Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.069 views

Brunei Akan Hukum Mati Pelaku Perzinahan dan Homoseksual

KUALA LUMPUR, MALAYSIA (voa-islam.com) - Perzinahan dan homoseksual di Brunei akan dihukum mati dengan dilempari batu mulai pekan depan, kata pihak berwenang, di bawah undang-undang Syariah  yang telah pertahakan selama empat tahun di tengah kritik keras, laporan-laporan menyebutkan pada Rabu (27/3/2019).

Kesultanan mungil itu akan menerapkan hukum pidana baru yang keras - yang juga vonis amputasi tangan dan kaki untuk pencurian - Rabu depan.

Homoseksualitas sudah ilegal di Brunei tetapi sekarang akan menjadi pelanggaran besar. Hukum  tersebut hanya berlaku untuk Muslim.

Hukuman baru untuk pencurian adalah amputasi tangan kanan untuk pelanggaran pertama, dan kaki kiri untuk pelanggaran kedua.

Amnesty International hari Rabu (27/3/2019) mendesak Brunei untuk "segera menghentikan" penerapan hukuman baru tersebut.

"Melegalkan hukuman yang kejam dan tidak manusiawi itu mengerikan," klaim peneliti Brunei Rachel Chhoa-Howard dalam sebuah pernyataan.

"Beberapa 'pelanggaran' potensial seharusnya tidak dianggap kejahatan sama sekali, termasuk hubungan seksual konsensual antara orang dewasa dengan jenis kelamin yang sama."

Sebuah pemberitahuan pada Majelis Jaksa Agung Brunei tanggal 29 Desember tahun lalu mengatakan ketentuan tersebut akan mulai berlaku pada tanggal 3 April.

Brunei pertama kali mengumumkan langkah-langkah ini pada tahun 2013 tetapi implementasinya telah tertunda karena para pejabat menyusun rincian praktis dan dalam menghadapi penentangan oleh kelompok-kelompok hak asasi.

Namun, juru bicara Kementerian Urusan Agama Brunei, Rabu, hanya mengatakan bahwa Sultan Hassanal Bolkiah diperkirakan akan membuat pengumuman pada 3 April mengenai penerapan undang-undang Syariah yang baru itu.

"Hanya setelah peristiwa itu kita akan tahu tentang tanggal implementasi undang-undang baru tersebut," katanya kepada AFP, Rabu.

“Dalam hal kesiapan, saat ini kami siap untuk menegakkan amputasi tangan karena mencuri. Itu saja."

Phil Robertson dari Human Rights Watch memperingatkan bahwa implementasi undang-undang itu "akan dengan cepat mendorong negara ini menuju status paria hak asasi manusia di mata investor asing, wisatawan, dan lembaga internasional."

Dia menambahkan: "Jika rencana yang tidak dipertimbangkan ini berjalan maju, ada alasan untuk percaya bahwa boikot global Brunei akan dimulai kembali."

Robertson mengatakan Brunei akan menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang menghukum hubungan homoseks dengan hukuman mati jika disahkan melalui undang-undang.

Di bawah pergeseran menuju hukum Islam, Brunei pada tahun 2015 melarang perayaan Natal yang berlebihan karena takut bahwa umat Islam dapat disesatkan.

Sultan Brunei tidak asing dengan kontroversi di dalam negeri - keluarga kerajaan sangat malu oleh perselisihan keluarga dengan saudaranya Jefri atas dugaan penggelapan $ 15 miliar selama masa jabatannya sebagai menteri keuangan pada 1990-an.

Pertempuran dan investigasi pengadilan mengungkap perincian penuh gaya hidup Jefri yang tidak Islami, termasuk klaim selir dari wanita asing dan kapal pesiar mewah miliknya yang berharga ratusan miliar.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X