Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.226 views

Muslim Prancis Gugat Facebook dan YouTube Terkait Siaran Langung Pembantaian di Christchurch

PARIS, PRANCIS (voa-islam.com) - Salah satu kelompok utama yang mewakili Muslim di Prancis menggugat Facebook dan YouTube, menuduh perusahaan media itu menghasut kekerasan dengan mengizinkan streaming rekaman pembantaian Christchurch di platform mereka.

Dewan Prancis untuk Kepercayaan Muslim (CFCM) mengatakan bahwa perusahaan itu telah menyebarkan materi yang mendorong terorisme dan merusak martabat manusia.

Tidak ada komentar langsung dari salah satu perusahaan media sosial tersebut.

Penembakan di dua masjid di Selandia Baru pada 15 Maret, yang menewaskan 50 orang, disiarkan langsung di Facebook selama 17 menit dan kemudian disalin dan dibagikan di situs media sosial di internet.

Facebook mengklaim pihaknya berusaha keras untuk menghapus ratusan ribu salinan tersebut.

Namun, rekaman itu masih dapat ditemukan di Facebook, Twitter dan YouTube Alphabet Inc. beberapa jam setelah serangan, serta Instagram dan Whatsapp milik Facebook.

Abdallah Zekri, presiden unit pemantauan Islamophobia CFCM, mengatakan organisasi itu telah meluncurkan gugatan hukum formal terhadap Facebook dan YouTube di Prancis.

Kedua perusahaan telah menghadapi kritik luas atas rekaman tersebut.

Ketua Komite Keamanan Dalam Negeri DPR AS menulis surat kepada eksekutif puncak empat perusahaan teknologi besar pekan lalu mendesak mereka untuk melakukan pekerjaan yang lebih baik untuk menghapus konten politik yang kejam.

Seorang juru bicara untuk Federasi Asosiasi Islam Selandia Baru (FIANZ) menyambut baik tindakan kelompok Muslim Prancis. Dia mengatakan organisasinya telah berencana untuk menghubungi Facebook untuk mendaftarkan gugatan mereka tetapi telah sibuk berurusan dengan setelah serangan itu.

"Mereka telah gagal, zaman kejayaan, ini adalah orang yang mencari penonton dan ... Anda adalah platform yang ia pilih untuk mengiklankan dirinya dan kejahatan kejinya," kata juru bicara FIANZ, Anwar Ghani, merujuk pada Facebook.

"Kami belum berhubungan dengan kelompok (Prancis) ... tapi tentu saja, sesuatu yang dapat menghalangi ruang media sosial dalam hal jenis kejahatan ini, kami akan mendukung itu," katanya.

Seorang teroris supremasi kulit putih asal Australia Brenton Tarrat telah didakwa dengan satu tuduhan pembunuhan atas penembakan Christchurch dan selanjutnya akan muncul di pengadilan pada 5 April. (st/Aje)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X