Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.829 views

Palestina Peringati 70 Tahun Nakhba, Sehari Setelah Pembantaian Israel di Jalur Gaza

JALUR GAZA, PALESTINA (voa-islam.com) - Sehari setelah pembantaian Israel di Gaza, orang-orang Palestina memperingati ulang tahun ke-70 Nakba (Hari Bencana), ketika rezim Tel Aviv memaksa mereka keluar dari tanah air mereka dan menyatakan keberadaannya di wilayah pendudukan.

Warga Palestina baik di Jalur Gaza dan Tepi Barat yang diduduki ikut ambil bagian dalam pemogokan umum saat mereka mempersiapkan aksi massa di kemudian hari untuk memprotes pembentukan entitas Israel dan memperbarui seruan untuk kembali ke tanah air mereka.

Hari Nakba diperingati pada tanggal 15 Mei setiap tahun, menandai hari setelah Israel menyatakan keberadaannya pada tahun 1948.

Tahun itu juga melihat perang antara Israel dan koalisi negara-negara Arab atas kendali Palestina, di mana sekitar 700.000 orang Palestina diusir dari rumah mereka dan ratusan kota dan desa-desa Palestina hancur.

Militer Israel tetap siaga tinggi dalam persiapan untuk unjukrasa Selasa, sehari setelah pasukannya melepaskan satu lagi penumpasan brutal terhadap demonstran Palestina di Gaza, menewaskan 58 orang di tempat dan melukai lebih dari 2.700 orang lainnya.

Protes Senin di Gaza adalah bagian dari "Great March of Return," yang pertama kali dimulai pada 30 Maret dengan tujuan mengutuk pendudukan Israel dan menuntut hak mereka untuk kembali.

Sebelumnya pada hari Selasa (15/5/2018), Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan bahwa bayi berusia delapan bulan yang diidentifikasi sebagai Leila al-Ghandourhad meninggal karena gas air mata yang dihirup pada hari Senin. Sebagian besar korban jiwa, tambahnya, disebabkan oleh "tembakan penembak jitu."

Warga Palestina lainnya juga meninggal akibat luka yang dideritanya selama aksi unjuk rasa Senin, sehingga jumlah korban tewas menjadi 60.

Khaled Batch, kepala komite pengorganisasian akar rumput protes Palestina, mengatakan warga Gaza pada Hari Nakba akan mengadakan pemakaman untuk para korban, menunjukkan tidak akan ada protes di pagar yang memisahkan daerah kantong pantai dari tanah yang diduduki Israel.

Baik kawan maupun musuh menyuarakan kritik ke Amerika Serikat ketika Washington membuka kedutaannya di Al-Quds Yerusalem.

Senin, yang menandai hari paling berdarah bagi warga Palestina sejak perang Gaza 2014, juga melihat relokasi resmi kedutaan Amerika dari Tel Aviv ke Al-Quds Yerusalem yang diduduki.

Pembantaian Israel di Gaza dan pemindahan kedutaan AS memicu kecaman internasional, dengan Dewan Keamanan PBB diperkirakan akan mengadakan pertemuan darurat pada hari Selasa untuk mengatasi situasi di Palestina.

Ketegangan telah berkobar di seluruh wilayah Palestina sejak Desember lalu, ketika Amerika Serikat menyatakan Al-Quds Yerusalem di Tepi Barat yang diduduki Tel Aviv sebagai ibukota yang disebut rezim itu, dan mengatakan kedutaan Amerika akan dipindahkan dari Tel Aviv ke kota suci itu.

Palestina secara historis ingin bagian timur kota sebagai ibu kota negara masa depan mereka.

Baik sekutu dan musuh Washington telah mengkritiknya karena secara ilegal mendeklarasikan sebuah kota yang diduduki sebagai "ibukota" Israel, mengatakan bahwa itu akan membuat wilayah yang sudah dilanda masalah tersebut menjadi lebih kacau. (st/ptv) 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Rabu, 27/03/2024 07:09

Puasa Jangan Lemas!