Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.548 views

Turki Desak AS Segera Tarik Pasukan Dari Manbij Suriah

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Turki hari Sabtu (27/1/2018) telah mendesak AS untuk "segera menarik diri" dari Manbij di Suriah utara, memicu perkiraan bahwa pasukan Turki akan segera menyerang kota tersebut sebagai bagian dari serangan "Olive Branch" terhadap milisi Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG).

Beberapa jam sebelumnya, Ankara mengklaim bahwa AS berjanji untuk berhenti mempersenjatai YPG, di tengah ketegangan antara kedua sekutu selama serangan Turki di wilayah utara Kurdi.

"Perlu bagi mereka [AS] untuk segera menarik diri dari Manbij," kata Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu.

Kepresidenan Turki mengumumkan pada hari Sabtu bahwa Washington akan "tidak memberikan senjata kepada milisi YPG", menyampaikan sebuah panggilan telepon pada hari Jum'at malam antara Penasehat Keamanan Nasional AS, HR McMaster, kepada juru bicara kepresidenan Turki, Ibrahim Kalin.

Turki meluncurkan "Operation Olive Branch" pada tanggal 20 Januari melawan milisi Unit Pelindung Rakyat Kurdi Suriah, yang didukung pejuang oposisi Suriah - termasuk Tentara Pembebasan Suriah - dengan pasukan darat, lapis baja, artileri dan serangan udara.

Erdogan pada hari Jum'at mengumumkan niatnya untuk segera melancarkan serangan ke kota Manbij, dan kemudian sampai ke perbatasan Irak. Dia mengatakan hal ini untuk memusnahkan "teroris" di wilayah tersebut, mengacu pada YPG.

Hubungan antara sekutu NATO Ankara dan Washington telah sangat tegang oleh ofensif tersebut, dengan Washington mendesak pengekangan ketika korban sipil dan militer meningkat.

Washington juga khawatir serangan Turki akan berdampak pada perang koalisi pimpinan AS melawan kelompok Islamic State di wilayah tersebut.

Salah satu isu utama yang merusak hubungan antara kedua negara adalah AS memasok YPG dengan senjata untuk melawan IS, yang AS telah dilakukan sejak Mei 2017.

YPG yang beranggotakan 50.000 telah menjadi sekutu penting AS dalam memberantas kelompok jihad dari Suriah utara, sebagai bagian dari Tentara Demokratik Suriah (SDF).

Dengan dukungan kekuatan udara dan pasukan koalisi pimpinan-AS, SDF memimpin pertempuran tahun lalu melawan IS di mana Islamic State kehilangan ibukota de facto mereka, Raqqa.

Selama kunjungan Jum'at antara McMaster dan Kalin, para pejabat menyebutkan "masalah keamanan logis" Turki atas kontrol Kurdi di Suriah utara, dan keduanya sepakat untuk berkoordinasi dengan ketat untuk mencegah kesalahpahaman, kata kepresidenan dalam sebuah pernyataan.

Panggilan telepon tersebut muncul beberapa hari setelah Washington dan Ankara saling memperdebatkan catatan percakapan telepon antara Erdogan dan Presiden AS Donald Trump.

Pernyataan Gedung Putih mengatakan Trump mendesak Turki untuk "membatasi tindakan militernya" di Afrin.

Namun, ini berlawanan dengan seorang pejabat Turki yang mengatakan bahwa Erdogan telah memberi tahu rekannya AS tentang niatnya untuk menargetkan Manbij.

Selanjutnya, pejabat Turki mengatakan pada November bahwa Trump telah berjanji untuk menghentikan memasok senjata ke YPG namun mengatakan bahwa tindakan tersebut tidak pernah dilakukan.

Ankara menunjuk YPG sebagai cabang "teroris" dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang dilarang, yang dicap sebagai kelompok teror oleh Ankara dan sekutu Baratnya.

PKK telah melancarkan pemberontakan selama tiga dekade melawan negara Turki untuk mendapatkan otonomi, menggunakan tindakan brutal dan berdarah, mengakibatkan sekitar 40.000 orang terbunuh sejak tahun 1980an. (st/TNA) 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X