Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.403 views

Di Hari Kemerdekaan Warga Aljazair Teriakkan 'Tidak untuk Kediktaron'!

ALJIR (voa-islam.com) - Puluhan ribu warga Aljazair turun ke jalan-jalan untuk merayakan kemerdekaan negara mereka dari Prancis dan terus menyerukan kepemimpinan demokratis baru setelah pengunduran diri mantan Presiden Abdelaziz Bouteflika pada bulan April lalu.

Di tengah keamanan yang sangat tinggi dan kemarahan yang meningkat pada pihak berwenang, massa sambil mengenakan bendera Aljazair di bahu mereka, kepala dan pinggang mengalir ke jalan-jalan ibukota Aljir untuk protes pro-demokrasi pada hari Jumat kemarin di hari libur nasional negara itu untuk menandai pembebasan Aljazair tahun 1962 dari pemerintahan Prancis.

Demonstrasi juga diadakan di setidaknya selusin kota lain.

"Ya untuk negara sipil! Tidak untuk kediktatoran militer" kata salah satu poster yang dibawa demonstran.

Poster yang lain berbunyi "Tidak ada dialog dengan pengkhianat," sehubungan dengan banding minggu ini oleh Presiden sementara Abdelkader Bensalah untuk dialog sebelum pemilihan presiden.

Para pengunjuk rasa juga melampiaskan kemarahan mereka pada penangkapan pekan lalu terhadap beberapa aktivis yang mengacungkan lambang Berber dan Lakhdar Bouregaa, seorang veteran perang kemerdekaan Aljazair.

Pihak berwenang menuduh para aktivis mengancam persatuan Aljazair dengan merayakan identitas Berber. Mereka juga mengatakan veteran berusia 82 tahun itu merusak moral pasukan dengan mengkritik pemimpin militer yang kuat, Ahmed Gaid Salah.

"Betapa memalukan seorang pria yang membebaskan negara ini menghabiskan peringatan 57 tahun kemerdekaan di penjara," bunyi salah satu spanduk. Seruan untuk membebaskan Bouregaa terdengar di pawai protes di kota-kota lain di mana warga berpawai.

Di Aljir, pihak berwenang mengerahkan sejumlah besar polisi, yang menyita bendera Berber dari pengunjuk rasa yang memasuki kota. Polisi mengepung plaza di kantor pos pusat yang telah menjadi inti pemberontakan.

Bouteflika mengundurkan diri pada 2 April setelah berminggu-minggu protes nasional dan di bawah tekanan dari militer kuat negara itu atas upayanya untuk masa jabatan kelima.

Sejak itu, demonstrasi berlanjut di Aljazair setiap hari Jumat untuk menekan para pejabat kunci dan sekutu era Bouteflika mantan pemimpin untuk mundur dan menyerukan akuntabilitas untuk korupsi yang meluas di eselon atas pemerintah.

Pada hari Jumat, pengunjuk rasa juga meneriakkan slogan-slogan menentang pemilihan umum yang diselenggarakan oleh "geng mafia".

Pemilihan presiden yang sudah tertunda kemudian ditunda lagi awal bulan lalu dari tanggal yang direncanakan 4 Juli, setelah hanya dua pelari potensial - keduanya sedikit diketahui - mengajukan pencalonan mereka.[aljazeera/fq/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X