Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
15.079 views

Tragedi Mina dan Beberapa Insiden yang Terjadi Sepanjang Sejarah Haji

ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Insiden mematikan dalam pelaksanaan ibadah Haji tahun ini di Arab Saudi yang terhadi pada hari Kamis (24/9/2015) hanyalah tragedi terbaru dari beberapa kejadian cukup menyedihkan yang melanda pelaksanaan ibadah haji yang menelan korban jiwa.

Berikut adalah beberapa insiden signifikan yang terjadi selama ritual tahunan haji, yang menarik sekitar dua juta lebih umat Muslim dari seluruh dunia, dari waktu ke waktu.

2015

24 September : Sebuah insiden desak-desakan selama prosesi pelaksaan melontar jumrah di Mina, dekat Mekkah, menyebabkan setidaknya 800 orang meninggal dan ratusan luka-luka.

11 September: 109 orang wafat dan ratusan lainnya luka-luka, termasuk banyak orang asing, ketika sebuah cran jatuh pada Masjidil Haram Mekkah setelah angin kencang dan hujan deras.

2006

6 Januari: 76 orang meninggal ketika sebuah hotel runtuh di pusat kota.

12 Januari: 364 jamaah meninggal dalam desak-desakan selama ritual melontar jumrah di Mina.

2005

22 Januari: Tiga jamaah meninggal karena tertimpa runtuhan dalam prosesi melempar jumrah di Mina.

2004

1 Februari: 251 orang tewas dalam sebuah insiden berdesak-desakan di Mina.

2003

11 Februari: 14 jemaah haji, termasuk enam wanita, meninggal pada hari pertama dari ritual melempar jumrah.

2001

5 Maret: 35 jemaah, termasuk 23 perempuan, meninggal pada prosesi melempar jumrah di Mina.

1998

9 April: Lebih dari 118 orang tewas dan 180 terluka dalam insiden desak-desakan di Mina.

1997

15 April: Sebuah kebakaran disebabkan oleh kompor gas menghanguskan sebuah pemukiman jemaah haji di Mina, menewaskan 343 orang dan melukai sekitar 1.500.

1995

7 Mei: Tiga orang meninggal dan 99 terluka ketika terjadi kebakaran di pemukiman jemaah haji di  Mina.

1994

24 Mei : 270 orang tewas dalam insiden berdesak-desakan selama prosesi melempar jumrah, sebuah peristiwa yang otoritas hubungkan dengan "besarnya jumlah" jemaah haji dalam satu waktu di tempat tersebut.

1990

2 Juli: Sebuah inseden desak-desakan besar di sebuah terowongan di Mina setelah kegagalan dalam sistem ventilasi yang membunuh 1.426 jamaah, terutama dari Asia.

1989

10 Juli: Sebuah serangan kembar di luar Masjidil Haram membunuh satu dan melukai 16. Enam belas orang Kafir Syi'ah asal Kuwait dinyatakan bersalah kejahatan tersebut dan minggu dieksekusi kemudian.

1987

31 Juli: Pasukan keamanan Saudi membubarkan protes tidak sah yang dilakukan oleh penganut Syi'ah asal Iran. Lebih dari 400 orang, termasuk 275 warga Iran tewas, menurut korban resmi.

1979

20 November: Ratusan orang bersenjata yang menentang pemerintah Saudi membarikade diri di dalam Masjidil Haram, mengambil puluhan jamaah sebagai sandera. Jumlah korban resmi dari penyerangan dan pertempuran berikutnya adalah 153 orang tewas dan 560 terluka.

1975

Desember: Sebuah kebakaran besar dimulai oleh ledakan gas cannister di pemukiman jemaah haji dekat Mekkah membunuh 200 orang. (st/ds)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X