pesantren Nurul Hidayah Banten Ludes Terbakar, Ayo Bantu.!!!

Korsleting Listrik, Pesantren Nurul Hidayah Banten Ludes Terbakar, Ayo Bantu.!!!

Musibah kebakaran menghanguskan kamar santri, mushaf Al-Qur'an, kitab kuning, pakaian, alat tulis dsb. Diperlukan dana 25 juta rupiah untuk membangun asrama santri berupa rumah panggung dari...

Latest News

Gamis Syari Cantik Murah Terbaru

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X