Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.540 views

Militer India Larang Muslim Kashmir Berjalan Berkelompok Saat Menuju Masjid untuk Shalat Idul Adha

SRINAGAR, KASHMIR (voa-islam.com) - Pasukan India di Kashmir memaksa umat Islam yang akan melakukan shalat Idul Adha untuk berjalan dengan sendirian atau berpasangan saat pergi ke masjid-masjid lokal  pada hari Senin (12/8/2019) selama penguncian keamanan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang masih memaksa kebanyakan orang di wilayah yang disengketakan untuk tetap tinggal di dalam rumah pada hari Raya umat Islam.

Beberapa pengunjuk rasa berdemonstrasi menentang pencabutan pemerintah India atas status khusus Kashmir pekan lalu. Semua komunikasi dan internet tetap terputus untuk hari kedelapan ketika pemerintah nasionalis Hindu di New Delhi berupaya untuk menghancurkan oposisi menentang langkahnya untuk memaksakan kontrol pusat yang lebih ketat atas wilayah tersebut.

Puluhan ribu bala bantuan pasukan telah membanjiri kota utama Srinagar dan kota-kota serta desa-desa Lembah Kashmir lainnya. Jalan-jalan di Kashmir sepi, dengan otoritas tidak mengizinkan jamaah besar untuk menghindari protes anti-India.

"Hati kami terbakar," kata Habibullah Bhat, 75, yang mengatakan ia datang untuk salat meskipun kesehatannya menurun. "India telah melemparkan kita ke zaman kegelapan, tetapi Allah ada di pihak kita dan perlawanan kita akan menang."

Ratusan jamaah membanjiri sebuah jalan di sebuah lingkungan di Srinagar setelah shalat dan meneriakkan: "Kami menginginkan kebebasan" dan "Pergi India, Kembali," kata saksi mata. Para pejabat mengatakan protes berakhir dengan damai.

Sebuah tweet sebelumnya oleh polisi Kashmir mengatakan shalat Idul Fitri "berakhir dengan damai di berbagai bagian Lembah (Kashmir). Belum ada insiden yang tidak diinginkan yang dilaporkan sejauh ini." Penutupan komunikasi berarti verifikasi independen atas peristiwa di kawasan itu terbatas.

Kementerian luar negeri India membagikan foto orang yang mengunjungi masjid tetapi tidak merinci di mana foto diambil di Jammu dan Kashmir, yang diturunkan oleh New Delhi dari satu negara bagian menjadi dua wilayah federal sepekan yang lalu.

Masjid terbesar di wilayah Himalaya, Masjid Jama, diperintahkan ditutup sebelum Idul Adha dan orang-orang hanya diperbolehkan shalat di masjid-masjid lokal yang lebih kecil sehingga tidak ada kerumunan besar yang bisa berkumpul, kata saksi mata.

Penguncian keamanan di satu-satunya wilayah mayoritas Muslim di India diperkirakan akan berlangsung hingga Kamis - hari kemerdekaan India. Pembatasan telah secara singkat dilonggarkan untuk sholat Jum'at pekan lalu dan untuk berbelanja sebelum Idul Fitri.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mahmood Qureshi dan pemimpin oposisi Bilawal Bhutto Zardari menyatakan dukungan bagi orang-orang di bagian India Kashmir untuk memiliki hak penentuan nasib sendiri. Keduanya mengunjungi bagian Kashmir Pakistan untuk Idul Fitri.

India dan Pakistan telah berperang dua kali untuk menguasai Kashmir, dan yang pertama berakhir pada 1948 dengan janji referendum yang disponsori PBB di wilayah itu. Namun itu belum pernah diadakan.

Qureshi mendesak masyarakat internasional untuk memperhatikan "kekejaman India dan pelanggaran HAM di Kashmir." Dia mengatakan bahwa Islamabad sedang mencoba yang terbaik untuk menyoroti masalah Kashmir secara internasional dan mengungkap "kekejaman" India di wilayah tersebut.

Ribuan tentara tambahan dikirim ke wilayah Himalaya yang disengketakan sebelum pemerintah nasionalis Hindu India mengatakan Senin lalu bahwa mereka mencabut status konstitusional khusus Kashmir dan menurunkan status kewarganegaraannya.

Perdana Menteri Narendra Modi mengatakan dalam pidatonya kepada bangsa bahwa langkah itu akan membebaskan wilayah itu dari "terorisme dan separatisme" dan menuduh musuh India, Pakistan telah mengobarkan kerusuhan.

Kashmir dibagi antara India dan Pakistan tetapi diklaim sepenuhnya oleh keduanya. Pejuang Kashmir telah berperang melawan pemerintah India dalam porsi yang mereka kelola selama beberapa dekade.

Pembatasan, penguncian keamanan dan pemadaman informasi bukanlah hal baru bagi warga Kashmir. Wilayah ini menyaksikan berbulan-bulan pengekangan selama pemberontakan besar-besaran terhadap pemerintah India pada 2008, 2010 dan 2016. Namun, telepon darat terputus untuk pertama kali, yang menambah kesulitan.

Seruan pejuang pemisahan diri untuk melakukan pemogokan dan protes umum juga secara rutin bertemu dengan penguncian keamanan.

Orang-orang Kashmir telah belajar dari pengalaman untuk menemukan cara untuk bertahan dari kesulitan penahanan di dalam rumah mereka. Penduduk juga terbiasa menimbun barang-barang penting, suatu praktik yang biasanya dilakukan selama bulan-bulan musim dingin yang keras ketika jalan dan jalur komunikasi sering tetap terputus.

Lebih dari satu juta penduduk tinggal di dalam pengepungan keamanan Srinagar. Kesulitan itu, kata penduduk, perlahan-lahan berlangsung.

Warga mulai menghadapi kekurangan makanan dan kebutuhan lainnya karena toko-toko tetap tutup dan pergerakan publik dibatasi. Orang tua yang tak berdaya berjuang untuk menghibur anak-anak mereka yang dikurung di dalam rumah. Pasien menghadapi kekurangan obat resep.

Pihak berwenang mengklaim mereka telah membuat uang tunai tersedia di ATM sehingga warga dapat mengambil uang untuk membeli barang-barang penting untuk Idul Adha. (st/TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X