Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.111 views

Laporan: Taliban Adakan Pertemuan dengan Para Pemimpin Oposisi Afghanistan di Moskow

MOSKOW, RUSIA (voa-islam.com) - Taliban dilaporkan akan mengadakan pertemuan dengan beberapa pemimpin oposisi Afghanistan di Moskow, dalam suatu langkah yang kemungkinan akan mengasingkan pemerintah Afghanistan, yang sudah dikecualikan dari pembicaraan antara kelompok jihadis tersebut dan Amerika Serikat.

Laporan media mengatakan pada hari Ahad (3/1/2019) bahwa pertemuan dua hari di ibukota Rusia akan dimulai pada hari Selasa dan akan dihadiri oleh beberapa saingan politik utama Presiden Afghanistan Ashraf Ghani.

Berbicara kepada AFP, seorang "pejabat senior Taliban" menggambarkan pertemuan itu sebagai non-politik dan "diatur oleh beberapa organisasi yang berbasis di Moskow."

Sabtu malam, Kedutaan Besar Rusia di Kabul mengeluarkan pernyataan atas nama "Masyarakat Afghanistan Rusia," yang mengatakan kelompok itu telah mengundang "tokoh-tokoh berpengaruh" untuk berdialog di President Hotel di Moskow.

"Kami siap memainkan peran kami dalam membawa perdamaian ke Afghanistan," bunyi pernyataan itu.

Di antara mereka yang telah mengkonfirmasi kehadiran mereka adalah Haneef Atmar, yang mencalonkan diri melawan Ghani dalam pemilihan yang dijadwalkan untuk Juli.

Mantan panglima perang Atta Muhammad Noor dan mantan Presiden Afghanistan Hamid Karzai juga akan menghadiri pembicaraan tersebut, menurut AFP.

Noor mengatakan pertemuan itu adalah "jalan menuju penguatan upaya perdamaian yang dipimpin oleh AS" sementara Atmar menggambarkannya sebagai "langkah penting menuju pembicaraan damai intra-Afghanistan."

Dewan yang ditunjuk pemerintah yang ditugaskan untuk melibatkan Taliban mengatakan mereka tidak diundang ke Moskow.

Amrullah Saleh, yang mencalonkan diri sebagai wakil presiden bersama Ghani dalam pemilihan, menyuarakan frustrasi dalam sebuah posting di halaman Facebook-nya.

"Ini menunjukkan puncak depresi, dan mengemis kepada teroris," kata Saleh, sambil menambahkan, "Senyuman terhadap musuh adalah pukulan bagi semangat nasional."

Sebghat Ahmadi, juru bicara Kementerian Luar Negeri Afghanistan mengatakan, "Saat ini, kami tidak melihat perlunya pertemuan seperti itu."

"Kami tahu itu tidak akan membantu Afghanistan menuju mencapai perdamaian sama sekali, jadi itu sedikit lebih dari sebuah drama politik," tambahnya.

Pemerintah Ghani telah dibekukan dari pembicaraan antara AS dan Taliban, termasuk enam hari pembicaraan di Doha bulan lalu.

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani mengatakan pasukan asing di Afghanistan harus secara bertahap meninggalkan daerah yang dilanda perang itu.

Taliban dijadwalkan akan mengadakan lagi perundingan damai dengan AS di Doha pada 25 Februari.

Kelompok pejuang Taliban mengatakan sebelumnya bahwa pemerintahan Presiden AS Donald Trump "tampaknya" "serius" dalam perundingannya dengan kelompok itu untuk mengakhiri perang di negara Asia tersebut.

Presiden Ghani mengatakan di Kabul pada hari Ahad bahwa dia tidak akan menerima "perjanjian damai sementara."

"Bahkan jika saya memiliki satu tetes darah di tubuh saya, saya tidak akan menyerah pada perjanjian damai sementara," katanya. "Tujuan kami adalah memiliki kedamaian yang disertai dengan martabat." (st/ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X